Buyaathaillah's Blog

Targhib Iman dan Menderita dalam Ujian

Iman perkara penting :

1. Alam Ruh Alastu birobbikum
2. Lahir di adzan dan komat
3. Ortu dituntut utk mengenalkan Allah kpd anaknya
4. Praktek mengucapkan bismillah setiap memulai sesuatu dan ahamdullillah ketika selesei nisbat kpd Allah, hilang innallillahi, susah la haulawala quwata illa billah bahkan seluruh aktifitas ada doa kpd allah dan dab2nya
5. Mo meninggal di ingatkan lg
6. Dikubur di tanya lg man robbuka
7. Dimahsyar nanti dipisahin ahli la illaha illallah dng yg tidak
8. Trus iman kita nanti ditimbang dan dihisab
9 kunci surga itu la illaha illallah

Makanya yg plg penting itu menjelang mati. Mau mati bw iman atau tanpa iman… Org pinter kt nabi buat persiapan… Org bodoh hidup ikut nafsu berharap mati msk surga. Sedangkan iman bkn buat akherat saja buat dubia juga… Hidup d dunia ini tanpa iman akan allah jdkan dunia ini spt neraka.

Jadi iman ini penting sekali. ini sdh jd ketetapan Allah swt hidup d dunia ini org yg punya iman akan Allah bantu sedangkan yg tidak ada iman akan mengalami kesusahan walaupun dia berharta dan bertahta. Nabi muda iman allah tolong… Namrut dan firaun gak ada iman walauoun dunia ada menderita jg. Iman ini sgt menentukan tidak hanya d akherat d dunia jg.

Hr ini terjadi perbedaan yg mencolok antara iman kita dan sahabat… Iman kita lemah sm dunia mudah bocor dan gak siap susah… Beda sm sahabat RA.

Beda iman kita dng sahabat kesusahan dunia bagi kita penderitaan tp bagi sahabat itu kenikmatan. mujahaddah atas dunia itu nikmat buat shabat. bahkan ada yg menganngap dunia ini hina.. Uang dtg lsg habis d bagikan. Namun utk bs ketaraf sana kita hrs sennatiasa islah iman kita. Agar siap menghadapi ujian yg allah ksh.

dunia ini adalah tempat ujian keimanan…. Ini harga surga. Setiap org beriman hrs siap di uji…. Ujian ini pasti dtg kpd setiap org beriman.

Ada yg d uji berupa kesehatan, kemiskinan, jabatan, keluarga, anak, dll. Bahkan ujian dlm ibadah sekalipun bukan hanya dunia aja. Istiqomah gak dalam ibadah. Inilah harga surga. Makanya dlm Al quran Allah swt sampaikan telah beli harta dan jiwa org beriman ini dng surga. Iya susah d dunia tp nanti kalo udh msk surga susah kita d dunia ini gak ada artinya… Kisah org dimasukin sesaat k dlm surga n neraka…

Namun kita ini krn lemah iman mudah sekali mengeluh. Gak ada uang mengeluh, gak ada makanan mengeluh, sakit dikit mengeluh… Gak bs bayar listrik ngeluh mmgnya kenapa gak ada listrik cari lilin… Org dulu hidup gak ada listrik baik2 aja… Kita mudah sekali ketakutan dikit2 ngeluh… Hebatnya udh yg salah kita krn buruknya amal2 kita dan dosa2 kita sehingga musibah dtg lalu yg di salahin Allah swt. Ini tanda iman kita rusak.

Emangnya kenapa kalo Allah swt uji kita dengan sakit, kurang harta, hilang jabatan…. Org seluruh hidup kita ini milik Allah swt.

Kan Allah swt udh bilang kalo Allah swt tidak uji kita diluar kemampuan…. Tapi di uji dikit saja udh gitu protes lsg sm Allah… Salah sy apa ?   Bukan kita gak mampu melewati nya tp kita aja yg gak terima diuji sm Allah shg muncul protes sm Allah. Padahal musibah dtg itu krn dosa2 kita dan buruknya amal2 kita. Kalo pun kita merasa amal kita udh baik dosa sdh dihindari mmgnya kenapa Allah mau uji kita. Nabi aja yg hebat amalnya juga d uji dng kesusahan. Tapi hebatnya sahabt dimata kita itu kesusahan tp bagi mrk yg punya iman kesusahan itu rasanya plg nikmat d hati…. Spt bilal d siksa malah merasa plg bahagia… Nabi ibrahim dilempr ke api merasa snang gembira…. Kita br sakit dikit br susah makan dikit, br susah keuangan gk bs bayar listrik dan lain…. Nangisnya udh seember…. Kok bs beda ? Apa yg membedakan iman yg membedakan. Penyakit hati ini yg hrs kita blokir cegah… Hrsnya d hati kita ini yg kita tanamkan apapun ya allah yg engkau tetapkan dan allah kasih…. Sy ikhlas menerimanya selama engkau ridho….. Ini ygvkita cari dalam hidup ridho allah… tp dikasih jalan buat dpt ridho malah ngeluh protes gak terima…Apa hadits ktika mendapatkan musibah alhandullilah innallillahi wa innalillahi rojiun…. Wakty susah disuruh memuji allah ini agar kita jng salah paaham bahwa semua yg kita miliki ini hanya titipan allah shrsnya bersyukur udh dipinjemin sekian lama makanya ucapin jg innalillahi wa innallillahi rojjiun…. Segala sesuatu milik allah dan kembali kpd allah…. Sy denger cerita dlm sebuah bayan org kehilangan kaki mengucapkan alhandullillah lalah sdh oinjemin kaki ini sekian lama skrg di ambil sn yg punya…. Ada org tua buta miskin d gubuk ucapin alhandullillah dzikirnya… Kedengeran sm ulama ditanya knp kok msh bersyukur… Gmn gak bersyukur allah msh mudahkan utk beribadah dan mengingatnya…. Masya allah

Inilah bedanya iman kita dengan sahabat ra. Sahabat keimanan mrk sdh sampai pada taraf menerima apapun keputusan allah dan menerima ujian apapun dr allah. Apakah mrk minta dihilangkan kesusahan tersebut…. Coba cari d hayatus sahabat ada gak mrk meminta dunia dan jangan dikasih ujian. Gak ada…. Justru perkara dunia dtg itu yg ditakutin nabi…. krn dunia dtg pintu maksiat terbuka buat zina, judi, jd sombong, perpecahan dll. Tapi kemiskinan juga kt nabi ditakutin.. kok ribet kekayaan dan kemiskinan dua2nya maslaah yg memebedakan ini iman… kaya ada iman gak masalah… miskin ada iman kemiskinanpun gak maslaah… yg maslaah kalo gak ada iman. Sahabat ada masalah ada ujian diem aja lewatin dng sabar dan syukur ini resepnya mrk. Lewatin dng sabar dn syukur. Kok bs ? Krn mereka selalu tawajjuh dng kampung akherat… Ujian itu bg mrk utk memperkaya kampung akherat. Ini bedanya mrk sm kita sehingga sesusah apapun kehidupan mrk mampu lewati dng baik. Sakit ayan di targhib nabi nau gak surga…. Sabar dng ayan… Itu yg nrk pilih.. begitu jg org buta.

Sakit yah sbaar, gak ada makanan yah sabar, gak ada uang yah sabar… Mmg itu yg hrs kit buat utk menjalani ini sabar mo gmn lg ? Mo melawan Allah dng maksiat mmgnya ? Kalopun dng maksiat lalu datg dunia ini namanya istidraj lbh parah lagi kedaaan dmn Allah mau menjauhkan kita dr surga dng memberi nikmat dunia tp didpatkan dng maksiat kpd allah.

Baru d ksh susah dikit udh protes… Sabar… Nabi saw jg d suruh sabar… Siapa kita.. pdhl kesusahan kita tidak separah kesusahan yg dilewatin nabi2.

Padahal ini br maqom sabar…. Nabi dan para sahabat lbh hebat imannya dr kita… Kita dikasih susah cmn musti lewatin maqom sabar…. Kalo mrk sahabat lewatin kesusahan dng jalur maqom syukur. Sabar waktu susah itu biasa yg luar biasa itu syukur waktu susah. Nabi ada uang emas gelisah pdhl lg susah lsg disedkahin….. Udh dikasih alhandullillah pdhl susah. Aisyah nerima ghanimah lsg habis ludes 2 miliar pdhl baju tambal2…. Nabi bukannya gak bs kaya…. Wong d kasih pilihan oleh Allah… Tp yg nabi pilih amal sabar dan syukur krn itu kunci hidup tuh itu.

Mmangnya kita sesusah apa sih ampe gak mau sabar ketika d uji… Susah bangettt pak… Itu krn iman kamu lemah… Kalo iman lemah yah begitu kalo di uji pasti protes….ngeluh…..

Jadi solusinya bagaimana yah solusinya perbaiki iman sampai iman kita meningkat k maqom taqwa…. Krn Allah janji dng Taqwa allah akan selesaikan seluruh masalah…. Tapi apa dng taqwa ujian jd ilang ? Tidak bakal ilang krn ujian itu sampe nafas d tenggorakan mmg hidup ini darul intihan tempat ujian …. Ampe mati kita di uji…. Nah cmn Allah akan berikan jalan keluar dlm setiap masalah dng ketaqwaan ini rahasia org beriman itu begitu… Taqwa dlm sakit, taqwa dalam kekurangan, taqwa dalam keadaan susah dan senang… Jd taqwa bukan dlm susah aja dlm keadaan sennag juga…. Kalo lg ada uang bersyukur itu mah biasa….. Lg ada uang bersabar itu luar biasa, sabar dr belanja menghabiskan uang mengikuti nafsu….. Kalo ada ini… Ini br taqwa tingkat tinggi.

Ini jalannya…. Jangan mudah mengeluh… Pdhl sesusah apa kita dibanding ujian pr nabi dan sahabt. Ya kita gak bs makan paling brp lama…. Ya kita gak ada uang brp lama kalo dicari ada juga…… Cmn krn gak terima aja sm keadaaan yg allah ksh protes… Apa yg menyebabkan kita protes bkn krn susah makn dan susah uang… Shabat jg gitu tp mrk gak protes…. Ini krn lemah iman.

Kalo kita pikir org2 dulu kalo kita liat dng kaca mata kita itu pasti menderita banget krn hidup dibawah standar kita…  gak ada hp, gak ada tv, gak ada kulkas, gak ada kompor, gak ada mobil dan pesawt gk ada rumah bsr… Baik2 aja mrk lewatin hidup…. bahkan nabi pulang bayyiti jannati rumahku surgaa ku… coba kita diuji kyk mrk… ini hidup nerakaa rasanya….

Kita kok gak bs ini krn nafsu kita yg bikin susah pingin ini pingin itu harus gini harus gitu pdhl kalo gak ada ini dan itu gak masalah….. Kalo kt pak cecep pernah narghib sy sesusah2 kita paling2 mati… Trus mo apa lg berikutnya itu stlh mati itulah kesusahan yg sebenarnya kalo kita gak ada amal…..

Tp susah liat anak istri menderita…. Lah nabi jg keluarganya menderita…. Tp mrk iman bener jd gak masapah… kita gak punya iman jd semua serba maslaah… Parahnya gak mau bw anak istri kita beriman… Akhir nya anak istri jd kusuh kita.. saling menyalahkan… Protes sm allah… Kacau jdnya… Ini yg terjadi sm unat hr ini… Parahnya gk kuat akhirnya jalan keluarnya maksiat sn allah. Ini namanya menyelesaikan maslaah dng masalah jdnya tambah maslaah… Dunia gak dapet akherat gak dapet.

Ini problem kita… Solusinya apa… Perbaikin iman kita sampai kita ke maqom taqwa….

Cara dapat taqwa gimana yah sabar dan tahamul mujahaddah hidupkan agama…

Terus korban sampai dititik Allah panggil kita pulang… sabar terus dan syukur terus waluoun nafas sdh d tenggorokan

Tempat terbaik utk dapatkan taqwa ini dng dakwah d jalan allah… Kalo di ibadah allah bilang mudah2an kamu dpt taqwa la allakum tattaqun ini ujung ayat2 ibadah umumnya begitu tafsir org tua kita… Tapi kalo mujahaddah dalam memperjuangkan agama pasti Allah kasih ketaqwaan.. walladzijahadu fina lanahdiyannahum subulana.

Jadi segala bentuk kesusahan itu bs berubah menjadi nikmat kalo kita ada taqwa… Kisah bilal d siksa

Ortu kita ksh rumus utk bs dapet taqwa dlm agama ada yg hrs diperbaikin dlm hidup kita :

1. Tawajjuh pd akherat
2. Hidup sederhana

Kalo ada ini nanti allah akan ubah hidup kita dan di datangkan ketaqwaan agar kita bs menyelesaikam seluruh masalah kita.

Jadi yg hrs kita camkan hidup ini ujian ampe mati itulah harga surga…. Jangan takut di uji hadapin dng ketaqwaan nanti Allah ksh jalan keluar dan jng baper sm ujan…nabi dan shaabat jg di uji… Setiap ujian dtg tawajuh k akherrat bahwa ini utk akherat kita…. Org tawajuh akherat ciri2 hidupnya tuh zuhud… Sederhana… Hidup jng melebihi kapasitas… Tp dibawah garis kpaasitas…. Uang bs disimpen utk ibadah, dakwah, akhlaq bantu org….  Ada org dikasih rejwki uang dihanbur2kan trus dtg susah nyalahin Allah swt…. Ada yg begitu udh gak mau sederhana hidup ambur2in uang… Pas susah nyalahin Allah swt pdhl dia yg gak mau hidup sederhana…  Bs dipahamin…

Maka tidak ada jlaan yg lebih baik utk memperbaiki hidup kita dng menghadirkan agama dlm kehidupan kita dan pergi berjuang d jalan allah ini jalan kt sbgmn pr shabaat ra

Hidupkan amal maqomi d rmh kita agar hidup sakinah mawahdah wa rahma… Hidupkan maqomi di lingkungan kita agar kebaikan dtg ke kampung kita…. Kok gitu ? Mmg gitu org yg selfiah dlm ibadah tdk akan selamat dr adzab allah krn mikirin diri sendiri selamat hak mikirin org lain… Ahli ibadah ditimpa lebih dulu adzab… Di akherat krn ditagih ibadah sendiri2 oleh keluarga dan tetangga

Kita butuh pertolongan allah dlm hidup inu amalannya :

1. Khidmat : kalo kita tolong org llah tolong kita kisah ali beli buah ksh fakir pdhl istri skit. Sedekah subuh khususnya hr junat. Ini nau puasa ladang buat sedekah terbanyak. Bantu org bayar utang, bangun sunur, buka puassa dll

2. Ibadah : sholat 2 rakaat, baca waqiah, perbanyak la haula wala quwwata illa billah, hasbiallahu wa nikmla waqil banyak dzikirin, la illaha illah al malikul haqqul mubin baca waktu dzuhur….. Subhanallah wabi hamdzih subahamallahil adzim astaghfirullah antara adzan dan qomat subuh… Doa penghilang hutang dan kesusahan baca  allahummak fini bihalalika dan doa allahumma ini audzubika minal hammi wal hadzan

3. Taklim… Ilmu itu penerang jalan kyk dimalam hr… Dunia ini gelap penerangnya adalah ilmu…. Deketin ulama biar dapet berkah ilmu kalo ada ilmu jalan di kehidupan ini jd mudah…. Gak ada ilmu nabrak sana dan sini dan resiko amal tertolak krn salah dlm beramal… Ilmu ini kt nabi adalah taqwa mau taqwa hras berilmu kalo taqwa br allah ksh jalan dng ilmunya allah tolong hidupnya. Shbat cr ilmu berhari2 utk dpt 1  hadits…. Kita majelis ilmu lsg tidur

4. Menolong agama Allah dng dakwah pergi korban dijalan allah dng harta dan diri ini lah jalannya para nabi dan shaabat…. Kalo kita buat ini allah pasti tolong kita … Intansurullah yansurkum wayustabbit aqdamakum… Nabi musa susah pas pergi d jalan allah dipuncak kesedihan doa robbi inni liman anzalta illayya min choir fakir… Semua masalahnya diseleaaikan…. Sahabat pergi d jln allah pulang2 anaknya udh jd ustadz…. Sahabt 8 bulan d jalan allah 2 bln d mesjid cmn 2 bulan urus keluarga dan ladang tp 2 bulan ini mmapu selesaikan sepuruh masalah…

Ini tkaza banyak dibentangkan kita siap ambil insya allah

Blog di WordPress.com.