Buyaathaillah's Blog

Mudzakarah 10 golongan orang yang didoakan malaikat

10 Golongan Manusia Ini Ternyata Akan Didoakan Malaikat

1. Orang yang Tidur dalam Keadaan Bersuci

Mereka yang tidur dalam keadaan setelah berwudhu atau bersuci, maka akan didoakan oleh ribuan malaikat. Hal ini dirawayatkan oleh Imam Ibnu Hibban dari Abdullah bin Umar, dimana dikatakan bahwa Nabi Muhammad SAW berkata tentang mereka yang tidur dalam keadaan suci (setelah berwudhu) maka ia akan ditemani oleh malaikat di dalam pakaiannya. Orang tersebut juga baru akan terbangun ketika malaikat berdoa kepada Allah untuk mengampuninya. Hadist ini dinilai shahih.

2. Orang yang Sedang Duduk Seraya Menunggu Waktu Salat

Sesungguhnya Allah sangat menyukai hamba-Nya yang seperti ini. Terlebih lagi, jika sambil melakukan amalan baik lainnya seperti membaca Alquran.

“Tidaklah salah seorang dari kaian yang duduk menunggu salat, selama ia berada dalam keadaan suci, kecuali para malaikat akan mendoakannya; ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah sayangilah ia.” (HR. Imam Muslim dari Abu Hurairah, Shahih Muslim: 469).

3. Orang-orang yang Berada di Shaf Depan pada Salat Berjamaah

Orang-orang yang berada di shaf depan ketika salat berjamaah, adalah salah satu golongan manusia yang akan didoakan malaikat. Karena, shaf terdepan dalam salat berjamaah, merupakan barisan yang paling dimuliakan.
“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada (orang-orang) yang berada pada shaf-shaf terdepan.” (HR. Imam Abu Dawud dan Ibnu Khuzaimah dari Barra bin Azib).

4. Orang-orang yang Mengisi Kekosongan dalam Shaf

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat selalu bershalawat kepada orang-orang yang menyambung shaf-shaf.” (HR. Imam Ahmad, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan Al Hakim meriwayatkan dari Aisyah)

5. Malaikat Akan Mengucapkan Amin Ketika Seroang Imam Selesai Membaca Al-Fatihah

Ketika seorang imam salat selesai membaca surat Al-Fatihah, maka malaikat pun akan ikut meng-aamiin-kan. Hal inilah kenapa kita dianjurkan untuk mengucap aamiin, karena bertepatan dengan doa malaikat untuk menghapuskan dosa masa lalu yang kita lakukan.

“Jika seorang Imam membaca; ghairil maghdhuubi alaihim waladh-dhaalinn, maka ucapkanlah oleh kalian aamiin, karena barangsiapa ucapannya itu bertepatan dengan ucapan malaikat, maka ia akan diampuni dosanya yang masa lalu.” (HR. Imam Bukhari dari Abu Hurairah, Shahih Bukhari: 782)

6. Orang yang Duduk di Tempat Salatnya Usai Melakukan Salat

Barangsiapa yang duduk di tempatnya usai melakukan salat, maka dia adalah salah satu orang yang akan didoakan malaikat. Maka, ketika selesai salat, sebaiknya kita jangan langsung berdiri dan meninggalkan tempat.
“Para malaikat akan selalu bershalawat (berdoa) kepada salah satu diantara kalian selama ia ada di dalam tempat shalat di mana ia melakukan shalat, selama ia belum batal wudhunya, (para malaikat) berkata; Ya Allah ampunilah dan sayangilah ia.” (HR. Imam Ahmad dari Abu Hurairah, Al-Musnad no. 8106)

7. Orang-orang yang Menunaikan Salat Subuh dan ‘Ashar Berjamaah

Mengapa orang yang salat subuh dan a’shar berjamaah akan didoakan malaikat? Hal ini karena, malaikat akan berkumpul saat salat subuh. Doa malaikat untuk golongan ini adalah agar Allah mengampuni mereka di hari kiamat kelak.
“Para malaikat berkumpul pada saat shalat shubuh lalu para malaikat (yang menyertai hamba) pada malam hari (yang sudah bertugas malam hari hingga shubuh) naik (ke langit), dan malaikat pada siang hari tetap tinggal.”

“Kemudian mereka berkumpul lagi pada waktu shalat ashar dan malaikat yang ditugaskan pada siang hari (hingga shalat ashar) naik (ke langit) sedangkan malaikat yang bertugas pada malam hari tetap tinggal, lalu Allah bertanya kepada mereka, Bagaimana kalian meninggalkan hamba-Ku?”
“Mereka menjawab; kami datang sedangkan mereka sedang melakukan shalat dan kami tinggalkan mereka sedangkan mereka sedang melakukan shalat, maka ampunilah mereka pada hari kiamat.” (HR. Imam Ahmad dari Abu Hurairah, Al-Musnad no. 9140)

8. Mereka yang Mengajarkan Kebaikan pada Orang Lain

Hal ini ditegaskan oleh Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam, bahwa ketika ada orang yang mengajarkan kebaikan maka tidak hanya malaikat bahkan seluruh langit dan bumi akan bershalawat demi orang tersebut.

9. Orang yang Menjenguk Orang Lain

Seseorang yang akan didoakan malaikat, ialah dia yang tak segan untuk mengjenguk orang lain yang sedang sakit. Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam bersabda seperti yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Ali bin Abu Thalib bahwa Allah akan mengutus 70.000 malaikat yang akan bershalawat sepanjang siang dan malam hingga subuh tiba bagi mereka yang melakukan hal tersebut.

10. Orang yang Mendoakan Saudaranya Tanpa Sepengetahuannya

Sesungguhnya doa seorang Muslim yang medoakan saudaranya, tanpa diketahui orang yang didoakan, adalah doa yang akan dikabulkan. Sebab, pada kepalanya, ada seorang malaikat yang menjadi wakil baginya, setiap kali dia berdoa untuk saudaranya untuk sebuah kebaikan, maka malaikat tersebut akan berkata ‘aamiin’ dan yang mendoakannya pun akan mendapatkan apa yang ia dapatkan.

11. Orang yang berinfaq di waktu subuh

12. Orang yang makan sahur

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: