Buyaathaillah's Blog

Mudzakaroh Syuro Mufti Luthfi Al Banjari : Keutamaan Keluar di jalan Allah

# Bayan Mufti Luthfi Al Banjari @ Brazil : Keutamaan Khuruj #

Allah swt jadikan bulan terbaik adalah Ramadhan, hari terbaik adalah jumat. Manusia terbaik adalah para Nabi dan nabi terbaik adalah Muhammad saw. Dan seluruh ummat yg ada yg terbaik adalah ummat Nabi saw.
Umat terdahulu hanya ibadah saja, Allah puji krn ibadahnya. Kita sujud jidad hitam, umat dahulu batu jd dekok buat ibadah sujud saja.
Sedangkan umat nabi saw dipuji krn apa ? Allah bilang kita sbg Choiru Ummah. Umat terbaik asbab apa ? asbab geraknya bukan ibadahnya…. gerak utk apa ? dakwah. Umat nabi saw ini umurnya hanya 60-70 tahun saja. Umat terdahulu umur panjang2 dan umurnya dipakai utk ibadah saja. Tapi kenapa umat nabi saw istimewa ? Apa yg membuatnya istimewa ? Krn kerja dakwah.
1 subhanalloh d rumah ini cuman nilainya 1 saja. Tapi kalo di masjidil haram 100rb kali. Kalo keluar dijalan Allah jd 700rb kali. Kalo nyebrang lautan jd brp ? Nabi katakan dikali 10 kali lipat lagi yaitu 700.000 x 10 = 7 juta kali lipat.
Sahabat dia lihat tempat pohon rindang ada tempat air jernih pingin menghabiskan hidupnya dzikir ibadah di situ saja. Tapi sy tdk akan lakukan sblm izin nabi saw. Apa kt nabi ? Jangan lakukan…. sesaat di jalan Allah lbh baik drpd 70 thn sholat dan puasanya d rmh kamu.
Org bertanya kpd saya kenapa keliling2… bukankah cukup beriman dan beramal saja spt yg Allah ktkan dlm surat at tin. Ulama katakan surat at tin ini perintah Allah secara umumiyat. Tp umat ini beda dng yg dahulu, dipuji Allah sbg umat terbaik krn dakwah. Jadi kalo at tin ini umumi, sdgkan umat ini ada surat wal asri. Selain iman dan amal tp ditambah ayat dakwah yaitu wattawashoibil haq (perintah amar makruf) dan wattawasaubil sobr (perintah nahi mungkar). Imam syafii katakan andaikan quran tidak diturunkan hanya surat al asr ini sudah mencukupi.
Surat wal asri ini ada 3 perintah 2 perintah infirodhi 1 perintah ijtimai. Infirodhi : iman dan amal. Ijtimai : perintah dakwah haq dan dakwah sabar. Di attin juga perintah keimanan dan amal sholeh, illalladzina amanu wa amilusholihati, tp sifatnya umumiyat seluruh umat dr adam sampe sekarang sama perintahnya. Tapi umat ini ada kekhususan dng dakwahnya.
Dakwah itu apa ? Firmann Allah : Wa qullu qaulan sadida : ucapkan atau sampaikan perkataan yg sadid yg benar atau baik. Apa itu perkataan yg benar atau baik ? Wa man ahsanu qoulan mimman da’a illallah…. yaitu perkataan mengajak org pd Allah. Ya ayyu hannas qullu la illaha illalah tuflihu. Ajak kepada Allah. Jika ini kita lakukan nanti Yuslih lakum akmalakum, Allah akan perbaiki amal2 kita. Kok ngajak org dulu br perbaiki amal kita, knp gak perbaiki amal kita dulu. Mmg rumusnya begitu dng dakwah hidayah turun pertama k kita kyk org lempar bola k tembok.
Waktu kami di thailand di bilang kami jemaah sm org kedutaan. Knapa sibuk k thailand dakwah knp gak di indonesia aja msh byk yg perlu didakwahi. Maka masyeikh katakan nabi utk memperbaiki keadaan di mekah dia hijrah ke madinah br Allah swt perbaiki keadaan d mekkah, itu rumusnya. Kita pergi hijrah jauh2 agar Allah swt mau perbaiki kampung kita. Hadits : “barangsiapa tolong saudaranya Allah akan tolong dia” kita tolong saudara2 kita di luar nanti Allah akan tolong perbaiki kampung kita.
Syekh bashir rah.a amir pakistan pernah ditanya oleh syekh abdul wahab krn cintanya kpd syekh bashir dan keluarganya agar syekh bashir juga memikirkan masa depan anak2nya. Maka syekh bashir marah dia katakan sy sedang memikirkan anak2 islam seluruh dunia kenapa kamu mengkerdilkan fikir saya hanya kepada anak2 sy. Allah swt tdk mungkin menterlantarkan anak2 sy jika saya memikirkan anak2 umat islam. Sekarang 5 anak syekh bashir adalah ulama.
Sahabat bekerja dan berdakwah tp tdk ada perintah turun utk meringankan kerja dunia sahabat. Tapi banyak perintah diringankan Allah swt utk kerja dakwah sahabat.
Allah panggil Nabi saw isra miraj diberi 50 waktu sholat lalu allah ringankan menjadi 5 waktu yg setara 50 waktu sholat. Ini bukan supaya org islam bs nyari dunia bukan. Andaikata nabi saw terima 50 waktu sholat makan bagi Allah swt mudah menurunkan manna wa salwa sehingga org islam gk perlu nyari dunia. Bahkan kalo kita dalam perjalanan boleh di jama dan di qashar ini asbabun nuzulnya bukan utk kemudahan dunia, tetapi utk kemudahan dakwah fissabillillah.
Tempat ibadah umat terdahulu ada tpt khusus yg didatangi tidak bs sembarang tempat. Kita hari ini allah swt bebaskan dimana saja bs dijadikan mesjid dan seluruh muka bumi ini bs dijadikan tempat ibadah. Mengapa demikian ? Agar kita mudah bergerak dalam berdakwah tidak terbatasi.
Bahkan wudhu ini wajib dengan air, tapi demi kemudahan dalam berdakwah boleh tayamum dengan debu. Inilah kemudahan2 yg Allah kasih buat nabi saw, hal2 yg berhub dng ibadah dimudahkan utk apa ? Agar umat ini mudah bergerak dalam berdakwah
Allah perintahkan kita dakwah kpd 5 kelompok kerja:
1. Diri sendiri ( kum anfusakum)

2. Keluarga kita ( wa ahlikum )

3. Org kampung kita

4. Org negeri kita

5. Umat manusia seluruh alam (negeri jauh)
Inilah 5 kelompok kerja yg jd tanggung jawab kita.
Org yang hebat itu adalah org yang Allah buat / Allh pilih untuk mendekat kepadaNya.
Bagaimana cara mendapat cinta Allah ? Nabi daud ini ibadahnya luar biasa sehingga bertanya siapakah org yg paling engkau cintai ? Allah swt jawab yaitu mereka yg membawa hambaku cinta kepada Ku dan membuat aku jatuh cinta kepada hambaku. Siang dakwah kpd manusia utk cinta kepada Allah, malam berdoa agar Allah cinta kepada manusia. Makanya yg namanya dai ini tidak akan disiksa oleh Allah swt krn cintanya Allah swt.
Kalau kita ibadah saja maka tidak ada rasa sesal krn tdk dakwah. Tapi kalo kita dakwah terus akan Allah datangkan rasa sesal krn ibadah yg kurang sehingga dia akan terus maju baik dakwah dan ibadahnya. Makanya kalo kita sdh pulang IPB canangkan utk negeri jauh kalo tdk maka mulai hari itu setelah pulang dr IPB dakwah dia akan menurun. Begitu pula masturot yg sdh ke IPB canangkan utk k negeri jauh bila tidak maka semenjak hr itu dakwah istri kita akan menurun.

Iklan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: