Buyaathaillah's Blog

Konflik Nizammuddin : Analisa

Analisa Konflik Nizammuddin vs Syuro Alami

أَخْبَرَنِي أَحْمَدُ بْنُ يَحْيَى الصُّوفِيُّ قَالَ حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ قَالَ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ مَرْدَانِبَةَ عَنْ زِيَادِ بْنِ عِلَاقَةَ عَنْ عَرْفَجَةَ بْنِ شُرَيْحٍ الْأَشْجَعِيِّ قَالَ رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى الْمِنْبَرِ يَخْطُبُ النَّاسَ فَقَالَ إِنَّهُ سَيَكُونُ بَعْدِي هَنَاتٌ وَهَنَاتٌ فَمَنْ رَأَيْتُمُوهُ فَارَقَ الْجَمَاعَةَ أَوْ يُرِيدُ يُفَرِّقُ أَمْرَ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَائِنًا مَنْ كَانَ فَاقْتُلُوهُ فَإِنَّ يَدَ اللَّهِ عَلَى الْجَمَاعَةِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ مَعَ مَنْ فَارَقَ الْجَمَاعَةَ يَرْكُضُ

Sesungguhnya akan terjadi setelahku fitnah & fitnah, maka siapa yg kalian lihat telah memisahkan diri dari jama’ah atau hendak memecah belah kesatuan umat Muhammad siapapun dia maka bunuhlah dia. Sesungguhnya tangan Allah bersama jama’ah & syetan bergerak bersama orang yg misahkan diri dari jama’ah. [HR. Nasai No.3954].

Masalah Maulana Saad vs Syuro Alami

1. Tuduhan Maulana Saad menunjuk dirinya sbg Amir krn ingin berkuasa / nyari kekuasaan
Jawaban :
Tidak ada yg keluar satu ucapanpun dr Maulana Saad yg menyatakan bahwa dirinya mengangkat diri sbg Amir atau Hadratji. Namun yg terjadi adalah militansi orang yg mencintai maulana saad shg mrk memanggil maulana saad sbg hadratji.
2. Sistem Kesyuroan yang tidak disetujui Maulana Saad
Jawaban :
Masyeikh Nizammuddin berpendapat bahwa SK Kesyuroan yang sah adalah SK 10 syuro dari Hadratji Innamul Hasan Rah.A. 10 ORANG syuro yang terpilih 3 diantaranya adalah faishalat terpilih yaitu Maulana Izhar, Maulana Zubair, dan Maulana Saad. Sedangkan yg lain sbg anggota termasuk Syaikh Abdul Wahab Amir Pakistan. Saat ini dari 10 orang yang tersisa tinggal Syaikh Abdul Wahab dan maulana saad. Sedangkan Faishalat dipegang oleh Maulana Saad. Sehingga dapat disimpulkan keberadaan Maulana Saad sbg Faishalat tunggal saat ini merupakan TAKDIR dari Allah swt tanpa meminta. Sehingga keadaan ini menimbulkan militansi dari orang2 yg mencintai Maulana Saad menganggap beliau sbg Hadratji.
Lalu kesyuroan yang baru yg menamakan diri Syuro Alami adalah usul dalam musyawarah yang belum menjadi suatu keputusan dari Syuro yang Sah dari Hadratji Inamul Hasan rah.a yang saat ini tinggal Syaikh Abdul Wahab dan Maulana Saad Al Khandalawi. Tidak disetujuinya suatu usul dalam musyawarah tdk seharusnya menyebabkan Makar terhadap Musyawarah itu sendiri. Inilah cikal bakal kerusakan yg menimbulkan konflik asbab tidak taat kepada musyawarah shg Makar.
Maulana saad telah membuat kebijakan agar kedepan setiap negara tempat ijtimaiyat dakwah agar dipimpin oleh syuro masing2. Sehingga India mempunyai Syuro sendiri, Pakistan mempunyai Syuro sendiri, dan Bangladesh mempunyai syuro sendiri.
Keputusan2 dunia dapat dimusyawarahkan secara ijtimaiyat dng syuro yang ada sbg faisalat adalah Maulana Saad. Keberadaan Syuro Dunia dari SK yang sah masih bs berjalan dng baik maka tidak perlu membentuk syuro baru.
isu2 mengenai maulana saad menunjuk dirinya sbg amir atau hadratji krn ingin berkuasa adalah Fitnah thd maulana saad. Tidak ada satu ucapanpun yg keluar dr maulana saad yg meminta dirinya diangkat sbg hadratji atau meminta agar dirinya diangkat sbg amir tabligh. Namun perpecahan terjadi asbab keberadaan syuro alami itu sendiri yg menginginkan adanya pembagian kekuasaan. Jadi perpecahan terjadi akarnya adalah karena adanya keinginan utk mendapatkan kekuasaan dalam kesyuroan tsb.
3. Ajakan Untuk Keluar dari Ijtimaiyat Nizammuddin asbab Fitnah mengajak mahluk kepada mahluk bukan kepada Allah.
jawaban :
Nizammuddin adalah tempat ijtimaiyat yg telah disepakati bersama dari Jaman Maulana Ilyas s/d Hadratji Innamul Hasan. Sebagaimana Masjidil Haram yang ruhaniatnya terbentuk dari pengorbanan keluarga Nabi ibrahim AS dan Masjid Nabawi terbentuk dari pengorbanan Nabi saw dan para sahabat RA, Begitu juga Nizammuddin yg sdh terbentuk asbab pengorbanan para masyeikh dan keluarga maulana ilyas al khandalawi. Maka tidak sepatutnya kita meninggalkan Nizammuddin sbg tempat Ijtimaiyat Amal Dan Ahbab dalam dakwah.
Tuduhan bahwa ijtimaiyat di nizamuddin membawa mahluk kepada mahluk yaitu mengajak umat kpd figur maulana saad ini merupakan Fitnah utk memecah belah dan mengajak umat keluar dari Ijtimaiyat Nizamuddin. Maka ini tidak perlu di ikuti. Hadits : hanya domba yg keluar dari kelompoknya yg akan diterkam srigala (mahfum). Ajakan keluar dr ijtimaiyat inilah yg menyebabkan perpecahan shg kita sdh terjebak oleh rencana iblis dalam memecah belah dakwah di seluruh dunia.
sebelum bbrp masyeikh keluar dr nizamuddin ijtimaiyat bs berjalan dng baik dan tidak ada ajakan mengajak mahluk kpd mahluk. Kenapa asbab bbrp masyeikh keluar dr nizamuddin shg di pelintir bahwa jika datang ke nizamuddin ini sama mengajak mahluk kpd mahluk. ini fitnah yg keji. Justru yg harus kita jaga adalah ijtimaiyat di nizamuddin sbg tempat berkumpulnya para ahlul korban bermusyawarah bukan mengajak kpd figur spt yg d fitnahkan.
4. Ada kesalahan berpikir bahwa kita tidak akan kembali ke nizamuddin sampai para masyeikh kembali ke nizamuddin demi menjaga kesatuan diantara masyeikh.
Ini merupakan kesalahan cara berpikir dengan mengajak ummat meninggalkan Nizammuddin. Ketika umat bersepakat untuk meninggalkan nizammuddin mengikuti masyeikh yang keluar dr nizamuddin maka yg terjadi justru para Masyeikh semakin tidak akan balik ke Nizamuddin shg membawa umat kepada Markaz baru dengan meninggalkan nizamuddin.
cara berpikir yang benar adalah kita para penanggung jawab dakwah harus bersepakat tidak akan meninggalkan amalan ijtimaiyat di Nizammuddin shg keputusan menjaga ijtimaiyat ini akan menyebabkan para masyeikh yg keluar dari nizammuddin kembali lagi ke nozammuddin krn tdk ada media dakwah ijtimaiyat selain di Nizammuddin.
Perumpamaan Nizammuddin seperti Sholat berjamaah. Maka tatkala ada jemaah yg mufaraqoh keluar dr jemaah sholat apakah kita harus ikut mufaraqah ? tentu tidak selama imam tidak kentut atau bacaan al fatihah salah misalnya. Tidak ada satu alasanpun secara syariat agama yang bisa kita kemukakan kenapa kita harus meninggalkan ijtimaiyat berjamaah di Nizamuddin. Ini hanya isu2 dan sumber dr fitnah semuanya katanya2 yg dilemparkan org ketiga.
5. Nizammuddin telah berkhidmat kepada jemaah indonesia.
Saat ini tidak kurang dari 200 jemaah di nizammuddin di khidmat oleh Maulana Saad dan para masyeikh di nizamuddin. Jemaah oita diberi makan gratis 3x sehari, di beri mudzakaroh, diberi rute dakwah, masa iya kebaikan ini kita balas dng akhlaq yg buruk yaitu dengan mengecilkan nizamuddin dan mengecilkan maulana saad. ini bukanlah akhlaq yang baik.
Jika kita meninggalkan nizamuddin maka mau dibawa kemana jemaah2 yg kita kirim ke india. Walaupun ada keinginan membuat markaz baru diluar nizamuddin ini tidaklah mudah krn Nizamuddin bukan hanya sekedar bangunan tapi dari sana terbentuk ruhaniat dan pengorbanan dari para masyeikh semenjak jaman maulana ilyas rah.a. Membentuk ruhaniyat inilah yg tidak mudah krn SANAD DAKWAH kita ini datang dr nizamuddin. Kini ada keinginan utk memutuskan sanad dakwah kita dari nizammuddin maka yg tidak akan kita ikuti. Maulana Umar phalampuri berkata jika kalian berselisih maka kembalilah kepada Nizammuddin sbg tempat bermusyawarah dan bermufakat. Jangan kalian lari atau keluar dr Nizammuddin.

Iklan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: