Buyaathaillah's Blog

Mudzakaroh Buya Athaillah : Agama dan Pengorbanan

Jika Allah swt cinta pada seorang hamba maka Allah swt akan beri org itu Agama. Jika Allah swt benci kpd seorang hamba maka Allah swt akan jauhkan dia dr Agama. Mari kita lihat diri kita kedalam sejauh mana Allah swt menyibukkan kita dalam perkara Agama.
Allah swt jadikan agama itu mudah dipelajari dan mudah diamalkan selama dalam diri seseorang ada kecintaan pada Agama. Sedangkan agama akan susah dipelajari dan diamalkan jika tdk ada dalam dirinya kecintaan thd agama.
Ulama katakan : “Awalluddin Makrifatullah” artinya Awal beragama itu mengenal Allah. Sulit bagi seseorang belajar dan mengamalkan Agama kalau dia tidak mengenal Allah swt. Sebaik2nya cara mengenal Allah swt adalah dng cara rasullullah saw yaitu dng pengorbanan. Rasullullah Saw mengajak para sahabat ke jalan pengorbanan baik pengorbanan lahiriah berupa harta, tenaga, waktu, tenaga dan  keluarga, maupun pengorbanan bathiniah yaitu hancur remuknya perasaan mrk demi agama Allah.
Asbab adanya pengorbanan maka Allah swt berikan para sahabat ini hidayah yaitu kepahaman agama, makrifatullah, dan kekuatan mengamalkan agama.
Apa itu agama : segala kehendak Allah swt atas diri manusia. Agama itu terdiri dari 5 hal :
1. Imaniat

2. Ibadat

3. Muamalat

4. Muasyarot

5. Akhlaq
Asbab adanya pengorbanan Maka Allah swt akan berikan hidayah berupa keimanan yg kuat sehingga memudahkan dia mengamalkan ibadah. Jadi Hidayah turun, Iman Naik, Ibadat Kuat. Jika ibadat sudah Kuat maka Muamalat, Muasyarot, dan Akhlaq akan Allah swt perbaiki. Perdagangannya akan Allah perbaiki dijauhi dari Riba, Halalan Thoyiban Mubarokan harta dan rizki yg didapatkan. Lalu Muasyarot, hubungan dng istri, anak, tetangga, teman, orang tua, akan Allah swt perbaiki. Jika muamalat dan musyarot sudah terperbaiki maka Allah swt akan anugerahkan kepadanya Akhlaq yang mulia.
Akhlaq itu ada 3 :
1. Akhlaqul Hasanah : memaafkan yg berbuat salah
2. Akhlaqul Karimah : Mampu membalas kepada yg salah tapi tdk melakukannya
3. Akhlaqul Azimah : Membalas keburukan dng kebaikan. 
Inilah yg terakhir Akhlaq Nabi Saw itulah yg mau kita tuju, Kenapa ? Krn menurut Nabi Saw ciri2 akhlaq penghuni surga itu ada 4 :
1. Memberi kepada yg tdk mau memberi

2. Membalas keburukan dng kebaikan

3. Menyambung dng yg memutuskan

4. Mendoakan kpd yg mendzolimi
Jika Manusia sdh sampai pada taraf Akhlaq azimah maka baru Allah swt akan tolong umat islam, Nusrotullah akan turun, yaitu dng yg bathil akan dikalahkan oleh yg Haq, Kemenangan, kejayaan, kebahagiaan akan menjadi umat islam. Baru Allah swt akan perkenankan prophecy atau janji Allah swt : Baldatan, Thoyibatan, Wa Rabbun Ghofur akan nampak dimuka bumi.
Sebagaimana dijaman Para Sahabat RA, alam ini Sunnattullah Allah Swt tundukkan di kaki para sahabat dng QudratullahNya. Maksudnya Alam ini akan mengikuti drpd kebutuhan para sahabat. Saad RA dan tentara melintasi sungai, menggiring lahar, mengeluarkan air sungai dng surat, dll. 
Namun hari ini kenapa yg Haq dikalahkan oleh yg bathil, umat islam mendapatkan musibah dimana2 brpa penganiayaan s/d bencana alam. Ini dikarenakan tdk adanya pertolongan Allah swt. Mengapa tdk ada pertolongan Allah ? Krn Akhlaq, muasyarot, muamalat manusia sdh rusak. Akhlaq manusia sdh menjadi bejat lebih bejat dr binatang : pengkhianatan, rusaknya amanah, penipuan, sumpah palsu, pendzoliman terjadi dimana2. Hub antar anak dan ortu rusak, hub antar tetangga saling tdk peduli, guru dan ulama dihinakan tdk dihormati lagi. Muamalat perdagangan, org2 menyukai riba, makan dr yg haram. Jika makan haram msk ketubuh kita apa yg terjadi doa kita tdk nyampai, ibadat jadi malas bahkan ditinggalkan, dalam keadaan spt ini dpt dipastikan hidayah akan tercabut sehingga iman akan rusak.
Inilah perbedaan antara kita dan sahabat mengapa hari ini secara dzohir kita lebih baik rumah, mobil, pakaian dr sahabat tetapi kenapa kehidupan kita lebih hina dr mrk.
Maka utk membalikkan keadaan kita hrs belajar dr Rasullullah saw dan para Nabi bgmn mereka menemukan agama pertama kali. Asbab mrk ada fikir atas agama ini kuncinya. Ibrahim AS memikirkan utk mencari Tuhan, Nabi muhammad tafakkur di goa Hira. Asbab ini baru hidayah dtg. Asbab fikir baru org tergerak utk membuat pengorbanan. Sbgmn hari ini kita fikir uang lalu buat pengorbanan mencari uang maka uang dtg. Mengapa hari ini coca cola asal amerika jaraknya ratusan ribu KM dr Indonesia tp bs nyampai dikampung2 di indonesia, ini krn ada yg memikirkan dan buat pengorbanan. Begitu juga kita hari ini jika mau mendapatkan Iman yg kuat maka kita harus fikirkan dan buat pengorbanan.
Hari ini kita memaknai agama dng keliru. Kita mengira Agama akan kuat dengan Ekonomi dan Demonstrasi. Agama tdk akan tegak dng ekonomi apalagi demonstrasi. Hari ini kita sibuk membangun ekonomi seakan-akan dng ekonomi bagus mesjid akan penuh, org akan rajin beribadat. Inilah kekeliruan. Krn hari ini kita liat mesjid bagus2 tanda ekonomi baik tapi tetap mesjid sepi baik yg miskin ataupun yg kaya sama2 gak ke mesjid utk sholat berjamaah.
Hari ini kt sibuk demo seakan2 harga akan turun, pdhl naik turunnya harga ini ada ditangan Allah swt. Kalo umat taat maka Allah berikan hasil bumi yg berimpah dan harga yg murah. Tp asbab ketidak taatan smua hasil bumi serba kurang shg harga jd mahal.
Hari ini kita memaknai agama dng memainkan peranan politik. Seakan-akan kalau kita berpolitik bs meraih kekuasaan maka agama akan baik. Ada negara islam yg memaksakan penduduknya menjalankan syariat islam termasuk jenggot, purdah, sholat dimesjid smuanya menjadi peraturan dan kewajiban. Namun ketika dikudeta smua rakyat senang berbondong2 potong jenggot, lepas jilbab, ini d afghanistan terjadi. Hari berapa byk kita ikut pemilu namun brp banyak pemimpin yg terpilih bisa amanah. Ujung2nya korupsi jg, menipu jg. Ini krn cara2 spt ini bertentangan dng sunatullah. Allah akan kirim pemimpin yg adil dr rakyat yg taqwa, kalo rakyatnya dzolim maka yg Allah swt dtgkan pemimpin yg dzolim jg. Ibarat sekelompok preman dan pemabuk buat pemilu gak mungkin yg terpilih org sholeh pasti preman dan pemabuk jg.
Makanya utk mendapatkan pemimpin yg adil dan negara yg baldatan thoyibayan wa robbun ghofur pertama tama yg hrs diperbaiki adalah umatnya dulu. Kenalkan mrk kpd Allah dan agama, nanti Allah swt yg akan merubah keadaannya. Bukan dng demo2.

Iklan

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: