Buyaathaillah's Blog

Bayan Maulana Saad Al Khandalawi : Musyawarah Indonesia 2017

Bayan Subuh 08.10.2017

Maulana Saad DB

Segala sesuatu ada hakikatnya. Utk perkara dunia orang selalu mencari hakikatnya. Tidak cukup gambar saja tapi hakikatnya yg nampak di depan mata barulah terpenuhi hajatnya. Jika tidak nampak maka hati tidak tenang. Padahal sebenarnya tanpa hakikat iman bagaimana hati orang beriman akan menjadi tenang.
Setiap kalimat ada lafaz ada hakikatnya.

Kalomat laa ilaaha illallaah ada ikhlas kalimat yaitu org yg mengucapkannya terhindar dr perkara yg diharamkan الله .
Secara ijtimai hakikat kalimat ini telah keluar dari hati ummat. Masing2 mendakwahkan apa yg diusahakannya, perdagangannya, kantornya, dll.

Orang berzikir dan merasa cukup dengan zikirnya padahal dalam hadits Nabi sabdakan bagaimana memperbarui iman yakni dengan memperbanyak mengucapkan kalimah. Apa maksud memperbanyak ? Yaitu dengan maksud memperbarui. Orang2 memperbarui bajunya dengan mencucinya, tp tidak tahu bagaimana memperbarui imannya.

Jadi apa maksud memperbanyak mengucapkan kalimah ? Berapapun banyaknya asbab dan benda2 maka kita mengingkari asbab dan benda tersebut dan meyakini zat الله.
Berapapun banyak ilmu maka orang belajar dan mengajarkannya, namun ilmu yg berhubungan dengan iman orang2 tidak memuzakarahkannya. Ilmu yg berhubungan dengan amalan fardhu semua org mempelajarinya, tapi tidak dengan ilmu iman padahal perkara paling fardhu adalah iman.

Perkara yg pertama sekali kami wahyukan kepada Anbiya adalah selain zat الله tidak ada yg layak utk diibadati, mksdnya ditaati.
Kaum Nabi Nuh kaum mayoritas, Nabi dakwahkan mayoritas tidak dapat berbuat apa2.

Kaum saba’ kaum pertanian, Nabi dakwahkan pertanian tidak ada kuasa. Kaum nabi Saleh kaum benda2, Nabi dakwahkan benda2 tidak ada apa2nya.

Amal datang belakangan dan sempurna setelah hijrah, seperti solat, arah kiblat.
Aturan di alam semesta tidak ada hubungan dgn alam semesta.
Perbedaan kufur dan iman : aturan alam semesta berjalan dengan alam itu sendiri, sementara iman bahwa aturan alam berjalan dengan aturan الله.
Apa beda kafir dan mukmin ? Semua nampak dari amalan dan bentuk fisik.

Zikir bukanlah maksudnya panjang dan lama, maksud zikir yg sebenarnya adalah atas apapun perubahan yg terjadi di dunia ini maka kita ingat kepada الله.
Dengan pemikiran bahwa aturan alam semesta sudah berjalan semenjak dulu lagi padahal tidaklah jatuh sehelai daun melainkan atas izin الله. Maka kita ingkari setiap kehendak2 mereka.
Bahkan jika seluruh Anbiya berkumpul utk memberikan hidayah, tanpa kehendak الله hidayah tidak akan turun walaupun Nabi diutus utk usahakan hidayah.

Masukkan kebesaran الله ke dalam hati maka الله akan mengampuni. Nabi saw telah memalingkan perhatiannya dari yg nampak.
Telah tersebar penyakit pada unta. Sahabat pikir penyakit ini menular dari satu unta ke yg lain. Kalo begitu dari mana datang penyakit pada unta yg pertama ? Maka Nabi betulkan pemikiran yg salah bahwa penyakit yg datang pada unta yg pertama berasal dari الله begitu juga penyakit yg datang pada unta yg kedua dan seterusnya.

Bersama para Anbiya ada mukjizat, tp anbiya sampaikan bahwa mukjizat datang dr الله bukan dari diri Nabi itu sendiri.
Kumpulan pasir yg dilempar Nabi kepada org kafir maka الله katakan bukan kamu yg melempar tetapi الله yg melempar.

Orang2 katakan apa terjadi terjadi dengan sendirinya seolah2 setelah الله ciptakan dunia maka الله lepaskan kepada dunia itu sendiri.
Seperti air yg turun dijaga oleh malaikat, jika tidak الله beri kekuatan maka air itu akan terlepas dari malaikat. Malaikat juga berhajat pada الله bukan pada dirinya sendiri.

Jangan katakan ini terjadi karena ini terjadi.
Sulaiman as dapat lakukan sesuatu bukan atas kehendaknya sendiri. Sulaiman as berkeinginan menjadikan 100 org anaknya menjadi mujahid dengan garia keturunan istri2nya yg baik dan dengan cara yg baik, namun hanya 1 org yg hamil, itupun digugurkan oleh الله . Maka الله perlihatkan tanpa kehendak الله maka tidak akan berjaya. Bagaimana kerja dunia yg tidak mengikut kehendak الله akan berjaya..?
Amal yg dicintai الله tapi tidak dikehendaki الله saja tidak berjaya apala

gi kerja yg tidak dicintai الله , bagaimana bisa berjaya.
Daging anak yg belum berumur 4 bln diletakkan di kursi dan Sulaiman as berkata bahwa aku telah melakukan sesuatu atas kehendakku. Nabi saw katakan apabila sulaiman as katakan ان شاء اللہ maka 100 org anak akan lahir.

Nabi saw ditanya tentang ruh, ashabul kahfi dan zulkarnain as maka Nabi janjikan besok akan saya jelaskan. Padahal tidak ada yg mengetahui perkara yg ghaib melainkan atas izin الله . Nabi saja tidak tahu bagaimana ahli nujum akan tahu. Maka sebulan wahyu tidak turun.

Dalam iradah mereka tidak ingat akan الله . Maka amal banyak namun yakin rusak.
Nabi melarang sahabat katakan bahwa dengan kehendak الله dan Nabi maka akan terjadi, ini masih syirik. Hendaklah ucapkan hanya dengan kehendak الله saja. Nabi sendiri tidak berjaya dalam kehendaknya saat mengajak Abu Thalib masuk islam. Nabi hendak menangkap wahsyi namun justru wahsy masuk islam.
Samiri meminum madu, susu dan minyak dari jari Jibril.

Untuk mengambil faedah dr qudratullah maka keluarkan keyakinan kepada alam semesta.
Pedagang akan katakan ya الله berikanlah laba melalui toko ini. Org sakit akan doa ya الله sembuhkan aku melalui obat ini.
Inilah yakin kita yg rusak hari ini, usaha atas asbab berharap pada الله dan didakwahkan seperti itu pula. Ini tidak mungkin karena pengharapan bergantung pada apa yg diusahakan itu. Bertentangan dengan aturan الله karena asbab bukanlah aturan dari الله . Org menyangka aturan di alam semesta adalah aturan dari الله , lalu apa aturan dan tertibnya الله ? Inilah agama الله .. Yg tidak ada perubahan.
Bila org katakan alam semesta tidak ada perubahan, maka lihatlah sangat banyak perubahan : awan gelap namun tidak jd hujan, istri 4 tapi tidak punya anak, dll.
Dalam asbab zohir org musyrik katakan الله yg berbuat. Dimad orang musyrik katakan saat mengobati Nabi : aku akan obati kamu tapi kesembuhan bergantung pd الله . Maka kesimpulan utk ambil faedah dr الله yakni dengan mengikut aturan الله . Maka kita buat karena ridho الله untuk kemaanfaatan ummat, bukan utk kebaikan diri sendiri. Hari ini semangatnya utk kebaikan diri sendiri. Modal kecil dijual terlalu mahal, obat palsu dijual agar untung lebih besar. 2 perkara asal : ikhlas dan ihsan.

Allah suka dengan doa org yg merasa lemah. Tapi org2 katakan dengan asbab maka semua selesai. Padahal Dokter dan obat tidak berkuasa menyembuhkan.

Semua yg bergerak dan tidak bergerak berhajat pada الله , hajat Jibril as dan semut sama pada الله .

Jelas sekali janji Allah bersama amal, bukan asbab. Sebagaimana kisah 3 org yg terkurung dlm gua yg akhirnya dapat keluar dengan amal mereka masing2. Namun untuk menggeser batu tersebut tidak dengan amal yg berhubungan dengan hak Allah, artinya keadaan yg datang karena rusaknya muamalah tidak akan dapat diperbaiki dengan ibadah.

Org berakal adalah mengerjakan amal dan berharap pd الله , dan orang yg gagal adalah buat usaha atas asbab namun berharap pd الله .

Abu Hurairoh kerjanya mengumpulkan hadits sehingga الله memudahkan rejekinya melakui kurma. Setelah syahidnya Utsman ra maka keberkahan kurma Abu Hurairoh hilang dengan hilangnya wadahnya, karena ketaatan kepada amir telah hilang. Pertolongan seperti ini tidaklah datang hanya pada sahabat, namun mengikut amal dan ketaatan.
Karomah yg الله berikan kepada wali bertujuan mentaarufkan amal mereka bukan mentaarufkan wali tersebut.

Barangsiapa yg menjadikan kerja Nabi kerjanya maka الله akan datangkan pertolonganNya. Siapa yg meniru amalan wali maka pertolongan الله kepada wali akan datang juga kepadanya.

Iman yg paling lemah adalah melihat dosa menjadi risau dan berdoa agar dosa tersebut dihilangkan. Maka kita dapat mengukur iman kita hari ini.
Iman paling kuat mencegah kemungkaran dengan kekuatan, kemudian lisan, dan hati. Apa maksud dengan hati ? Meminta dengan doa dan dengan hati yg tawajjuh bukan lalai.

Inilah maksud ikhlas dari kalimah. Ikhlas dalam solat maka akan terhindar dari dosa.
Orang katakan dosanya berasal dr dosanya. Padahal dengan amalan maka syetan tidak akan mampu menggodanya. Anggota tubuh membu

at kesalahan dalam ibadah barulah setelah itu anggota tubuhnya berbuat dosa. Tidak mungkin anggota tubuhnya benar dalam solat namun kemudian anggota tubuhnya berbuat dosa.

Seseorang telah membawa mangkuk sirup dan terjatuh maka Maulana Yusuf katakan perbaiki solatmu.
Jika dalam solatnya tidak mampu berbuat baik maka bagaimana di luar solat ia akan berbuat baik.

Ibadah akan sempurna dengan iman dan ilmu. Kita bawa setiap amal dengan ilmu, bawa ilmu pada amal. Sebagaimana fardhunya solat begitu jugalah fardhunya ilmu, yakni fardhu ain bukan fardhu kifayah.
Menjadi alim itu fardhu ain, menjadi maulana/mulwi itu fardhu kifayah karena masing2 punya kesibukan berbeda.

Ikhlas dari ilmu akan membentuk rasa takut pada الله
Ilmu lidah hanya di otak bukan di hatinya sehingga tidak amal, ilmu yg bermanfaat akan mendatangkan ketaatan pada الله . Bila tidak ada ketaatan maka ilmu akan menyusahkan dirinya di akhirat.

Derajat seseorang mengikut kadar amal bukan ilmu, karena ilmu dibuat utk amal. Seperti derajat surga yg sesuai dengan jumlah ayat yg dibaca.
Orang dunia mendapat ijazah sebagai maklumat, namun di akhirat الله akan tanya apakah ilmu sudah diamalkan..?

Bagaimana Nabi dan Sahabat sebarkan ilmu ?
Duduk syuhbah dengan ulama, bergerak keluar di jalan الله ï Perkara yg tidak sunah Nabi tidak masnun maka ..

Dalam satu waktu 70 ulama telah ditasykil

Hari ini tidak cukup nafkah mereka tinggalkan tanah air mereka, namun untuk perkara agama org enggan tinggalkan tanah

Iklan

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: