Buyaathaillah's Blog

Kisah Ulama Barshisho Versi 1

Pada suatu masa, ada seorang lelaki yang ahli dalam ibadah yang bernama Barshisha, dari ketekunannya beribadah maka ia bergelar Barshisha, begitu kuat ibadahnya, hingga para malaikat  yakin Barshisha adalah ahli surga. Namun Allah swt, menyatakan bahwa Barshisha akan ditempatkan di neraka. Para malaikat  sungguh  terkejut, karena Allah  telah mengetahui  segala sesuatu.
Pada suatu ketika, datanglah setan dalam bentuk manusia kepada Barshisha. Setan mengaku dirinya adalah sebagai seorang  yang ahli ibadah. Ia berpura-pura beribadah selama tiga hari tiga malam tanpa makan, minum dan tidur. Barshisha pun terheran-heran  melihatnya sehingga pada akhirnya ia berteman dengan setan.
Suatu ketika, ia bertanya kepada setan, ”Apa rahasiamu sehinga kau dapat beribadah seperti itu? ”Setan menerangkan bahwa dahulu ia banyak berbuat maksiat, seperti  minum arak, berzina dan membunuh. Kemudian ia bertobat dan rajin beribadah, setan berkata, ”Jika engkau melakukan salah satu perbuatan maksiat itu, aku yakin engkau akan lebih kuat ibadahnya dibandingkan aku”.
Barshisah memikirkan kata-kata setan itu, sehingga berpikir bila ia melakukan pembunuhan atau zina,  tentu ia akan dihukum. Untuk itu Barshisha  memilih untuk  meminum arak saja. Setelah itu lalu ia masuk ke kedai arak, Barshisha meminum segelas arak, tetapi  ia tidak puas, ia pun meminum lagi hingga  ia mabuk. Saat itulah Barshisha tertarik dengan seorang pelayan wanita. Kemudian ia memperkosa pelayan itu. Dalam kelakuan yang dilakukan itu ternyata pelayan itu mempunyai suami. Suami pelayan itu tidak menerima atas perbuatan Barshisha sehingga terjadilah pertengkaran dan perkelahian diantara keduanya, dan Barshisha berhasil membunuh suami pelayan itu. Setelah kejadian tersebut terjadi maka setan itu melaporkan kejadian itu kepada penguasa di negeri itu. Akhirnya Barshisha  memperoleh hukuman seratus pukulan kerena ia telah meminum arak, dan karena Barshisha berzina maka ia mendapat hukuman salib karena telah membunuh seorang suami pelayan kedai arak.
Ketika menunggu hukumannya, Barshisha didatangi setan dalam wujud aslinya. Barulah Barshisha menyadari diri bahwa  ia  telah ditipu  oleh setan. Barshisha sangat  marah, sedangkan setan itu tertawa terbahak-bahak, setan berkata, ”Kamu dapat terbebas dari hukuman ini jika kamu memenuhi permintaanku.
Jika kamu terbebas dari hukuman, maka kamu harus bertobat  dan  beribadah seperti biasanya”. Permintaan setan  ialah  mengakui  dirinya sebagai Tuhan, pada mulanya Barshisha  menolak permintaan setan, namun pada  akhirnya Barshisha menerima  permintaan setan itu.
Barshisha bertanya, ”Bagaimana cara aku mengakui bahwa kamu adalah tuhanku”? Setan menjawab, ”Tundukkan kepalamu sebagai tanda kamu menyembahku. Setelah itu Barshisha menundukkan kepalanya, saat itulah Malaikat Izrail datang mencabut nyawa Barshisha.
Dari godaan dan tipu  yang telah dilakukan oleh setan, maka Barshisha mati tanpa sempat bertobat dan beribadah, maka dari itu setan senantiasa mempengaruhi makhluk manusia dan selalu memberi janji-janji kosong dan memperdaya dengan angan-angan kosong padahal semua itu hanyalah tipu daya. Ya Allah, berikanlah perlindungan kepada kami dari godaan setan yang terkutuk.

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: