Buyaathaillah's Blog

Bayan Maulana Hasyim bin Maulana Shamim

Bayan maulana hasyim

mesjid Jami Kebun Jeruk

assalamualaikum wr. wb.

Allah swt hubungkan kita dalam kerja ini merupakan satu anugerah dari Allah swt. Krn allah swt letakkan kita dalam kerja yang dibuat oleh Nabi saw dan sahabat. Namun kesan thd kerja ini akan kita dapatkan jika kita buat kerja sesuai dengan kainat Nabi saw atau seperti yg Nabi saw. Inilah mizan nubuwah.

Dengan mizaz nubuwah akan muncul akhlaq akhlaq yang mulia. Jika kerja ini dibuat dengan tertib dan sesuai mizaz nabi saw maka akan datang kepada kita :

1. Kesan dan Jazbah yang kuat
2. Akhlaq yang mulia

Alhamdullillah Allah swt telah pilih kita dalam kerja. Namun hari ini banyak orang yang buat kerja tapi mereka tidak dalam kerja. Sehingga ini menyebabkan mereka semakin jauh dari kerja Nabi saw yang sebenarnya.

Namun jika kerja ini dibuat dengan benar maka akan timbul mahabbah yang kuat antar sesama pekerja. Sebagaimana kisah haritsah yang bekerja dengan nabi saw sampai dijadikan bagian keluarga Nabi saw. Ketika ortu nya yg lama telah tdk dia jumpai hendak menjemput haritsah ra dia menolak ikut ortu nya, dia lebih memilih utk bersama Nabi saw. Dia lebih suka tetap menjadi hamba sahaya nabi drpd pulang menjadi org bebas bersama ortu nya. Beginilah kita seharusnya bersama orang yang ada bersama kita. Inilah kesempurnaan penanggung jawab atau org2 lama. Sehingga org2 yg baru ikut bersama dia maka dia tidak mau berpisah.

Ini yg harus kita buat dalam dakwah baru kerja nanti akan bergerak dengan cepat. Jika salah satu ban pecah maka mobil tidak akan bs jalan. Jika rodanya benar dan satu arahan dan tertib baru mobil bs jalan. Maka perlu kita memikirkan saudara kita bermahabbah dng mereka dan bergerak dng ushul yg sama

Maulana yusuf tulis d hayatus sahabah ttg kisah cintanya kpd ayahnya lalu d uji sm nabi saw. Lulus ujian dr nabi saw.

Beginilah kerja seharusnya dibuat shg kecintaan kpd Allah swt dan nabi saw mampu mengalahkan kecintaan kpd segala sesuatu. Asbab keberkahan kerja ini org mampu mempunyai qualitas para Nabi AS. Sebagaimana Nabi Ibrahim AS diminta menyembelih anaknya begitu pula dng abu bakar ra ketika bertemu anaknya sbg lawan d perang badr.

Nanti pd hr kiamat ada 1 org dibedirikan oleh Allah swt maka akan tertulis 50 hafidz 100 pahala Alim 100 pahala haji 50 pahala puasa pdhl dia org biasa aja…. dia bilang ini bkn catatan amal saya. Ternyata itu hasil kerja dakwah yg dia buat. Kita akan mendapatkan pahala menurut usaha yg kita buat dalam kerja dakwah.

Inilah betapa besarnya fadhilah yg begitu besar bagi yg mau buat kerja dakwah. Satu sahabat lg asik sm anak istri teringat nabi saw lsg ditinggal mencari nabi saw utk melepas kerinduan. Ini suasana mahabbah antara nabi saw dan para sahabat ra. Ini krn ada kasih sayang nabi saw kpd sahabatnya. Inilah yg hrs kubuat dng kawan2 dakwah kita. Satu org sahabat sedih gak bs sm nabi saw d surga. Kalopun aku msk k dalam surga tp gak ada engkau maka surga tdk akan nikmat bagi sahabat maunya nyari dimana nabi berada d surga. Inilah kecintaan yg sebenarnya bukan pura2 tapi 100% cinta. Inilah Taaluq yg diinginkan dlm kerja ini.

Asbab pertanyaan sahabat ini turun ayat barangsiapa yg taat kpd Allah swt dan rasulnya maka mrk akan bersama2 de kalangan nabiyin shiddiqin syuhada sholihin. Maka taaluq ini akan menyebabkan dia dibangkitkan bersama org tsb oleh Allah swt. Hendaknya makmur dekat nempel dengan amir dan penanggung jawab. Shg mahabbah tersebar. Begitu banyak kisah ini d hayatus sahabat.

Sahabat muadz bin jabal termasuk qudama org lama dia mufti dr sahabat. Nabi sdh katakan bahwa pemimpin pemuda surga yaitu jasan dan husein. Pemimpin para wanita fatimah r.ha. namun pemimpin ulama nanti adalah hadratz muadz bin jabal. Wahai muadz nabi saw sampaikan aku cinta kpd engkau. Ini perkataan Nabi saw sendiri kpd muadz ra. Bayangkan kecintaan sahabat ra kpd nabi. Ini pentingnya kita puji kawan2 kita dlm kerja ini. Baru nanti jemaah akan terbentuk dan kerja akan bergerak. Nabi juga puji para sahabat RA sehingga mendatangkan kecintaan mrk kpd nabi saw.

Nabi saw katakan sahabat2ku bagaikan bintang d langit. Siapaun yg kamu ikuti diantara mrk maka kamu akan mendapatkan hidayah. Inilah cara membentuk ummat puji kawan2 kita buat taaluq dan mahabbah diantara kawan2 kita. Jika ada cinta maka akan mudah untuk taat. Begitulah kita kpd amir kita dan penanggung jawab atau jumidar kita. Walaupun itu arahannya tdk masuk diakal maka akan mudah di ikuti asbab ada cinta. Anak istri ortu harta jabatan semua ditinggalkan sahabat ra demi nabi saw.

Tanya keadaan mrk ketika tdk hadir, hibur mrk ketika susah, bantu mrk dlm kesulitan, cari mereka ketika tdk hadir, jenguk mrk ketika sakit…. inilah yg harus kita buat sbg penanggung jawab dakwah sbg jumidar kpd makmurnya…. perhatikan mrk yg menjadi makmur dan kawan kita. Puji mereka Cari mrk Jaga mrk.

Bayan hidayah nabi saw k muadz yg akan pergi dakwah :

1. Muad d kuda nabi saw berjalan begitulah kemuliaan org yg pergi d jalan Allah swt. Muadz minta izin turun agar bs berhajalan dng nabi saw tp tdk d kasih nabi saw. Antar kawan2 kita yg mau pergi fissabillillah kita yg setir mrk duduk d belakang muliakan mrk.

2. Nabi ktkan dlm setiap keadaan org yg taat kpd amir adalah org yg cinta pd amir. Amalkan Sunnah berarti cinta pd nabi.

3. Ketika kembali dr yaman wahai muadz kamu tdk akan bertemu kembali. Kamu akan lewati kuburanku. Maka sedih yg luar biasa dlm hati muadz mendengarnya. Itulah cinta taaluq. Muadz teriak begitu sedih mendengar berita tsb shg mrk berdua nabi dan muadz nangis bersama. Inilah cinta.

4. Muadz bs saja request utk tdk berangkat agar diundur atau cari pengganti krn gak siap disisi nabi saw ketika wafat. Tapi muadz ra faham bagaimana pentingnya kerja dakwah dan mulianya kerja ini maka dia tetap meneruskan perjalanan dan meninggalkan manusia yg plg dicintainya yaitu nabi saw.

Melalui kerja dakwah ini diinginkan agar kita menjadikan kerja ini sbg prioritas. Dahulukan kerja dakwah ini dibanding kerja2 yg lain. Maka kita niatkan diri kita utk ikut mijaz nabi saw dng benar. Dengan ini maka nanti kita akan dibangkitkan bersama nabi saw dan para sahabat ra.

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: