Buyaathaillah's Blog

Mudzakaroh 6 sifat

Problem Manusia Susah Mendekat kepada Allah swt

  1. La illaha Illallah : asbab hutang susah keluar, takut jatuh tempo. Bayaran per jam hilang waktu hilang duit. Akar masalah gak yakin sama Allah jadi mati2an kejar dunia.
  2. Muhammadurrusullah : Nafsu cocok dengan Cara Hidup Orang Kafir : fashion, terikat office hour, makanan mahal, rumah mewah, kendaraan mewah. jauh dari kesederhanaan. kerja keras banting tulang untuk mencapai kehidupan diluar kehidupan nabi saw. sumber penderitaan.
  3. Sholat : sulit sampai hakekat krn formalitas. Nabi sholat sampai bengkak kaki. istighosah minta hujan rame2 tapi hujan gak turun2. jaman sahbat anak kecil 1 org saja doa minta hujan, hujan lsg turun. masih ada sifat syirik kalo hujan turun krn musim bukan krn Allah swt.
  4. Ilmu : menghidupkan ilmu di rumah susah krn Istri sibuk dng keperluan : pakaian berlebihan, makanan berlebihan, ngersihin rumah kelamaan krn terlalu besar.
  5. Dzikir : Ketika senang Allah swt dilupain, ketika sussah gak inget nikmat Allah
  6. Akhlaq : sibuk ngurus umat tapi tetangga sendiri tidak diperhatikan. tetangga sakit atau lapar tidak tahu.
  7. Ikhlas : mana yang paling untung keduniaan co : nusroh jendral rame2, pas jemaah daerah biasa aja. Dan paling mendatangkan mahsyur : kasih bayan, kasih mudzakaroh, kasih targhib, minta jemput bukannya datang lsg.
  8. Dakwah : yang kaya takut miskin, yang miskin pingin kaya. yang kaya sibuk ngurus harta dan yang miskin sibuk nyari harta. Keduniaan bikin kita tidak ada waktu.

6 Sifat TAMSIL POHON

  1. Akarnya Lailahailloh
  2. Batangnya adalah Sholat
  3. Rantingnya adalah Ilmu dan daunnya Dzikir
  4. Buahnya adalah akhlaq
  5. Rasa manisnya adalah Ikhlas
  6. Hujan yang menyiraminya yang buat subur adalah Dakwah

Iman :

1. La illahaillalllah : kalimat iman
2. Muhammadarrusullah : Dzahirnya iman
3. Sholat buktinya iman
4. Ilmu jalannya iman
5. Dzikir Cahaya iman
6. Iqrom itu Kesempurnaan iman
7. Ikhlas itu Kesucian iman
8. Dakwah wa Tabligh Cara mendapatkan Hakekat Iman

Amal

1. Laillahaillallah : Azas Amal
2. Muhammad Rasul : Contoh Amal
3. Sholat : Pimpinan Amal
4. Ilmu : Cahaya / Pengarah Amal
5. Dzikir : Kekuatan Amal
6. Iqrom : Pagarnya Amal
7. Ikhlas : Ruhnya Amal
8. Dakwah : Cara Mendaptkan hakikat amal

Penghambaan :

1. Laillahaillallah : Ikrarnya hamba
2. Muhammadarasulullah : Identitas Hamba
3. Sholat : Tandanya Hamba
4. Ilmu : Tertib hidup hamba
5. Dzikir : Ucapan hamba
6. Iqrom : Pakaian Hamba
7. Ikhlas : Qobuliat Hamba
8. Dakwah : Cara menyebarkan penghambaan

6 Sifat Iman :

1. Laillaha illallah : Hakekat Iman
2. Muhammadarusullullah : Tarikat Iman
3. Sholat : Alamat Iman
4. Ilmu : Samrotul Iman
5. Dzikir : Halawatul Iman
6. Iqrom : Akhlaqnya Iman
7. Ikhlas : Maqbulnya Iman
8. Dakwah : Penguatan Iman

Obat Penyakit Hati

Iman : Obatnya syirik
Sunnah : Obatnya Bid’ah
Sholat : Obatnya Fahsya dan Mungkar
Ilmu : Obatnya Jahil
Dzikir : Obatnya Lalai / Goflat
Iqrom : Obat Fakir dan Bakhil n Perpecahan
Ikhlas : Obat Riya
Dakwah : Obatnya Hubbud Dunia dan Takut Mati

HARTA

1. Yakin : Cara Memandang Harta
2. Sunnah : Cara Menggunakan Harta
3. Sholat : Cara Menafikan Harta
4. Ilmu : Cara Mengelola Harta
5. Dzikir : Cara Memanfaatkan Harta
6. Iqrom : Cara Menyalurkan Harta
7. Ikhlas : Cara Menyikapi Harta
8. Dakwah : Cara berjuang dng Harta

WAKTU

1. Yakin : Cara Melihat Waktu
2. Sunnah : Cara menggunakan waktu
3. Sholat : Cara memuliakan waktu
4. Ilmu : Cara memaksimalkan Waktu
5. Dzikir : Cara menghabiskan waktu
6. Iqrom : Cara mengisi waktu
7. Ikhlas : Cara melewati Waktu
8. Dakwah : Cara memanfaatkan waktu

Nafsu

1. Yakin : Menguasai Nafsu
2. Sunnah : Mentertibkan Nafsu
3. Sholat : Menundukkan Nafsu
4. Ilmu : Mengarahkan Nafsu
5. Dzikir : Menekan Nafsu
6. Iqrom : Melatih Nafsu
7. Ikhlas : Membersihkan Nafsu
8. Dakwah : Bersusah payah atas Nafsu

6 sifat Sikapi Ujian / Musibah :

1. Prasangka Baik vs Putus Asa (sifat 1 : Iman )

2. Ridho pada seluruh Keputusan Allah swt (sifat 5 : Ikhlas)

3. Taqwa san Tawakal
(Sifat 3 : Ilmu dan Dzikir)

4. Syukur dan Sabar
( Sifat 4 : Akhlaq )

6. Sarana Tarbiyah dan Hikmah
(Sifat 6 : Dakwah & Pengorbanan)

7. Inabah dan Istighfar
(Sifat 2 : Ibadah dan Sholat)

Dunia itu Darrul Intihan : Tempat Ujian.

Allâh Ta’ala berfirman:
Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya), dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan (Qs al-Anbiyâ’/21:35)

6 sifat Jahilliyah

Masa Jahiliyah adalah masa dimana kemaksiatan paling sempurna shg Allah swt turunkan Agama yg dibawa melalui nabi2nya sebagai contoh atau suri tauladan atas perkara2 yg ingin Allah tegakkan dalam kehidupan manusia. Agama ini lawannya jahil. Makanya org yg gak tau agama dibilang org Jahil.

Hendaknya kita tahu sifat2 jahiliyah agar kita terhindar

1. Syirik : meyakini ada kekuatan2 yang bs membawa kebaikan selain Allah. Termasuk berlebih2an dalam memandang org sholeh shg taklid buta.

2. Sunnah : membuat perkara baru karena menganggap itu suatu yang baik.

3. Ibadah : menggunakan perantara dalam beribadah yg seharusnya menjadi Hak Allah swt.

4. Ilmu : berhujjah tanpa dasar Dalil yg Shahih, bahkan menisbatkan kepada tradisi nenek moyang.

5. Dzikir : diluar kelaziman spt bersiul, tepuk tangan, menari2, menyanyi dalam mengingat Nya.

6. Akhlaq : Sombong ( iblis ana choiruminhim, abu jahal nasionalisme, org thaif tdk ada yg lebih apa dr kamu)

7. Ikhlas : selalu ada sesuatu. Malas2an beribadah kalo sendiri, kalau dilihat khusyuk dibagus2in. Jika perang tengah jalan mundur pdhl yg lain tetap maju. Jika dapat kebaikan dunia d nisbatkan kpd dirinya bukan kpd Allah swt ( Qorun vs Sulaiman AS)

8. Pengorbanan : terdepan juga dan berlomba2 dlm perkara kemaksiatan. Jika berperang suka demi kepentingan golongan atau suku. Anak mudah perang demi sukunya gak dapat syahid.

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: