Buyaathaillah's Blog

Kisah Habil dan Qabil putra Adam AS : Dosa pertama dan Penyebabnya

Penyebab dosa ini ada 2 :
1. Dari dalam manusia : Nafsu
2. Dari luar manusia : Iblis
Puncak segala dosa datang dari 2 perkara :
1. Nafsu
2. Hasad
Jika manusia tdk mau melatih dirinya mengorbankan nafsunya utk taat perintah Allah maka nanti nafsunya akan semakin kuat lalu menguasai dia. Sehingga dia tidak mampu utk taat dan dalam keadaan terus melanggar seluruh perintah Allah swt.
Kisah Habil dan Qabil
Tatkala Allah swt memerintahkan anak adam untuk memberikankan pengorbanan maka nampak mereka yang berada dalam jalan Hidayah dan yang yang bukan.
Habil yang berada di jalan Hidayah selalu mengedepankan perintah Allah swt diatas hawa nafsunya. Ketika diminta berkorban maka Habil selalu memberikan pemberian yang terbaik.
Sedangkan Qabil selalu berhitung dengan logika dan mengikuti hawa nafsunya maka dalam pengorbanan pemberiannya ditolak oleh Allah swt karena Qabil tidak memberikan yang terbaik dalam pemberiannya untuk Allah swt.
Iblis telah sesatkan fikiran qabil untuk membunuh saudaranya biar bs dapat dunia yg lebih baik. Iblis suntikkan pikiran2 jahat kpd qabil agar dia berhitung bahwa dia akan dapat dunia lebih baik :
1. Dapat Jabatan Tinggi : Anak tunggal Nabi Adam AS
2. Dapat Istri yang lebih cantik
Suntikan bisikan Iblis ini cocok dengan hawa nafsu Qabil. Takala Qabil hendak melaksanakan rencananya membunuh Habil, maka Habil menasehatinya.
“Kamu mau bunuh saya tidak apa2, saya akan bersabar. Namun jika kamu bunuh saya maka hidupmu akan binasa.”
Disini Habil membalas keburukan dng kebaikan. Inilah ciri-ciri orang yang berada dalam hidayah :
1. Dakwah : selalu risau dan memberi nasehat yang baik
2. Akhlaq Mulia : membalas keburukan dengan kebaikan
Namun krn sudah dikuasai nafsu qabil tetap bunuh habil. Inilah pembunuhan pertama kali dilakukan oleh manusia. Dosa besar pertama kali akibat daripada Hasad atau Dengki.
Manusia ini tidak mau terima nasehat takala Hasad ini sudah menguasai dirinya. Manusia rela membunuh, menjatuhkan martabat orang lain, asbab 2 perkara ini Nafsu dan Hasad.
Sedangkan orang yang sudah keluar dari jalan Allah dan terhasut oleh Iblis ciri-cirinya adalah :
1. Menolak Nasehat/Dakwah yang Baik
2. Membalas kebaikan dengan keburukan
Sebagaimana nasehat habil ke Qabil tapi ditolak oleh Qabil dan tetap membunuh Habil.
walaupun diberi nasehat yg baik tetap ditolak.
Setelah bunuh baru menyesal qabil, dia bimbang, setan jg sdh lari. Dalam tafsir dikatakan qabil saking bimbangnya maka seluruh badannya menghitam. Asbab 1 dosa manusia saja badan jadi hitam.
Maulana Jusuf katakan : Jikalau manusia ini tdk mau menerima nasehat baik dr manusia maka dng QudratNya Allah swt kirim binatang utk memberi nasehat. Ketika qabil bimbang hrs diapakan mayat saudaranya, Allah swt kirim gagak berkelahi mati salah satunya lalu dikubur oleh gagak yg lain.
Mufassirin : mengapa Allah swt gunakan burung gagak ? Karena burung gagak ini punya satu sifat jika ada satu de kalangan dia mati maka semua burung gagak dng kumpulannya akan berkumpul disitu dan menjerit2. 1 burung gagak mati maka ribuan burung gagak akan datang berkumpul lalu menjerit2. Mrk bersimpati dng yg mati dtg utk bertakziah. Untuk perkara ini Allah swt gunakan burung gagak.
Tatkala anak adam sdh tdk mau dengar nasehat baik dr manusia maka Allah swt gunakan binatang utk nasehati dia. Allah gunakan burung gagak utk mengilhami qabil tata cara mengubur jenazah. Inilah pembunuh pertama.
Allah swt perintahkan kpd nabi saw utk menyampaikan kpd umatnya agar belajar dr kisah anak nabi adam as. Apa penyebab pembunuhan dan bagimana akibat dr perbuatan dosa tsb, semua badan jadi hitam.
Apa penyebab dosa pertama :
1. Nafsu keduniaan
2. Hasad melihat kebaikan/kenikmatan orang lain
Jika kita berbuat dosa lalu di ikuti maka semua dosa akan sampai ke kita. Inilah yang dimaksud dosa jariyah, semua dosa mengalir kekita asbab kita yang mencontohkan ataupun mengajak. Maka setiap pembunuhan yg terjadi diseluruh dunia ini akan mengalir ke qabil krn dia buka jalan dosa pertama kali. Semua dosa pembunuhan akan mengalir ke pembuhuh pertama yaitu qabil.
Ibnu Mas’ud katakan 1 hasad utk menyempurnakan 1 keinginan saja maka dia akan mendapat kesusahan yg besar.
(Cuplikan Bayan Maulana Ibrahim Dawla DB)
Iklan

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: