Buyaathaillah's Blog

Mudzakarah Masyeikh : Munas Cikampek Juli 2018

*Kata Hadratji Da’wah adalah untuk diri kita sendiri, sejauh mana niat da’wah untuk diri kita sendiri maka kesan itu kepada orang lain. Dalam da’wah dengan rasa takut Kepada Alloh swt*

*Targhib karghozari Bhay Mursalin*

Karghozari di buat untuk tingkat kan kerja,
Untuk buat semangat kerja sesuai arahan atau tidak,karghozari adalah thoriqoh Nabi saw, dan juga Nabi sebelumnya, sebagaimana kisah burung hud hud, sbb karghozari burung hud hud pemimpin suatu negeri dan rakyatnya telah masuk islam.
Kisah serigala yg makan seekor kambing di zaman nabi saw yg di beritahu serigala dg bahasa manusia, yg akhirnya datang ke Madinah untuk masuk islam, nabi saw mengumumkan kpd seluruh org Madinah untuk mendengarkan karghozari org tersebut.
Kerja yg sebenarnya adalah yg mengikuti arahan nidzamuddin
Kerja yg kita buat bukan, arahan yg dahulu, tetapi arahan sekarang, karena tahapan tahapan da’wah kita akan menuju level berikutnya.
Klo ada kelemahan dalam suatu kerja maka kelemahan kita semua segaimana satu tubuh sebagian sakit ,maka sakit semuanya.

*Mudzakaroh Maqomi Bhai Mursalin*

Inti kerja Nabi saw Maqomi dan intiqoli, ini kedudukannya seperti hijrah dan Nusroh, sebagaimana 2 sayap,atau 2 roda motor.
Dalam 2 kerja ini kita buat amal da’wah,ta’lim,dzikir ibadat dan khidmad.dengan amal amal ini ada janji Alloh swt sampai hari kiamat, orang-orang yang buat amalan tersebut hidupnya akan berubah.

Seseorang akan terus menerus dapat hidayah dan hidup nya akan berubah, klo pulang dari khuruj langsung buat maqomi, jika seseorang pulang dari khuruj tidak buat kerja maqomi maka semakin hari dia akan lemah bahkan akan mudah meninggalkan sholat.

Orang yang buat amalan dalam da’wah, Alloh swt akan datangkan ujian ujian untuk meningkatkan derajatnya,sampai Alloh swt masukkan dalam surga, seluruh Nabi di uji dg keadaan keadaan,maka orang da’wah di uji juga tapi kelasnya ringan, dan ujian ujian itu hanya untuk menakuti saja klo kita tetap buat kerja maka akan istiqomah, klo org istiqomah akan dapat pahala dan hidupnya berubah, tapi orang yg kadang kadang buat da’wah pahala akan dapat tapi hidupnya tidak akan berubah.

Untuk hidupkan amalan maqomi di hidupkan 5 amalan masjid 3 amal harian (musyawarah, ta’lim dan 2,5 jam)1 amal mingguan (jaulah 1&2)dan 1 amal bulanan(keluar 3 hr setiap bulan).

1. Musyawarah harian
-bagaimana melibatkan semua jamaah masjid
-laporan yg sdh di kerjakan kemaren,kemudian
pembentangan takaza hari itu (ruh musyawarah adalah takaza)
Duduk musyawarah dgn fikir.
Musyawarah tentukan waktunya yg jmh masjid mudah berkumpul
2.Ta’lim Masjid
Tentukan waktunya yg paling banyak jama’ah nya
Waktu ta’lim minimal 1/2 jam. Dalam ta’lim bagaimana semua orang duduk, karena ta’lim adalah amalan penting untuk membentuk yaqin.dalam ta’lim ada firman Alloh swt dan sabda nabi saw, maka orang yang duduk dalam ta’lim akan dapat hidayah dan hidup akan berubah, tapi dgn syarat menjaga adab,
Dan kita buat ta’lim di rumah 1,5 jam,kita buat kerja dunia 8 jam ,maka untuk menghilangkan kesan selain Alloh tidak cukup ta’lim 5 menit,sebagaimana orang haus hanya minum 1 sendok air apakah cukup?
Dari markaz nidzamuddin di arahkan minimal ta’lim 1/2 jam.

Sebagaimana laki-laki buat amalan da’wah dan ta’lim di masjid, maka wanita dan anak anak juga butuh da’wah dan ta’lim maka untuk itu di rumah di hidupkan 5 amal rumah
1. Halaqoh Qur’an
2.Ta’lim Kitabi(bergantian muntakhob dan f.amal+Sedekah
3.Mudzakaroh 6 sifat
4.Tasykil(yg mudzakaroh 6 sifat yg buat tasykil )
5.Musyawarah (pembagian tugas siapa yg ta’lim,siapa yg mudzakaroh 6 sifat,siapa yg tasykil).

3.amal 2,5 jam
Sahabat ada 3 bagian dalam meluangkan waktu untuk masjid
-Ashabus suffah seluruh waktu untuk masjid.
-Orang muhajirin banyak meluangkan waktu untuk masjid
-orang anshor mereka setelah melakukan kesibukan tani meluangkan waktunya untuk masjid.
Orang orang islam merusak dirinya karena sisa waktu untuk pekerjaan dan keluarga tidak di gunakan dgn sebaiknya.
Minimal kita luangkan waktu minimal 2,5 jam sampai 8 jam, kita buat amalan masjid dan keluar untuk ajak orang di luar masjid kita ajak untuk meluangkan waktu untuk masjid. Inilah amalan sahabat buat amalan masjid dan keluar masjid untuk ajak orang di luar masjid. Kita bagi waktu waktu kita untuk hidup kan masjid 24 jam, bergantian dg sif pagi sampai petang buat amal da’wah ta’lim istighbal dan malam hari juga di bentuk sif sif untuk buat amal ibadah dan do’a atau belajar Al Qur’an.

4.Jaulah 1&2
Jaulah 1 di masjid kita buat jaulah umumi, di buat di antara 2 waktu sholat.
Jaulah umumi untuk bentuk jmh Cash, usaha seminggu dan buat tasykil ketika jaulah.
Jaulah dgn pengorbanan, sebelum jaulah buat usuli, begitu besar jaulah maka do’a setelah jaulah adalah makbul maka ruh jaulah ada fikir. Klo belum ada jmh Cash maka kita banyak berdo’a dan buat pengorbanan lebih. Tasykil jaulah 1 pertama yg Cash baru yg tidak Cash
Jaulah 2 Buat jaulah di masjid lain 2 sampai 2,5 bulan.
Selain jaulah 2 seminggu sekali atau dua kali kita buat 2,5 jam di masjid tersebut. Klo masjid tersebut sdh hidup amal kita ganti masjid yg lain, klo tetap belum hidup boleh kita tambah masa atau di serahkan ke masjid lain.

5.Jamaah 3 hr setiap bulan.
-Tentukan minggu ke berapa keluar 3 hr
– 1 Orang lama dalam 1 bulan bawa 8 /9 orang baru.walaupun orangnya kurang tetap kita keluar sendiri.
-rute di masjid 2-4 kali keluar berturut turut, sehingga orang baru bisa belajar amal. Klo jmhnya orang kuat di keluarkan ke rute yg belum hidup.
Jaulah 2 di masjid yg dekat dan jamaah 3 hr untuk masjid yg agak jauh.

Seseorang akan terus menerus dapat hidayah dan hidup nya akan berubah, klo pulang dari khuruj langsung buat maqomi, jika seseorang pulang dari khuruj tidak buat kerja maqomi maka semakin hari dia akan lemah bahkan akan mudah meninggalkan sholat.

*Mudzakaroh Masturot Master Abdul Hamid Mewati*

Pertama kali Alloh swt menciptakan Nabi Adam as,kemudian ibu Hawa
Sebagaimana laki laki bertanggung jawab beriman dan amal agama, maka begitu juga wanita, Laki-laki akan di tanya pertanggungjawaban di akhirat begitu juga wanita.
Sebagaimana usaha agama di buat untuk laki-laki kita juga harus di fikirkan usaha agama di kalangan wanita, karena lemahnya fikir atas wanita sehingga wanita tampil di luar bahkan tanpa tutup aurat, wanita berpengaruh kepada anak anak, anak-anak baik atau buruk mengikuti pendidikan dari ibunya.

Permulaan usaha masturot adalah menghidupkan Ta’lim rumah dengan 5 amal. Kita tentukan waktu dan tempatnya, klo kita tidak tentukan waktu dan tempat, kita tidak akan istiqomah.
Satu karghozari dari Maulana Sa’ad db ada satu keluar yg sdh istiqomah ta’lim, suatu saat ada acara di kerabatnya, maka salah satu anaknya usul supaya kita tetap ke sana dan buat ta’lim di sana, ketika sdh di sana waktu ta’lim tiba, keluar ini minta izin untuk buat ta’lim dulu, ternyata banyak wanita yg ikut ta’lim dan terkesan sehingga mereka azam kuat buat ta’lim. Ini adalah buah dari ta’lim yg istiqomah menjadi sebab hidupnya ta’lim rumah yang lain.

Ta’lim rumah 5 amal
1.Baca Fadhilah Qur’an baik dalam fadhilah amal atau muntakhob 3/4 hadits kemudian baru halaqoh Qur’an, sehingga ahli keluarga kita faham pentingnya Al Qur’an, Halaqoh Qur’an bukan sesuatu yang baru tapi ini amal sahabat, sebagaimana Sayyidinaa Umar bin Khattab dapat hidayah sebab halaqoh Qur’an adiknya
2.Ta’lim Kitabi berganti ganti hari ini muntakhob besok fadhilah amal dan sedekah bgt seterusnya bergantian.
3.Mudzakaroh 6 sifat
4.Tasykil
5.Musyawarah yg di bahas musyawarah program takaza agama, klo musyawarah keperluan kita buat di waktu lain.

Sebab ta’lim rumah di satu daerah ada seorang suami istri yg punya jabatan ahli dunia istiqomah buat ta’lim sungguh sungguh bersama 7 anaknya, dan semua di kirim ke madrasah dg kemauan sendiri akhirnya 7 orang anaknya jadi hafidz dan Mufti.

Banyak orang mengatakan tidak ada waktu untuk ta’lim padahal kita banyak waktu di depan smartphone, anak kita ada waktu untuk main game, ini adalah tipu daya syaitan, maka kita buat ta’lim dengan istiqomah akan merubah kehidupan kita walaupun ada bayi merah kita Duduk kan dalam ta’lim.

Tahapan kedua dari usaha masturot bagaimana bentuk fikir ahli keluarga kita untuk memikirkan rumah rumah orang lain hidup ta’lim.
Bagaimana usaha untuk mengumpulkan wanita wanita dalam ta’lim mahala mingguan,
Program ta’lim mingguan masturot mengikuti program mahala
-siapa yang istighbal (orang-orang yg ramah)
-siapa Ta’lim Kitabi (bergantian minggu ini muntakhob minggu depan f.amal dan f. Sedekah begitu seterusnya )
-siapa mudzakaroh 6 sifat dan tasykil.
Klo banyak orang boleh di bagi beberapa tempat 1 tempat 30-40 rumah.
Kata Hadratji Maulana saad orang orang kampung di kaitkan dengan masjid,anak anak di kaitkan dengan madrasah, ahbab di kaitkan dengan malam sabghozari dan para wanita di kaitkan dengan ta’lim masturot mingguan mahala.

Klo ada jmh 3 hr masturot ada orang lama maka di keluarkan di daerah yg belum hidup ta’lim mingguan masturot mahala, klo jmh masturot orang baru maka di keluarkan di daerah yg ada ta’lim mingguan untuk belajar.
Dalam malam sabghozari dan jord bulanan halaqoh supaya di takazahkan.

Yang menghandle ta’lim harus orang lama, sehingga ta’lim tidak dirubah dengan ta’lim yg lain.

Bayan masturot di buat 4-6 minggu sekali, dan orang yg bayan adalah orang yang pernah kluar masturot minimal 10 hr dan bayan yg di sampaikan sesuai dg musyawarah.

Bayan masturot diputus musyawarah dan isinya dimusyawarahkan di sesuaikan dg takaza di mahala tersebut.

Keluar masturot 3 hr setiap 3 bulan, 2 bulan Keluar dgn org mahala bulan ketiga dgn masturot. Org lama jangan keluar dgn org lama semua, tapi orang lama bawa orang baru.

Setelah masturot 3 hr 3 kali maka keluar 10 hr dan ini nishob tahunan masturot, dan boleh klo ada takaza keluar 10 hari untuk keluar 10 hr 2 kali setahun.setelah 10 hari keluar 40 hr setiap 3 tahun.

Klo anak gadis sdh nikah segera di keluarkan masturot 3 hr.

Keluar 40 hr masturot azam di daerah yg belum hidup, kemudian kita tingkatkan keluar 2 bln ke nidzamuddin, setelah itu target 2 bln ke negara jauh.

Jord masturot di buat 2 thn sekali maksimal 40 sampai 45 pasang,yg hadir orang yang pernah 10 hr ke atas. Di buat bayan untuk meningkatkan pengorbanan.

Iklan

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: