Buyaathaillah's Blog

Ilmu : Dalil Nisfu Syaban

 

AMALAN DI BULAN SYA’BAN

May 29, 2014 at 9:40am

AMALANDI BULAN SYA’BAN

Oleh: Buya Yahya

PengasuhLPD Al-Bahjah – Cirebon

 

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَلْحَمْدُلِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ حَمْدًا يُوَافِيْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُيَارَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَلِعَظِيْمِسُلْطَانِكَ سُبْحَانَكَ لاَنُحْصِيْ ثَنَاءًا عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَعَلىَ نَفْسِكَ فَلَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ عَلىَ ذَلِكَ.

اَللَّهُمَّصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ الْبَشِيْرِ وَالنَّذِيْرِ الَّذِيْ تَنْفَتِحُ بِهِ أَبْوَابُ الْخَيْرِوَتَنْغَلِقُ بِهِ أَبْوَابُ الشَّرِّ  وَعَلَى آلِهِ اْلأَطْهَارِ وَأَصْحَابِهِالأَخْيَارِ.

وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيٍّ الْعَظِيْمِ,أَمَّابَعْدُ.

 

 

Sya’ban adalah salah satu bulan yangmulia. Bulan ini adalah pintu menuju bulan Ramadhan. Siapa yang berupayamembiasakan diri bersungguh-sungguh dalam beribadah di bulan ini, ia akan akanmenuai kesuksesan di bulan Ramadhan.

Dinamakan Sya’ban, karena pada bulan ituterpancar bercabang-cabang kebaikan yang banyak (yatasya’abu minhu khairunkatsir). Menurut pendapat lain, Sya’ban berasal dari kata Syi’b, yaitu jalan disebuah gunung atau jalan kebaikan. Dalam bulan ini terdapat banyak kejadian danperistiwa yang sangat perlu diperhatikan oleh kaum muslimin. Dan pada bulan inijuga ada beberapa amalan yang biasa dilakukan oleh para Salafuna sholih untuk mempersiapkan dan melatih diridengan memperbanyak ibadah dalam rangka menyambut bulan Ramadhan.

Diantara amalan tersebut adalah :

  1. Puasa

 

Puasa di bulanSya’ban itu termasuk disunnahkan karena untuk melatih agar nanti ketikaRamadhan tiba sudah terbiasa dengan puasa. Selain itu bulan ini juga banyakdilalaikan oleh manusia sebagaimana yang dijelaskan dalam beberapa hadits.Namun kita tidak perlu mengkhususkan hari tertentu dari bulan Sya’ban untukberpuasa karena tidak ada hadits yang benar secara khusus menentukan haritertentu untuk puasa. Yang ada adalah riwayat yang menjelaskan anjuran puasabulan Sya’ban secara umum.

 

  1. Menghidupkan Malam Nishfu Sya’ban

 

Jumhur ulamaberpendapat bahwa menghidupkan malam Nishfu Sya’ban hukumnya adalah sunnah baikdengan cara beribadah secara bersama-sama atau sendiri-sendiri dan kita bolehmengisinya dengan bermacam-macam ibadah seperti puasa, sholat dan lainsebagainya. Dan itulah yang dilakukan para Ulama dalam menghidupkan malamNishfu Sya’ban.

 

A.    Keutamaan Bulan Sya’ban

 

Disebutkandalam beberapa hadits Shohih tentang keutamaan Bulan Sya’ban yang sungguhsangat diperhatikan oleh Nabi Muhammad SAW.

 

1.     Haditsyang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim :

 

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْكَانَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَصُومُ حَتَّىنَقُولَ لاَ يُفْطِرُ ، وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ لاَ يَصُومُ . فَمَا  رَأَيْتُ رَسُولَاللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ إِلاَّ رَمَضَانَ ، وَمَا رَأَيْتُهُأَكْثَرَ صِيَامًامِنْهُ فِى شَعْبَانَ

 

Diriwayatkan dari Sayyidah Aisyah RA beliau berkata : “Rasulullah SAW biasa berpuasa,sampai kami katakan bahwa beliau tidak berbuka. Beliau pun berbuka sampaikami katakan bahwa beliau tidak berpuasa. Aku tidak pernah sama sekali melihatRasulullah ShallAllohu ‘Alaihi Wasallam berpuasa secara sempurna sebulan penuhselain pada bulan Ramadhan. Aku pun tidak pernah melihat beliau berpuasa yanglebih banyak daripada berpuasa di bulan Sya’ban.” (HR. Bukhari no.1969 dan Muslim no. 1156)

 

2.      Haditsyang diriwayatkan Imam Ahmad, Imam Abu Dawud dan Imam Nasa’i dan  Imam Ibnu Khuzaimah dan beliau katakan haditsini adalah shohih

 

عَنْ  أُسَامَةَ بْنَ زَيْدٍقَالَ : قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ, لَمْ أَرَكَ تَصُومُ شَهْرًا مِنْالشُّهُورِ مَا تَصُومُ مِنْ شَعْبَانَ, قَالَ : ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُعَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ, وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَىرَبِّ الْعَالَمِينَ, فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

 

Dari Usamah bin Zaidberkata: Aku bertanya : Wahai Rasulullah, aku tidak melihatmu berpuasa sepertiengkau berpuasa di bulan Sya’ban (karena seringnya), beliau menjawab: “Bulanitu adalah bulan yang dilalaikan oleh banyak orang, yaitu antara Rojab danRamadhan, di bulan itu diangkat amal-amal kepada Alloh Tuhan semesta alam, danaku ingin amalku diangkat dalam keadaan aku berpuasa”.

 

3.      Haditsyang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim :

عَنْ عَائِشَةَ لَمْ يَكُنِ النَّبِىُّ – صلى الله عليهوسلم– يَصُومُ شَهْرًا أَكْثَرَ مِنْ شَعْبَانَ ، فَإِنَّهُ كَانَ يَصُومُشَعْبَانَ كُلَّهُ

  Dari Sayyidah A’isyah ra beliau berkata : Rasulullah ShallAllohu ‘Alaihi Wasallamtidak biasa berpuasa satu bulan lebih banyak dari bulan Sya’ban.Sesungguhnya  Rasulullah SAW berpuasapada bulan Sya’ban seluruhnya.” (HR. Imam Bukhari no. 1970 dan ImamMuslim no. 1156)

Dalamlafazh Imam Muslim menyebutkan riwayat dari Sayyidah ‘Aisyah radhiyAllohu ‘anha  dengan sedikit berbeda.

 

كَانَ يَصُومُ شَعْبَانَ كُلَّهُ كَانَ يَصُومُشَعْبَانَ إِلاَّ قَلِيلاً

 

“Nabi ShallAllohu ‘AlaihiWasallam biasa berpuasa pada bulan Sya’ban seluruhnya dan hanya sedikit sajahari-hari berbuka beliau di bulan sya’ban” (HR. Imam Muslimno. 1156)

DariRiwayat-riwayat tersebut di atas sungguh sangat jelas bahwa Nabi Muhammad SAWsangat memperhatikan Bulan Sya’ban dengan berpuasa.

 

B.      Keutamaan Malam Nishfu Sya’ban

 

Tentangkeutamaan malam Nishfu Sya’ban telah banyak hadits dari Nabi Muhammad SAWdiantaranya adalah :

 

1.     Haditsyang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, Imam Ibnu Majah, Imam Ahmad Bin Hanbaldan Imam Ibnu Hibban beliau berkata hadits ini shohih yaitu :

 

عَنْعَائِشَةَ قَالَتْ : فَقَدْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِوَسَلَّمَ لَيْلَةً فَخَرَجْتُ فَإِذَا هُوَ بِالْبَقِيعِ فَقَالَ أَكُنْتِتَخَافِينَ أَنْ يَحِيفَ اللَّهُ عَلَيْكِ وَرَسُولُهُ قُلْتُ يَا رَسُولَاللَّهِ إِنِّي ظَنَنْتُ أَنَّكَ أَتَيْتَ بَعْضَ نِسَائِكَ فَقَالَ إِنَّاللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يَنْزِلُ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ إِلَىالسَّمَاءِ الدُّنْيَا فَيَغْفِرُ لِأَكْثَرَ مِنْ عَدَدِ شَعْرِغَنَمِ كِلَبٍ

 

Dari Sayyidah Aisyah ra beliauberkata : “Aku kehilangan Rasulullah SAW pada suatu malam,. Kemudian aku keluardan aku menemukan beliau di pemakaman Baqi’ Al-Ghorqod” maka beliau bersabda“Apakah engkau khawatir Alloh dan Rasulnya akan menyia-nyiakanmu?” Kemudian akuberkata : “Tidak wahai Rasulullah, sungguh aku telah mengira engkau telahmendatangi sebagian isteri-isterimu”. Kemudian Rasulullah SAW bersabda“Sesungguhnya Alloh menyeru hambanya di malam Nishfu Sya’ban kemudianmengampuninya dengan pengampunan yang lebih banyak dari bilangan bulu dombaBani Kilab (maksudnya pengampunan yang sangat banyak)”.(HR. Imam Tirmidzi, Imam Ibnu Majah, Imam Ahmad Bin Hanbal dan Imam Ibnu Hibbanbeliau berkata hadits ini shohih)

Domba BaniKilab adalah gerombolan Domba terbanyak di Jazirah Arab di waktu itu.

 

2.     Haditsyang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah dan Imam Baihaqi :

 

عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِيْطَالِبٍ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ: إِذَا كَانَتْ لَيْلَةُ النِصْفِ مِنْشَعْبَانَ فَقُوْمُوْا لَيْلَهَا وَ صُوْمُوْا نَهَارَهَا فَإِنَّ اللهَ تَعَالَىيَنْزِلُ فِيْهَا لِغُرُوْبِ الشَّمْسِ إِلَى سَمَاءِ الدُّنْيَا فَيَقُوْلُ: أَلاَمِنْ مُسْتَغْفِرٍ لِيْ فَأَغْفِرَ لَهُ ! أَلاَ مُسْتَرْزِقٌ فَأَرْزُقَهُ !أَلاَ مُبْتَلَى فَأُعَافِيَهُ ! أَلاَ كَذَا… أَلاَ كَذَا… حَتَّى يَطْلُعَالفَجْرُ

 

Dari Sayyidina Ali bin AbuThalib  bahwasanya Rasulullah bersabda, “Apabila tibamalam Nishfu Sya’ban, shalatlah pada malam harinya dan puasalah di siangharinya karena Alloh menyeru hambanya di saat tenggelamnya matahari, laluberfirman, ‘Adakah yang meminta ampun kepada-Ku, niscaya Aku akanmengampuninya, Adakah yang meminta rizki kepada-Ku, niscaya akan memberinyarizki, Adakah yang sakit, niscaya Aku akan menyembuhkannya, Adakah yangdemikian (maksudnya Alloh akan mengkabul hajat hambanya yang memohon pada waktuitu)…. Adakah yang demikian…. Sampai terbit fajar.”

 

3.     Hadits yang diriwayatkan Imam Abu Nu’aim dan dikatakanshohih oleh Imam Ibnu Hibban begitu juga Imam Thabrani berkata semua perowinya adalah orang yangdapat dipercaya (Tsiqah) :

 

عَنْ مُعَاذٍ بِنْ جَبَلٍ ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِوَسَلَّمَ ، قَالَيَطَّلِعُاللهُ تَبَارَكَ وَ تَعَالَى إِلَى خَلْقِهِ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ,فَيَغْفِرُ لِجَمِيْعِ خَلْقِهِ, إِلاَّ لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ

 

Dari Sayyidina Mu’ad BinJabal, dari Nabi SAW beliau berkata : “Alloh Tabaraka wa Ta’ala melihat kepadamakhluk-Nya pada malam Nishfu Sya’ban, lalu Alloh mengampuni seluruhmakhluk-Nya kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan.”

4.      Haditsyang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, dari Abu Musa Al-Asy’ari r.a. :

 

عن أبي موسى الأشعري رضي الله عنه عنرسول الله صلى الله عليه وسلم قال:

إن الله ليطلع في ليلة النصف من شعبانفيغفر لجميع خلقه إلا لمشرك أو منافق.

 

DariAbu Musa Al-asy’ari r.a. ,  dariRasulullah SAW,  beliau berkata :

“Sesungguhnya Allah SWT melihat kepada hambaNya di malam nishfu Sya’ban makaAllah SWT mengampuni semua makhlukNya kecuali orang yang menyekutukan Allahatau orang munafik “

 

C.     KOMENTAR PARA ULAMA TENTANG MALAM NISHFU SYA’BAN

 

1.     Al-HafidzIbnu Rojab AlHambali berkata dalam kitabnya Lathoiful Ma’arif hal 199 – 201:

 

وليلة النصف من شعبان كان التابعون من أهل الشام كخالد بنمعدان و مكحول ولقمان بن عامر وغيرهم يعظمونها ويجتهدونفيها في العبادة ،وعنهم أخذ الناس فضلها وتعظيمها ، … ((لطائف المعارف))ص199-201

 

“Danmalan nishfu sya’ban adalah malam yang para tabi’in negara syam seperti kholidbin Ma’dan, Makhul, Luqman Bin Amir dan yang lainnya mereka mengagungkan malamNishfu Sya’ban dan mereka bersungguh-sungguh dalam beribadah di malam tersebut.Dan dari mereka lah umat islam mengambil faham keutamaannya dan keagungannya.”

Danibnu hajar melanjutkan :

 

واختلف علماء أهل الشام في صفة إحيائها علىقولين: أحدهما:  أنه يستحب إحياؤها جماعة في المسجد. كان خالد بن معدانولقمان بن عامر وغيرهما يلبسون فيها أحسن ثيابهم ويتبخرون ويكتحلون ويقومون فيالمسجد ليلتهم تلك. ووافقهم إسحاق بن راهوية في ذلك وقال في قيامها فيالمساجد جماعة: ليس ذلك ببدعة.

 

UlamaSyam berbeda pendapat dalam menghidupkan malam Nishfu Sya’ban :

 

PendapatPertama : Disunnahkan menghidupkannya secara berjamaah di masjid. Dan paraulama tersebut di atas mereka mengenakan pakaianyang paling bagus yang mereka miliki serta membakar kayu harum danmenggunakan  celak. Mereka melakukansholat di masjid pada malam itu. Dan pendapat ini di setujui oleh Ishaq IbnuRohawih dan beliau  berkata ”Ini bukanlahsebuah bid’ah”

 

وقالالشافعي: بلغنا أن الدعاء يستجاب في خمس ليال: ليلة الجمعة، والعيدين، وأول رجب، ونصف شعبان

 

BerkataImam Syafi’i : Telah sampai berita kepada kami bahwa doa akan di Kabul di limamalam, malam jum’at, malam 2 hari raya, dan Awal Rajab Dan Nifsu Sya’ban.

 

2.     Imam Adz-Dzahabidalam kitabnya Tadzkirotul Khufadz juz 4 hal 1328 disaat menjelakan biografinya IbnuAsyakirbeliau katakana :

 

أبو القاسمبن عساكر،صاحب التصانيف ….قال ولده المحدِّث بهاء الدين القاسم: كان أبي رحمه اللهمواظباً على الجماعة والتلاوة، يَختم كل جمعة، ويختم في رمضان كل يوم، ويعتكف فيالمنارة الشرقية – من جامع دمشق -،وكان كثير النوافل والأذكار، ويُحيي ليلة النصف- من شعبان – والعيد بالصلاة والذكر

 

“Ibnu Asyakiradalah seorang hafidz muhaddits Syam yang mempunyai banyak  karangan,berkata putra Ibnu Asyakir, yaitu Baha Uddin Al-Qosim berkata “Ayahku (IbnuAsyakir) selalu berjamaah serta membaca Al-Qur’an dan hatam setiap jum’at dansetiap hari di bulan ramadhan dan selalu ber i’tikaf di menara Asyarqiyah diDamaskus. Beliau selalu memperbanyak sholat sunnah dan dzikir serta menghidupkanmalam Nishfu sya’ban dan malam ‘id dengan sholat dan dzikir .

 

3.     Berkata Imam Ibnu Haj dalam kitabnya Al-Madkhol juz1 hal 257:

 

وبالجملة فهذه الليلة وإن لم تكن ليلة القدر فلها فضل عظيموخير جسم، وكان السلف رضي الله عنهم يعظّمونها ويشمّرون لها قبل إتيانها، فماتأتيهم إلا وهم متأهّبون للقائها والقيام بحرمتها، على ما قد عُلم من احترامهمللشعائر… ))

Fasl malam nishfu sya’ban Kesimpulannya “Malam Nishfusya’ban meskipun bukan malam lailatul qodar akan tetapi adalah malam yangmempunyai keutamaan yang sangat agung dan kebaikan yang  sangat banyak. Ulama salaf  mengagungkannya serta bersungguh-sungguhdalam menyambut kedatangannnya. Dan tidak datang  malam Nishfu sya’ban kepada mereka kecualimereka sudah siap menghidupkannya seperti yang telah diketahui dari merekabahwa mereka adalah orang-orang yang mengagungkan syiar Alloh

 

4.     Berkata Ibnu Taimiyah dalam Majmu’Fatawa nya, (Ibnu Taimiyah adalah tokoh kebanggaan orang-orang yang mengingkarikegiatan di Malam Nishfu Sya’ban). Ibnu Taimiyah berfatwa :

 

إذا صلىالإنسان ليلة النَّصف وحده أو في جماعة خاصة كما كان يفعل طوائف من المسلمين فهو :حسن. ((مجموع الفتاوى)) ج 23 ص131

 

“Apabila ada orang sholat di malamNishfu Sya’ban dengan sendirian atau berjama’ah sebagaimana yang dilakukan sebagiankaum muslimin itu merupakan hal yang baik”.

 

وأما ليلة النصف فقد روي في فضلها أحاديث وآثار،ونقل عن طائفة من السلف أنهم كانوا يصلون فيها ، فصلاة الرجل فيها وحده قد تقدمهفيه سلف وله فيه حجة فلا يُنْكَر مثل هذا ، أمَّا الصلاة جماعة فهذا مبني علىقاعدة عامة في الاجتماع على الطاعات والعبادات…

 

Beliau juga berkata dalam kitab yang sama hal 132 “Adapunkeutamaan malam Nishfu Sya’ban telah diriwayatkan dari hadits-hadits dan atsar(perkataan para sahabat dan tabi’in) dan sejumlah dari ulama salaf sesungguhnya mereka menghidupkan malam Nishfu Sya’bandengan sholat. Adapun sholatnya seseorang dengan sendirian pada malamNishfu Sya’ban cara seperti itu telah dilakukan oleh ulama salaf dan denganhujjah-hujjah (dalil-dalil) yang jelas maka hal ini tidak boleh di ingkari. Adapun sholat jamaah yang merekalakukan di malam Nishfu Sya’ban ini berdasarkan atas qoidah umum  bahwa dianjurkan berkumpul dalam melakukanketaatan dan ibadah.

 

IbnuTaymiyah menjelaskan dalam kitab Iqtidho Shirotol Mustaqim hal 266 :

ليلة النصفمن شعبان. فقد روي في فضلها من الأحاديث المرفوعة والآثار ما يقتضي: أنها ليلة مُفضَّلة. وأن من السلف من كانيخصّها بالصلاة فيها، وصوم شهر شعبان قد جاءت فيه أحاديث صحيحة. ومن العلماء منالسلف، من أهل المدينة وغيرهم من الخلف: من أنكر فضلها، وطعن في الأحاديث الواردةفيها، كحديث:{ إن الله يغفر فيها لأكثر من عدد شعر غنم بني كلب} وقال: لا فرقبينها وبين غيرها. لكن الذي عليهكثير من أهل العلم؛ أو أكثرهم من أصحابنا وغيرهم: على تفضيلها، وعليه يدل نص أحمد، لتعدد الأحاديث الواردةفيها، وما يصدق ذلك من الآثار السلفيَّة، وقد روي بعض فضائلها في المسانيد والسنن.وإن كان وضع فيها أشياء أُخر ))

 

Malam Nishfu sya’ban keutamaannya telah diriwayatkan daribanyak hadits-hadits dan atsar (perkataan sahabat dan tabi’in) yangkesimpulannya, “Malam Nishfu sya’ban adalah malam yang diutamakan”. Dan sebagian ulamasalaf ada yang mengkhususkannya dengan melakukan ibadah sholat. Dan berpuasa dibulan Sya’ban telah diriwayatkan dari hadits-hadits yang shohih. Ada sebagianulama salaf dari penduduk kota madinah dan juga sebagian ulama kholaf yangmengingkarinya dan berusaha mencederai hadits-hadits yang menunjukankeutamaannya seperti hadits : “Sesungguhnya Alloh mengampuni di malam Nishfu Sya’banterhadap dosa dengan pengampunan yang lebih banyak dari bulu domba banikilab”.

Setelah Mereka yang mencederaihadits tersebut akhirnya mereka berkata bahwa tidak ada perbedaan diantarabulan sya’ban dan bulan lainnya.

Akan tetapi kebanyakan ulama-ulamasalaf telah mengutamakan (menghidupkan) malam Nishfu Sya’ban sebagaimana nashriwayat yang jelas dari Imam Ahmad karena banyaknya hadits-hadits yang  menjelaskan tentang keutamaannya dan jugakarena banyaknya perkataan-perkataan  dari paraulama salaf yang tersebut dalam kitab musnad-musnad dan sunan-sunan. Meskipunmemang ada beberapa riwayat yang lain yang dipalsukan.”

 

Kesimpulan  :

 

Bagi siapapun yang ingin menyampaikan kebenaran harus jujurdan amanat karena ada ancaman hukuman berat dari Alloh SWT bagipengkhianat-pengkhianat. Ada sebagian kaum muslimin yang mendustakan semuahadits-hadits yang berkenaan dengan keutamaan Bulan Sya’ban dan MenghidupkanMalam Nishfu Sya’ban. Sungguh dikhawatirkan mereka akan dihukum  oleh Alloh karena telah berdusta atas  Nabi Muhammad SAW.

Dan memang ada beberapa riwayat palsu tentang keutamaanmenghidupkan Malam Nishfu Sya’ban. Akan tetapi bagi orang yang takut kepada Alloh SWT haruslah jujur, yang palsu harusdibuang  akan tetapi jika ada riwayatyang telah dianggap benar (shohih) oleh Ahli Hadits tidak ada bagi kita kecualimenginshafi dan menerimanya. Bahkan jika seandainya tidak ada riwayat yangbenar dan hanya ada yang dhoif hal tersebut oleh para ulama masih bisadigunakan untuk memacu amal baik dengan syarat-syaratnya. Apalagi sudahterbukti ada beberapa ahli hadits yang menghukumi keshohihanya.

 

Dan telahdisebutkan perkataan sebagian dari ulama-ulama yang menyeru untuk menghidupkanmalam Nishfu Sya’ban dengan dzikir sholat dan lain-lain.  Maka jika ada orang di akhir zaman ini yangdengan lantang berkata bahwa ulama terdahulu tidak pernah menghimbaumenghidupkan malam Nishfu Sya’ban  lalumereka katakan  menghidupkan malam NishfuSya’ban  adalah bid’ah, maka orangtersebut adalah salah satu dari dua.

Pertama ;  mereka  adalah orang yang tidak mengetahui para ulamasalaf.  Jika demikian adanya orang-orangtersebut tidak perlu di ikuti karena sempitnya wawasan tentang ulama salaf.Bahkan Dia telah kurang ajar kepada ulama terdahulu.

Kedua ; mereka telah mengetahui apa yang telah disebutkan oleh para ulamasalaf di atas hanya karena kecurangan mereka, mereka sembunyikan kebenaran inikarena menuruti hawa nafsu. Dan kita pun tidak perlu mengikuti orang yangmengikuti hawa nafsu.

Dan bagi kitaadalah tidak ada pilihan lain kecuali “Mengikuti ulama-ulama yang menghimbaudan menghidupkan malam Nishfu Sya’ban”.

Caramenghidupkan malam Nishfu Sya’ban adalah dengan memperbanyak amal-amal yangdiajarkan oleh Rosulullah SAW seperti melakukan sholat sunnah hajat, sholatsunnah tasbih, sholat sunnah witir atau dengan bersholawat, berdzikir, beristighfar dan membaca Al-Qur’an atau membacailmu yang menjadikan kita semakin dekat kepada Alloh SWT.

Wallohu a’lam Bishshowab

 

Cara Berdo’a :

 

1.      Bisa dengan langsung memohon kepada Alloh SWT

2.      Bisa dengan bertawassul dengan amal-amal sholih sepertimembaca Al-Qur’an seluruhnya atau sebagian atau hanya surat Yasin seperti yangtelah dilakukan kebanyakan kaum muslimin atau bersedekah dan sholat kemudianmemohon kepada Alloh SWT.

 

Cara ini sesuai kisah yang diceritakan Nabi Muhammad SAWberdasarkan hadits riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim.  Imam Bukhori meriwayatkan tentang tiga orangyang terperangkap di dalam gua, kemudian mereka memohon kepada Alloh denganbertawassul dengan amal-amal sholeh mereka yang akhirnya dikabulkan hajatmereka. Maksudnya mereka memohon kepada Alloh agar pintu gua dibuka denganmembawa sesuatu yang dicintai oleh Alloh yaitu amal sholeh [1]

 

وعَنْأَبِي عَبْدِ الرّحْمنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَر بْنِ الْخَطّاَب، رضي الله عنهماقاَلَ: سَمِعْتُ رسول الله صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ: “اِنْطَلَقَ ثَلاَثَةُ نَفَرٍ مِمَّنْ كَانَ قَبْلَكُمْ حَتَّى آوَاهُمْالْمَبِيْتُ إِلَى غَارٍ فَدَخَلُوْهُ، فَانْحَدَرَتْ صَخْرَةٌ مِنَ الْجَبَلِفَسَدَّتْ عَلَيْهِمْ الْغَارَ، فَقَالُوْا: إَنَّهُ لاَ يُنْجِيْكُمْ مِنْ هذِهِالصَّخْرَةِ إِلاَّ أَنْ تَدْعُوْا اللهَ بِصَالِحِ أَعْمَالِكُمْ. قَالَ رَجُلٌ مِنْهُمْ:اللّهُمَّ كَانَ لِيْ أَبَوَانِ شَيْخَانِ كَبِيْرَانِ، وَكُنْتُ لاَ أَغْبُقُقَبْلَهُمَا أَهْلاً وَلاَ مالاً. فَنَأَى بِىْ طَلَبُ الشَّجَرِ يَوْماً فَلَمْأُرِحْ عَلَيْهِمَا حَتَّى نَامَا فَحَلِبْتُ لَهُمَا غَبُوْقَهُمَا فَوَجَدْتُهُمَانَائِمَيْنِ فَكَرِهْتُ أَنْ أُوْقِظَهُمَا وَأَنْ أَغْبُقَ قَبْلَهُمَا أَهْلاًأَوْ مَالاً، فَلَبِثْتُ- وَالْقَدْحُ عَلَى يَدِىْ- أَنْتَظِرُ اسْتِيْقَاظَهُمَاحَتَّى بَرِقَ الْفَجَرُ وَالصَبِيَّةُ يَتَضَاغَوْنَ عِنْدَ قَدَمِى – فَاسْتَيْقَظَافَشَرِبَا غَبُوْقَهُمَا. اللّهُمَّ إِنْ كُنْتُ فَعَلْتُ ذلِكَ ابْتِغَاءَوَجْهِكَ فَفَرِّجْ عَنَّا مَا نَحْنُ فِيْهِ مِنْ هذِهِ الصَّخْرَةِ، فَانْفَرَجَتْ شَيْئاً لاَيَسْتَطِيْعُوْنَ الْخُرُوْجَ مِنْهُ. قال اْلآخَرُ: اللّهُمَّ إِنَّهُ كَانَتْ لِيْ ابْنَةُ عَمِّ كَانَتْأَحَبُّ النَّاسِ إِلَىَّ ” وَفِى رِوَايَةٍ: “كُنْتُ أُحِبُّهَا كَأَشَدِّ مَا يُحِبُّالرِّجَالُ النِّسَاءَ، فَأَرَدْتُهَا عَلَى نَفْسِهَا فَامْتَنَعَتْ مِنِّىحَتَّى أَلَمَّتْ بِهَا سَنَةٌ مِنَ السِّنِيْنَ فَجَاءَتْنِىْ فَأَعْطَيْتُهَا عِشْرِيْنَوَمِائَةَ دِيْنَارٍ عَلَى أَنْ تُخَلِّىَ بَيْنِىْ وَبَيْنَ نَفْسِهَا فَفَعَلَتْ، حَتَّىإِذَا قَدَرْتُ عَلَيْهَا” وَفِىْ رِوَايَةٍ: “فَلَمَّا قَعَدْتُبَيْنَ رِجْلَيْهَا، قَالَتْ:اِتَّقِ اللهَ وَلاَ تُفْضِ الْخَاتَمَ إِلاَّبِحَقِّهِ، فَانْصَرَفْتُ عَنْهَا وَهِىَ أَحَبُّ النَّاسِ إِلَىَّ وَتَرَكْتُالذَّهَبَ الَّذِىْأَعْطَيْتُهَا، اللّهُمَّ إِنْ كُنْتُ فَعَلْتُ ذلِكَ ابْتِغَاءَ وَجْهِكَفَفَرِّجْ عَنَّا مَا نَحْنُ فِيْهِ،فَانْفَرَجَتْ الصَّخْرَةُ غَيْرَ أَنَّهُمْلاَ يَسْتَطِيْعُوْنَ الْخُرُوْجَ مِنْهَا. وَقَالَ الثَّالِثُ: اللّهُمَّ اسْتَأْجَرْتُأُجَرَاءَ وَأَعْطَيْتُهُمْ أَجْرَهُمْ غَيْرَ رَجُلٍ وَاحِدٍ تَرَكَ الَّذِىْ لَهُوَذَهَبَ، فَثَمَّرْتُ أَجْرَهُ حَتَّى كَثُرَتْ مِنْهُ اْلأَمْوَالُ، فَجَاءَنِىْ بَعْدَ حِيْنٍفَقَالَ: يَا عَبْدَ اللهِ أَدِّ إِلَىَّ أَجْرِىْ، فَقُلْتُ: كُلُّ مَا تَرَى مِنْأَجْرِكَ: مِنَ اْلإِبِلِ وَالْبَقَرِ وَالْغَنَمِ وَالرَّقِيْقِ. فَقَالَ:يَا عَبْدَ اللهِ لاَ تَسْتَهْزِئْ بِىْ! فَقُلْتُ: لاَ أَسْتَهْزِئُبِكَ، فَأَخَذَهُ كُلَّهُ فَاسْتَاقَهُ فَلَمْ يَتْرُكْ مِنْهُ شَيْئاً، اللّهُمَّ إِنْ كُنْتُفَعَلْتُ ذلِكَ ابْتِغَاءَ وَجْهِكَ فَفَرِّجْ عَنَّا مَا نَحْنُ فِيْهِ،فَانْفَرَجَتِ الصَّخْرَةُ فَخَرَجُوْا يَمْشُوْنَ” ((متفق عليه)).

 

Artinya: “Dari Abu Abdur Rahman, yaitu Abdullah bin Umar bin Al-Khaththab r.a. beliauberkata: “Saya mendengar Rasulullah SAW. bersabda: “Ada tiga orang darigolongan orang-orang sebelummu mereka berpergian, sehingga terpaksalah untukmenempati sebuah gua guna bermalam, kemudian mereka pun memasukinya. Tiba-tibajatuhlah sebuah batu besar dari gunung lalu menutup gua itu atas mereka. Merekaberkata bahwasanya tidak ada yang dapat menyelamatkan engkau semua dari batubesar ini melainkan jikalau engkau semua berdoa kepada Alloh Ta’ala denganmenyebutkan perbuatanmu yang baik-baik.

Seorang dari mereka berkata :”Ya Alloh, Saya mempunyai dua orang tua yang sudah tua-renta serta lanjutusianya dan saya tidak pernah memberi minum kepada siapapun sebelum keduanyaitu, baik kepada keluarga ataupun hamba sahaya. Kemudian pada suatu hari amatjauhlah saya mencari kayu yang dimaksud daun-daunan untuk makanan ternak. Sayabelum lagi pulang pada kedua orang tua itu sampai mereka tertidur. Selanjutnyasaya pun terus memerah minuman untuk keduanya itu dan keduanya saya temui telahtidur. Saya enggan untuk membangunkan mereka ataupun memberikan minuman kepadaseseorang sebelum keduanya, baik pada keluarga atau hamba sahaya. Seterusnyasaya tetap dalam keadaan menantikan bangun mereka itu terus-menerus dan gelasitu tetap pula di tangan saya, sehingga fajarpun menyingsing, Anak-anak kecilsampai menangis karena kelaparan dan mereka ini ada di dekat kedua kaki saya. Selanjutnyasetelah keduanya bangun lalu mereka minum minumannya. Ya Alloh, jikalau sayamengerjakan yang sedemikian itu dengan niat benar-benar mengharapkankeridhaan-Mu, maka lapanglah kesulitan yang sedang kita hadapi dari batu besaryang menutup ini.” Batu besar itu tiba-tiba membuka sedikit, tetapi merekabelum lagi dapat keluar dari gua.

Yang lain berkata: “YaAlloh, sesungguhnya saya mempunyai sepupu wanita yang merupakan manusia yangpaling aku cintai. Dalam sebuah riwayat disebutkan : Saya mencintainya sebagaikecintaan orang-orang lelaki yang amat sangat kepada wanita. Kemudian sayamenginginkan dirinya, tetapi ia menolak kehendakku itu, sehingga pada suatutahun ia menghadapi kesulitan. Ia pun mendatangi tempatku, lalu saya memberikanseratus dua puluh dinar padanya dengan syarat ia mau menyendiri denganku. Iapun berjanji. Setelah aku dapat menguasai dirinya. Dalam  sebuah riwayat lain disebutkan : Setelah sayadapat duduk di antara kedua kakinya. Sepupuku itu lalu berkata: “Takutlah engkau pada Alloh dan jangan membukacincin, maka maksudnya ialah jangan melenyapkan kehormatanku ini – melainkandengan haknya – yakni dengan perkawinan yang sah -, lalu saya punmeninggalkannya, padahal ia adalah orang yang amat tercinta bagiku dari seluruhmanusia dan emas yang saya berikan itu saya biarkan dimilikinya. Ya Alloh,jikalau saya mengerjakan yang sedemikian dengan niat untuk mengharapkanridho-Mu, maka lapangkanlah kesulitan yang sedang kami hadapi ini.” Batubesar itu kemudian membuka lagi, hanya saja mereka masih juga belum dapatkeluar dari dalamnya.

 

Orangyang ketiga lalu berkata: “Ya Alloh, saya mengupah beberapa kaum buruh dansemuanya telah kuberikan upahnya masing-masing, kecuali seorang lelaki. Iameninggalkan upahnya dan terus pergi. Upahnya itu aku kembangkan sehinggabertambah banyaklah hartanya tadi. Sesudah beberapa waktu, pada suatu hari iamendatangiku, kemudian berkata: “Hai hamba Alloh, tunaikanlah sekarang upahkuyang dulu itu. Akupun  berkata: “Semuayang engkau lihat ini adalah berasal dari hasil upahmu itu, baik yang berupaunta, lembu dan kambing dan juga hamba sahaya. Ia berkata: Hai hamba Alloh,janganlah engkau mengolokku. Aku menjawab: “Aku tidak mengolokmu”. Kemudianorang itu pun mengambil segala yang dimilikinya. Semua digiring dan tidakseekorpun yang ditinggalkan. Ya Alloh, jikalau aku mengerjakan yang sedemikianini dengan niat mengharapkan ridho-Mu, maka lapangkanlah kami dari kesulitanyang sedang kami hadapi ini.” Batu besar itu lalu membuka lagi dan merekapun keluar dari gua itu. (Muttafaq ‘alaih)

 

Inilah yang banyak diamalkan oleh kaum Muslimin yaitu denganmembaca ayat suci Al-Qur’an (seperti Surat Yasin, Tabarak dan lain sebagainya),sholat dan berdzikir yang semua itu adalah amal sholih kemudian setelah itumemohon kepada Alloh SWT.

 

3.      Dengan mendahulukan Istighfar sebanyak-banyaknya sebagaipelaksanaan Firman Alloh SWT :

 

فَقُلْتُاسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا يُرْسِلِ السَّمَاء عَلَيْكُم مِّدْرَارًاوَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَل لَّكُمْ جَنَّاتٍوَيَجْعَل لَّكُمْ أَنْهَارًا – سورة نوح : أية 10- 12

 

“Kemudian Aku berkata : Mintalahkalian pengampunan kepada Tuhan kalian. Sesungguhnya Dia Maha Pengampun, Dia menurunkan hujan dari langit untukkalian, dan memberikan kalian dengan harta dan anak keturunan serta menjadikankebun-kebun dan sungai-sungai untuk kalian”. QS. Nuh ayat 10-12.

 

Dan masih banyak cara-caraberdo’a seperti yang sering dilakukan oleh para ulama dengan istilahIstighotsah yang  intinya kembali kepadasatu makna yaitu : “Menghidupkan malam Nishfu Sya’ban dengan ibadah-ibadah yangdiajarkan oleh Rasulullah SAW”.

 

Contoh Amalan Sunnah yang Bisa Dilakukan di Malam Nishfu Sya’ban :

 

Qoidahnya adalah semua amalan yang bisa dilakukan di luar bulanSya’ban adalah sangat sunnah untuk dilakukan di malam Nishfu Sya’ban.

 

I.              MemperbanyakSholat Sunnah.di antaranya :

 

a)      Shalat Hajat 2rakaat, niatnya adalah :

 

اُصَلِّيسُنَّةً لِقَضَاءِ الحْاَجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

“Aku berniat sholatHajat dua rakaat karena Alloh ta`ala.”

 

b)      Shalat Istikharah  2 rakaat, niatnya adalah:

 

اُصَلِّيسُنَّةَ اْلاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

        “Aku berniatsholat Istikhoroh dua rakaat karena Alloh  ta`ala.”

 

c)       Shalat Witir 3rakaat dengan 2 salam. Sholat witir ini dianjurkan dikerjakan sebagai penutupsholat sunnah.

 

1.       Salam yang pertama dengan dua rakaat niatnya:

      أُصَلِّي سُنَّةً مِنَالْوِتْرِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

“Aku berniat sholatwitir dua rakaat karena Alloh ta`ala.”

 

2.      Salam yangkedua dengan satu rakaat niatnya adalah:

 

أُصَلِّيسُنَّةَ اْلِوتْرِ رَكْعَةً لِلَّهِ تَعَالَى

             Atau

اُصَلِّيرَكْعَةَ الْوِتْرِ لِلَّهِ تَعَالَى

“Aku berniat sholat witir satu rakaat karena Alloh  ta`ala.”

 

Bagi yang mempunyai kesempatan bisa melakukan sholat witir sampai 11rokaat

 

3.       Sholat Tasbih

 

Sholat tasbih adalah sholat yang diajarkan RasululahSAW kepada paman beliau Sayyidina Abbas Ra, agar mendapatkan pengampunan dariAlloh SWT.

Sholat tasbih ini dilakukan empat rokaat dengan 300 kali (tigaratus) tasbih dan bisa dilakukan dengan dua rakaat-dua rakaat (dua salam).

Caranya niatnyaadalah :  :

                                                                           أُصَلِّيسُنَّةَ التَّسْبِيْحِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

 

Sholat ini dilakukan sebagaimana sholat biasa hanya ditambahkanbacaan  tasbih,

 سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَإِلهَ إِلاَّ اللهْ وَاللهُ أَكْبَرْ

a.    15kali sebelum membaca al-fatihah

b.  10 kalisetelah membaca surat sebelum ruku’

c.   10 kalidisaat ruku`

d.  10 kalidisaat i`tidal

e.  10 kalidisaat sujud yang pertama

f.    10 kalidisaat duduk diantara dua sujud

g.   10 kalidisaat sujud yang kedua

 

Maka genaplah 75 tasbihdalam satu raka’at,  150 tasbih dalam duaraka’at dan 300 tasbih dalam empat raka’at. Kalau tidak bisa dilakukan setiaphari maka hendaknya dilakukan setiap minggu, kalau tidak bisa dilakukan setiapminggu maka hendaknya dilakukan setiap bulan, kalau tidak bisa dilakukan setiapbulan, maka hendaknya dilakukan setiap tahun, kalau tidak bisa jangan sampaitidak melakukannya sepanjang umurnya. Yang penting jangan sampai tidakdilakukan sepanjang umurnya

 

Keterangan :

 

Untuk pembacaan tasbih yang 15 kali sebelum membaca fatihah, bisaditiadakan dan dipindah setelah sujud kedua, sebelum berdiri atau sebelumtasyahud.

 

II.    Memperbanyak membaca Istighfar

III.  Memperbanyak Membaca Sholawat

IV. Memperbanyak membaca Al-Qur’an

V.   Memperbanyak membaca Dzikir

VI. Memperbanyak berdo’a dengan do’asebebas-bebasnya

VII.    Bersedekah. Baikdalam bentuk uang, sandang dan pangan ataupun makanan yang siap dihidangkan.

 

VIII. Silaturahmi

 

 

Berikut ini adalah Al-Wirdul Fatih yang merupakan satu wiridyang bacaannya sudah mencakup Istighfar, Sholawat, Bacaan ayat Al-Qur’an,Dzikir-dzikir dan Do’a yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

 

 

الورد الفا تح ) (

WIRDULFATIH

Dibaca Setelah sholat Malam atau Setelah sholat Subuhatau Maghrib  atau Kapan Saja Di Saat AdaHajat

 

 

 

v      اَلْفَاتِحَةُاِلَى حَبِيْبِنَا رَسُوْلِ اللّٰهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللّٰه وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِوَاَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ اَنَّ اللّٰه يُعْلِيْ دَرَجَاتِهِمْ فِى الْجَنَّةِوَيَنْفَعُنَا بِاَسْرَارِهِمْ وَاَنْوَارِهِمْوَعُلُوْمِهِمْ فِي الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَاْلآخِرَة .الفَاتِحَة….

v      اَلْفَاتِحَةُاِلَى اْلأَوْلِيَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ فِيْمَشَارِقِ اْلأَرْضِ وَمَغَارِبِهَا وَبالْخُصُوْصِ…

(Sebutkan nama guru, orang tua

dankeluarga  yang sudahmeninggal)

اَنَّ اللّٰهَيَغْفِرُ لَهُمْ وَيَرْحَمُهُمْ وَيُعْلِيْ دَرَجَاتِهِمْ فِي الْجَنَّةِ وَيَنْفَعُنَا بِاَسْرَارِهِمْ وَاَنْوَارِهِمْ وَعُلُوْمِهِمْ فِي الدِّيْنِوَالدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ. الفاتحة …

 

v     اَلْفَاتِحَةُ اِلىَ شَيْخِنَا..

(sebutkan nama guru kita yang

masih hidup)

وَجَمِيْعِمَشَائِخِناَ وَمَشاَئِخِ مَشَائِخِنَا وَوَالِدِيْنَاوَوَالِدِيْكُمْ وَاِخْوَانِنَا وَاِخْوَانِكُمْ وَاَخَوَاتِنَا وَاَخْوَاتِكُمْوَاَوْلاَدِنَا وَاَوْلاَدِكُمْ وَاَصْدِقَائِنَا وَاَصْدِقَائِكُمْ وَجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ. اَنَّ اللّٰه يَفْتَحُعَلَيْنَا وَعَلَيْهِمْ فُتُوْحَاْلعَارِفِيْنَ وَيَغْفِرُلَنَا وَلَهُمْ وَيَهْدِيْنَا وَاِيَّاهُمْوَيُطَوِّلُ اَعْماَرَنَا وَاَعْماَرَهُمْ فِىالطَّاعَةِ وَالصِّحَّةِ وَالْعَافِيَةِ وَيُوَسِّعُاَرْزَاقَنَا وَاَرْزَاقَهُمْ وَيَقْضِيْ حَاجَاتِنَاوَحَاجَاتِهِمْ وَيُبَلِّغُ اَمَالَنَا وَاَمَالَهُمْ وَيَجْعَلُ بَيْنَنَاوَبَيْنَهُمْ مَوَدَّةً صَادِقَةً مُتَوَاصِلَةًمَعَ الْحِفْظِ وَالْعِصْمَةِ مِنَ الزَّلاَّتِ وَاْلاَخْطاَءِوَالْفِتْنَةِ فِي الدِّيْنِ وَالدُّنْيَاوَاْلآخِرَةِ. الفاتحة..

v       اَسْتَغْفِرُ اللّٰهَالْعَظِيْم  ) (70-100 X

v       اَسْتَغْفِرُ اللّٰهَ الْعَظِيْملِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُسْلِمِيْنَ جَمِيْعًا

(7 X)

v       اَللّٰهُمَّ صَلِّعَلَى سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ كَمَاصَلَّيْتَعَلَى سَيِّدِناَ اِبْرَاهِيْم وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْم وَباَرِكْعَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدْ كَمَا باَرَكْتَعَلَى سَيِّدِناَ اِبْرَاهِيْم وَ عَلَى آلِسَيِّدِناَ اِبْرَا هِيْمَ  فِي الْعَالَمِيْنَ  اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

(7 X)

v       اَللّٰهُمَّ صَلِّوَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍن الْبَشِيْرِ وَالنَّذِيْرِ الَّذِيْ تَنْفَتِحُ بِهِ اَبْوَابُالْخَيْرِ وَتَنْغَلِقُ بِهِ اَبْوَابُ الشَّرِّوَعَلَى آلِهِ اْلأَطْهَارِ وَاَصْحَابِهِ اْلأَخْيَارِ   (7X)

v       لآ اِلٰهَ اِلاَّاَنْتَ سُبْحَانَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ (7X)

v       اَعُوْذُ بِكَلِمَاتِاللّٰهِ التَّآمَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ (3X)

v       بِسْمِ اللّٰهِ الَّذِيْ لاَ يَضُرُّمَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي اْلأَرْضِ وَلاَ فِيالسَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْم (3X)

v       سُبْحَانَ اللّٰهوَالْحَمْدُ للّٰه وَلآ اِلٰهَ اِلاَّاللّٰه وَاللّٰه اَكْبَرُ (3X)

 

بِسْمِ اللّٰه الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ (١)اللَّهُالصَّمَدُ (٢)لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ (٣)وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ(٤) (1X)

بِسْمِ اللّٰه الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّالْفَلَقِ (١)مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ (٢)وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ(٣)وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ (٤)وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَاحَسَدَ (٥) (1X)

 

بِسْمِ اللّٰه الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّالنَّاسِ (١)مَلِكِ النَّاسِ (٢)إِلَهِ النَّاسِ (٣)مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِالْخَنَّاسِ (٤)الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ (٥) مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ (6)(1X)

 

بِسْمِ اللَّهِالرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (١)الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (٢)الرَّحْمَنِالرَّحِيمِ (٣)مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ (٤)إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَنَسْتَعِينُ (٥)اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ (٦)صِرَاطَ الَّذِينَأَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلا الضَّالِّينَ (٧) (1X)

 

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ-  آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَإِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلائِكَتِهِوَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ وَقَالُواسَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ (٢٨٥)لايُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَااكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَاوَلا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَارَبَّنَا وَلا تُحَمِّلْنَا مَا لا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْلَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ(٢٨٦) 

 

Doa sendiri-sendiri, memohonlah kepada Alloh SWT sesuaikeinginan dan jangan lupa: Do’a untuk orang tua ; para guru ; Orang yang pernahberbuat  baik kepada kita  dan yang tidak baik kepada kita ;saudara-saudara dan seluruh Muslimin

v      ياَاَرْحَمَالرَّاحِمِيْنَ …  ياَاَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ .. ياَاَرْحَمَالرَّاحِمِيْنَ فَرِّجْ عَلَى الْمُسْلِمِيْنَ  (3X)

عَسَى اللّٰه اَنْ يَتَقَبَّلَ مِنَّابِبَرَكَةِ الْفَاتِحَة..

( Jika tempat memungkinkan ) Ditutup WirdulFatih ini dengan sujud syukur atas nikmat-nikmat Alloh SWT.

Caranyaadalah sebagai berikut :

1.   Dalam keadaan suci (punyawudhu)

2.   Menutup aurot

3.   Duduk menghadap qiblatlalu berniat:

نَوَيْتُ سُجُوْدَالشُّكْرِ ِللّٰهِ تَعَالَى

“Aku niat sujud syukur karena Allah SWT”

4.   Kemudian bertakbir lalusujud dengan membaca :

سُبْحَانَ اللّٰهوَالْحَمْدُ ِللّٰه وَلآ اِلٰهَ اِلاَّ اللّٰه وَاللّٰه اَكْبَرُ… (3X)

Bersalam seperti salam dalam sholat.

 

 

 

([1]) البخاري (3465)عبدالباقي

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.