Buyaathaillah's Blog

Bayan Maulana Ibrahim Dawla : Tugas Manusia ini Menyempurnakan Perintah Allah

Bayan Maghrib

Maulana Ibrahim

Tonggi Ijtimak

30/11/2014

Nasehat 1 :
Dunia ini Allah swt ciptakan utk kita  sempurnakan Amanah Allah swt.
Seorang anak orang kaya jika dia tidak amanah atas harta orang tuanya, sibuk menghamburkan uang orang tuanya, boros, maka anak ini akan menyusahkan orang tuanya. Kenapa ? Dia tidak mau menjaga amanah yang orang tuanya kasih. Walaupun dia adalah seorang anak dari org kaya, orang tuanya mencintai anaknya, tapi ketika dia tdk amanah, boros dng harta ortu nya, malas bekerja, pasti ortunya pun akan tdk senang melihat itu.
Namun beda dengan seorang pegawai atau pekerja, jika dia menjaga amanah atau tugas yang diberikan kepadanya maka Kantor akan memberikan kepercayaan kepadanya. Semua kunci2 tempat penting akan dia pegang. Kalo dia pegawai toko maka kunci toko akan diserahkan kepadanya. Jika dia pegawai gudang maka kunci gudang akan diserahkan kepadanya. Walaupun seorang anak kalau tdk amanah dan tdk tanggung jawab maka ortu tdk mau berikan kunci harta kpd dia, krn tdk amanah nanti habis harta.
Begitu juga kita jika sempurnakan amanah Allah, sempurnakan tanggung jawab, maka semua kunci dunia ini akan Allah swt berikan kepada kita.

Nasehat 2 :
Dunia Allah swt ciptakan utk kita sempurnakan Amanah Allah swt, inilah tanggung jawab kita. Jika kita sempurnakam amanah dan tanggung jawab kita di kantor maka kita akan dianggap orang baik oleh orang kantor dan atasan kita. Jika amanah dan tanggung jawab ini tidak sempurna kita kerjakan maka orang melihat kita sebagai orang yang tidak baik krn tidak amanah dan tidak bertanggung jawab. Begitu jg kita dipandangan Allah swt.

Nasehat 3 :
Ini adalah pelajaran pertama kita yaitu : Menjaga Amanah dr Allah swt. Menjaga tanggung jawab kita.
Nabi Adam AS dikirim kedunia ini jd mendapat tanggung jawab.
Allah swt katakan :
kalian semua turun ke dunia adam as, hawa r.ha, iblis laknatullah alaih.
Wahai adam kamu nanti di dunia ini akan menghadapi berbagai keadaan dan masalah2. Nanti keturunanmu akan bermusuhan satu sama lain, krn iblis bersama mrk.
Jadi dr awal sdh diberitahu tantangan yg akan dihadapi ketika d dunia ini. Kamu akan menghadapi berbagai macam masalah. Inilah nasehat pertama.
Nasehat kedua semua keperluanmu akan kamu dapatkan di bumi ini : dr makanan, minuman, pakaian dan peralatan2, semua bs kamu bs dapatkan dr dunia ini.
Nasehat ketiga bahwa kamu diutus untuk menyempurnakan tanggung jawab / amanah. Barangsiapa yg sempurnakan tanggung jawabnya maka dia akan dianggap sukses disisi Allah swt. Barangsiapa tidak menyempurnakan tanggung jawabnya maka dia akan gagal di sisi Allah swt.
Jadi pelajaran pertama ini adalah bagaimana kita membawa hidup kita sesuai dengan yang Allah mau. Inilah Pelajaran pertama : hidup ini tempat untuk sempurnakan amal / perintah Allah. Segala sesuatu di dunia ini ada masanya dan pasti akan habis/berakhir. Maka kita perlu bentuk hidup kita ini sesuai yg Allah mau. Jika kita tidak jaga amanah ini, tidak mau mengambil tanggung jawab, maka hidup kita akan susah. Barang siapa yg hidup mengikuti petunjuk dan arahanKu maka dia akan sukses dunia dan akherat. Barangsiapa yg hidup tidk au ikut arahan dan petunjukKu maka akan rusak hidupnya.

Nasehat 4 :
Matahari tenggelam dan terbit, musim silih berganti, ini adalah bukti bahwa waktu itu berlalu dan manusia tdk bs menahannya. Umur ini habis sebanyak denyutan jantung dan kedipan mata. Kalau kita tdk menyempurnakan kehendak Allah dalam setiap waktu yg kita habiskan dng sia2 maka hidupnya akan binasa dunia dan akherat.

Nasehat ke 5 :
Kita terjadi pelanggaran pertama di dalam surga maka akibatnya adalah terusir dari surga. Jadi setiap pelanggaran yg kita buat ini maka hasilnya adalah kesusahan dan penderitaan walaupun d dalam surga tetep susah kalo kita melanggar perintah Allah swt. Iblis ketika dihinakan oleh Allah meminta izin kpd Allah utk menyesatkan anak cucu adam sampai hr kiamat. Sehingga setiap nikmat yg engkau berikan kpd mrk maka mrk akan kufur thd nikmat tsb, tidak bersyukur.
Allah swt tidak berhajat pada apapun dan pada siapapun. Apapun yg kamu buat tidak akan mengurangi kekayaan dan kemuliaan Allah swt. Maka allah swt izinkan iblis tp smua daya upaya iblis pasti gagal jk berhadapan dng yg ikhlas.

Nasehat 6 :
Ketika terusir dr surga maka Adam dan keturunannya akan menghadapi 2 jalan :
1. Jalan Hidayah

2. Jalan Iblis
Siapa saja yg berjalan diatas hidayahKu atau petunjukKu maka dia akan selamat. Siapa saja yang ikut jalan Iblis dia akan binasa.

Nasehat 7 :
Allahs swt katakan bahwa jalan hidayah ini adalah jalan yg lurus. Inilah yg disampaikan para Nabi yaitu jalan yg lurus. Siapa saja yg mengambil jalan selain jalan tersebut maka dia akan celaka, susah, menderita dan ketika mati akan dikirim bersama2 iblis kedalam neraka selama lamanya.

Nasehat 8 :
Iblis ini mardud atau terusir asbab melanggar perintah Allah swt. Allah swt perintahkan iblis utk sujud ke adam tapi dia tdk mau. Asbab ini iblis terusir dr tempat yg terbaik. Asbab brp perintah yg dilanggar ? Satu perintah saja dari tempat yg terbaik.

Nasehat 9 :
Kerja iblis di dunia ini adalah menyesatkan bani adam. Alamat dari kerja iblis ini adalah sebanyak2nya membawa bani adam ke neraka.

Nasehat 10 :
Iblis asbab melanggar perintah Allah mendapat 2 hukuman keras :
1. Terusir dari tempat yang terbaik

2. Menjadi Penghuni Neraka abadi

Iblis minta kpd Allah agar msk neraka di tangguhkan utk menyesatkan bani adam. Allah swt persilahkan saja krn kerja iblis ini bagi Allah tdk ada gunanya. Bagi Allah semua yg tdk mau taat silahkan bw k neraka sebanyak2nya. Namun bagi yg berada di jalan yg lurus, jalan hidayah, maka Allah swt akan selamatkan dunia dan akherat.

Nasehat 11 :
Semua para Nabi membawa manusia kejalan yg lurus yaitu satu2nya jalan keselamatan, sdgkan iblis ingin membelokkan manusia dr jalan yg lurus ke jalan sempit yg berkelok2.
Kita ikut saja lempeng ke jalan yg lurus ini jangan liat kiri atau liat kanan sehingga kita berbelok akhirnya tersesat. Hidup jadi binasa.

Nasehat 12 :
Allah swt jadikan dunia / bumi ini menjadi sumber memenuhi keperluan. Semua kebutuhan jasad ini bs diambil dr hasil bumi dan semua yg ada di bumi bs diambil utk dipakai. Ini jg perintah dr Allah swt. Allah swt atur itu semua dr hujan yg jatuh menyuburkan tanah muncul tumbuh2an yg bs menjadi makanan bagi manusia dan hewan. Ini semua Allah swt yg ngatur hujan dan panasnya matahari agar manusia dapat memenuhi keperluannya. Ini Allah kasih ke semua manusia baik yg kafir ataupun yg beriman tdk pandang bulu semua Allah swt kasih.

Nasehat 13 :
Asbab2 keperluan ini Allahs swt kasih untuk manusia menyempurnakan perintah Allah swt. Allah swt tdk hanya berikan perintah utk taat, tapi Allah swt berikan jg rizki yg dijamin selama d dunia ini. Maknanya apa ? Ada perintah dan Ada jg Rizki. Rizki ini Allah jamin agar manusia bs tawajjuh saja kpd perintah Allah swt.
Inilah tauhid : meyakini segala sesuatu dr Allah dan hanya kpd Allah kita beribadah.

Nasehat 14 :
Semua keperluan manusia ini datang dr bumi tapi menjalani hidup ini dtgnya dari langit. Ada tertib bumi utk keperluan dan ada tertin langit utk menjalani kehidupan. Keperluan datang dr bumi sedangkan wahyu / petunjuk dtg dr langit. Dalam mencari keperluan kedudukan manusia dan binatang sama, semua sama2 mengambil manfaat dr hasil bumi yg sdh Allah atur. Namun utk membawa hidup ini maka manusia dan binatang ini berbeda kedudukannya, krn manusia membutuhkan wahyu dr langit. Agar hidup baik ini bukan ditentukan dr hasil bumi melainkan dng wahyu dr langit, baru hidup bs baik.

Nasehat 15 :
Manusia boleh hidup sesuka hati tapi jaminan hidup baik itu hanya ada dari wahyu. Maka utk membawa hidup menjadi baik maka ini ada tertib tersendiri dari Allah swt tdk bs pakai tertib dunia/bumi/keperluan.

Nasehat 19 :
Manusia kalau ingin hidup baik harus punya hubungan baik dengan Allah swt. Kalau tdk punya hubungan baik dengan allah swt hidup akan susah. Hubungan baik dng Allah hanya bs didapat dalam agama saja. Jika dia baik hubungannya dng Allah swt maka dia akan berada di jalan yg lurus, baru kehidupan yg baik akan Allah swt kasih ke dia.

Nasehat 20 :
Jika sesorang memperbaiki hubungan dia dng Allah swt, maka Allah swt nanti dng Qudrat Nya akan memperbaiki hubungan dia dengan yg lainnya : keluarganya, usahanya, temannya, ortunya, lingkungannya, dll.

Nasehat 21 :
Jika manusia hanya memikirkan keperluan saja maka kedudukan manusia ini tdk ada bedanya dng binatang. Jika manusia ikut arahan Allah swt maka kedudukannya akan meningkat dan menjadi lebih baik. Maka utk bs mendapatkan ini diperlukan hubungan yg baik, Ta’aluq, kepada Allah swt.

Nasehat 22 :
Jika makan ikut arahan maka Allah akan dtgkan kebaikan berupa kesehatan dan kekuatan utk taat. Mau kawin ikut arahan maka Allah swt dtgkan kebaikan juga istri yg sholehah dan anak yg taat. Semua sisi kehidupan ini ada perintah Allah swt.

Nasehat 23 :
Kejahatan ini dtg dr fikir dan hati manusia. Setan kerja merusak fikir dan hati manusia agar durhaka kpd Allah swt. Dalam diri manusia ini ada 2 kerja :
1. Kerja Nafsu

2. Kerja Syetan
Syetan menyesatkan fikiran manusia dan nafsu mendorong hati manusia utk berbuat dosa.
Maka ketika Allah swt turunkan perintah utk menikah dan berkorban kpd anak Adam as syetan dan nafsu menyesatkan salah satu dr mrk. Qabil ini disesatkan oleh syetan dan dikuasai hawa nafsu utk membunuh saudaranya habil agar bs menikah dng istri yg lbh cantik.

Nasehat 24 :
Kerugian yg terbesar tatkala manusia dikuasai oleh nafsu. Maka untuk bs mengatur nafsu ini diperlukan mujahaddah. Dng mujahaddah maka nafsu ini akan menjadi lemah sehingga bs mudah utk taat kpd Allah swt.

Nasehat 25 :
Inilah sumber kerusakan dan kegaduhan di dunia ini adalah dikuasai hawa nafsu sehinnga rela membuat kerusakan spt membunuh. Inilah yg terjadi dng habil dan qabil anak adam AS. Dia bunuh saudaranya krn nafsu utk mendapatkan keduniaan yg lbh baik. Ini bukan jalan Allah swt tp jalan syetan.

Nasehat 26 :
Kepada anak Adam sbg ujian Allah swt beribadahnya diminta dalam bentuk pengorbanan. Mrk diminta memberikan drpd sumber keperluan mrk dr apa yg telah mrk usahakan selama ini. Maka habil memberikan yg terbaik dr ternaknya dan tanamannya. Sementara Qabil dikuasai nafusnya fikir2 dulu kebanyakan cemas dr syetan akhirnya diberikan yg buruk dr ternak dan tanamannya maka tdk Allah swt terima. Allah swt hanya menerima yg terbaik saja tdk mau yg jelek. Kitapun dikasih barang jelek pasti marah, tapi kalau dikasih barang bagus pasti senang. Begitu jg Allah swt hanya mau menerima pemberian yg terbaik yaitu ibadah yg terbaik dan pengorbanan yg terbaik. Maka habil krn berkorban dng memberikan yg terbaik dr dia punya sapi plg gemuk dikasih tanaman paling baik d ksh maka ini Allah swt terima.

Nasehat 27 :
Penyebab dosa ini ada 2 :
1. Dari dalam manusia : Nafsu

2. Dari luar manusia : Iblis
Perintah Allah swt ini mujahaddah atas nafsu. Jika tidak ada mujahaddah atas nafsu maka manusia akan dikuasai nafsu. Jika manusia tdk mau melatih dirinya mengorbankan nafsunya utk taat perintah Allah maka jika dia selalu mengikuti nafsunya nanti nafsunya akan semakin kuat lalu menguasai dia. Sehingga dia tidak mampu utk taat melainkan melanggar seluruh perintah Allah swt.
Maka kerja dakwah ini kita keluar untuk melatih diri kita mengorbankan nafsu kita mujahaddah mengamalkan perintah allah swt. Agar diri kita tdk dikuasai nafsu dan mudah utk taat kpd Allah swt.

Nasehat 28 :
Iblis ini sesatkan fikiran qabil untuk membunuh saudaranya biar bs dapat dunia yg lbh baik. Iblis suntikkan pikiran2 jahat kpd qabil agar dia berhitung bahwa dia akan dapat dunia lebih baik jd anak tunggal jabatannya tinggi dimata adam dan dapat gadis lebih cantik ini sangat menguntungkan. Begitulah pikiran2 jahat disuntikkan oleh iblis dng cara2 menghitung keduniaan. Fikiran jahat ini yg disuntikkan oleh iblis ini cocok dng hawa nafsunya yg menguasai dia.
Namun habil yg berada di jalan Allah memberi nasehat kamu mau bunuh saya tdk apa2, tp jika kamu bunuh saya maka hidupmu akan binasa. Habil membalas keburukan dng kebaikan, simpati dan nasehat yg baik, akhlaq yg baik, inilah jalan Allah swt.
Namun krn sudah dikuasai nafsu qabil tetap bunuh habil. Inilah pembunuhan  pertama kali dilakukan oleh manusia. Dosa besar pertama kali akibat daripada Hasad atau Dengki.

Nasehat 29 :
Manusia ini tidak mau terima nasehat takala Hasad ini sudah menguasai dirinya. Inilah puncak segala dosa yaitu 2 perkara :
1. Nafsu Keinginan

2. Hasad

Manusia rela membunuh, menjatuhkan martabat orang lain, asbab 2 perkara ini. Walaupun diberi nasehat yg baik tetap ditolak. Sbgmna nasehat baik habil kpd qabil sblm membunuh :
“Kamu mau bunuh saya tidak mengapa saya akan sabar, tapi kamu akan binasa asbab dosa yg kamu perbuat.”
Setelah bunuh baru menyesal qabil, dia bimbang, setan jg sdh lari. Dalam tafsir dikatakan qabil saking bimbangnya maka seluruh badannya menghitam. Asbab 1 dosa manusia saja badan jadi hitam.
Maulana Jusuf katakan : Jikalau manusia ini tdk mau menerima nasehat baik dr manusia maka dng QudratNya Allah swt kirim binatang utk memberi nasehat. Ketika qabil bimbang hrs diapakan mayat saudaranya, Allah swt kirim gagak berkelahi mati salah satunya lalu dikubur oleh gagak yg lain.
Mufassirin : mengapa Allah swt gunakan burung gagak ? Karena burung gagak ini punya satu sifat jika ada satu de kalangan dia mati maka semua burung gagak dng kumpulannya akan berkumpul disitu dan menjerit2. 1 burung gagak mati maka ribuan burung gagak akan datang berkumpul lalu menjerit2. Mrk bersimpati dng yg mati dtg utk bertakziah. Untuk perkara ini Allah swt gunakan burung gagak.

Nasehat 30 :
Tatkala anak adam sdh tdk mau dengar nasehat baik dr manusia maka Allah swt gunakan binatang utk nasehati dia. Allah gunakan burung gagak utk mengilhami qabil tata cara mengubur jenazah. Inilah pembunuh pertama.

Nasehat 31 :
Allah swt perintahkan kpd nabi saw utk menyampaikan kpd umatnya agar belajar dr kisah anak nabi adam as. Apa penyebab pembunuhan dan bagimana akibat dr perbuatan dosa tsb, semua badan jd hitam. Jika kita berbuat dosa lalu di ikuti maka semua dosa akan sampai ke kita. Maka setiap pembunuhan yg terjadi akan mengalir ke qabil krn dia buka jalan dosa pertama kali. Semua dosa pembunuhan akan mengalir ke pembuhuh pertama yaitu qabil.

Nasehat 32 :
Ibnu Mas’ud katakan 1 hasad utk menyempurnakan 1 keinginan saja maka dia akan mendapat kesusahan yg besar.

Nasehat 33 :
Dunia ini utk menyempurnakan perintah Allah swt. Barangsiapa menyempurnakan perintah Allah swt dia akan bahagia. Kita tanya ke ulama supaya kita bs berhubungan baik dng Allah swt.

Nasehat 34 :
Nabi Adam as dapat perintah puasa ternyata istri haid. Asbab tdk tanya sebelumnya lanjut puasa tapi disuruh Qadha diulangi lagi puasanya. Begitu juga pada umat ini wanitanya ketika haid tdk perlu sholat tp puasa hrs d qadha. Manusia kalau tidak mau cari tau, tidak bertanya kpd ulama, maka dia akan hidup sesuka hati.

Nasehat 35 :
Jika manusia taat kpd Allah swt maka hubungannya dng Allah swt akan baik. Hari ini gara2 memuaskan 1 keinginan kita langgar perintah Allah swt. Akibatnya kita menghadapi kesusahan yg besar dan dosa yg berat. Seperti Qabil.

Nasehat 36 :
Manusia ada nafsu manakala disempurnakan keinginan tersebut maka akan dia akan menyesal dalam masa yg lama. Asbab menghadapi kesusahan yang panjang.

Nasehat 37 :
Tatkala manusia menahan keinginan nafsu dia utk memenuhi perintah Allah swt inilah asbab hidayah turun.

Nasehat 38 :
Untuk menyempurnakan perintah Allah swt hendaknya kita bertanya kepada alim ulama. Jadi apa yg perlu kita lakukan dalam menyempurnakan kehendak Allah :
1. Bertanya kepada Alim Ulama

2. Tahan nafsu utk taat

Asbab tidak tanya pada ulama amal jadi tdk sempurna bahkan tertolak.

Nasehat 39 :
Kita amalkan agama dan kita buat usaha atas agama. Semua para nabi diberikan tanggung jawab agama dan usaha atas agama.
Kita sampaikan agama ini dng akhlaq. Dakwah dng akhlaq. Kita sampaikan perkara yg Haq yaitu : kenalkan manusia kepada Allah dan kampung akherat.
Jika kenalkan Allah kpd manusia maka akan wujud Khauf rasa takut kepada Allah swt dan tawakkul rasa harap kpd Allah swt. Asbab dakwah akan wujud cinta pada Allah swt.

Nasehat 40 :
Hidup di dunia ini agar kita punya hubungan baik dng Allah swt. Nabi2 mengajak manusia  utk bs berhubungan baik dng Allah swt. Jika hati ini punya hubungan baik dng allah swt maka hatinya akan baik.
Seseorang yg mengerjakan pertanian dia akan membuat pertaniannya menjadi bagus. Begitu juga orang yang kerjanya di toko pasti dia akan menjadikan toko baik. Barang dijual akan didandanin agar keliatan baik. Begitu juga kita dalam usaha dakwah ini kita bawa dengan akhlaq yang baik. Begitu juga dalam berjualan kita lakukan dng akhlaq yg baik.
Buat dakwah dng cara yg terbaik dng sifat / akhlaq yg baik.

Nasehat 49 :
Asbab dakwah fikir akherat akan wujud dalam hati. Barangsiapa beriman kpd Allah swt maka dia akan beriman pd hr akhirat.
Jika kita buat dakwah ini dng akhlaq yang baik maka manusia akan mudah mengenal allah swt.

Nasehat 50 :
Allah swt firmankan bahwa org yg beriman kpd Allah swt maka dia juga beriman kpd kampung akherat.
Dakwah nabi saw 2 :
1. Beriman kpd Allah swt

2. Beriman kpd kampung Akherat

Nasehat 51 :
Kenalkan Alah pada manusia. Bahwa semua itu ada dalam genggaman Allah swt :
1. Hidup dan Mati

2. Siang dan Malam

3. Bahagia atau Menderita

4. Mulia atau Hina

Ini semua ada dalam genggaman Allah swt. Inilah yang perlu kita dakwahkan yaitu mengenal Allah swt.

Nasehat 52 :
Asbab dakwah maka Taqwa dan Cinta pd Allah swt akan wujud.
Perbedaan Takut :
1. Takut mahluk lari dari Mahluk

Contohnya : takut ular lari dari ular
2. Takut Allah lari kepada Allah

Contohnya : takut zina lari dari zina
Sebagaimana kita takut kepada Allah swt sebanyak itu pula kita ibadah kpd Allah swt.

Nasehat 53 :
Jika kita buat pengorbanan dalam dakwah ini, jaga ushul dakwah, maka rasa harap dan takut akan wujud dalam hati.

Nasehat 54 :
Nabi saw katakan bahwa orang yg paling bertaqwa diantara manusia adalah Aku, Nabi saw.
Jika ketaqwaan seluruh manusia sampai hr kiamat dibanding dng ketaqwaan abu bakar ra maka msh lbh berat taqwanya abu bakar ra.
Ini asbab abu bakar ra ini adalah yg plg besar korbannya d medan dakwah.

Nasehat 55 :
Asbab dakwah akan wujud iman dan kerinduan pd kampung akherat.

Nasehat 56 :
Jika kita punya hubungan baik dng Allah swt, kenal kpd Allah swt, maka akan muncul sifat taqwa.

Nasehat 57 :
Dakwah ini adalah amalan yg tertinggi. Hendaknya kita dakwah dng bw sifat, akhlaq yg baik.

Nasehat 58 :
Bagaimana kita buat Dakwah yg baik ? yaitu Perbaiki Niat kita. Tidak nyari apa2 selain Ridho Allah swt saja dan Sukses di Kampung Akherat.

Nasehat 59 :
Kita keluar di jalan Allah ini hanya utk mencari ridho Allah saja dan hari akherat tidak nyari yg lain. Setiap kebaikan akan dibalas di akherat, begitu juga dng keburukan. Di akherat jika bahagia maka bahagia selama-lamanya. Jika susah maka akan susah selama lamanya. Inilah kampung akherat, setiap balasan amal utk keabadian selama lamanya.

Nasehat 60 :
Sahabat dakwah kpd org kafir katakan bahwa kami tdk mencari hasil dunia tp hasil di akherat. Setiap nabi mrk tidak mengharapkan apapun dr manusia bahkan ucapan terima kasih sekalipun. Hanya berharap kpd Allah swt saja.

Nasehat 61 :
Kita buat dakwah dimana saja dan kapan saja. Nabi Nuh AS buat dakwah siang dan malam 950 tahun. Setiap tempat, waktu, keadaan, dan setiap orang kita buat dakwah. Sahabat andaikata ada manusia di dasar laut atau dibulan maka mrk akan pergi kesana.

Nasehat 62 :
Kita utk barang dunia ingin yg bagus2 dan terbaik. Hendaklah kita buat yg seperti itupula dng dakwah dng cara yg terbaik dan akhlaq yg baik.

Nasehat 63 :
Dakwah akan benar jika niat kita benar. Jika niat kita benar maka dakwah kitapun jg akan benar. Maka kita perbaiki niat kita bukan utk mendapatkan keduniaan tp hanya Ridho Allah swt.
Saya rela dicaci dimaki, habiskan harta, luangkan waktu hanya utk mendapatkan Ridho Allah swt saja. Demi melihat wajah Allah swt saja nanti di surga. Hanya minta Allah swt dan akherat saja tidak minta yg lain2. Kita perbaiki dakwah kita.

Nasehat 64 :
Benda dunia ini sifatnya sementara saja. Tapi benda akherat itu selama lamanya. Bahagia dunia itu sementara saja tapi bahagia di akherat itu selama-lamanya. Dunia akan habis sedangkan akherat selama lamanya. Balasan dunia sedikit, mudah rusak, nikmatnya sementara. Sedangkan balasan akherat berlipat2 banyaknya, dan nikmatnya selama lamanya.

Nasehat 65 :
Kita di dunia ini bukan utk mengumpulkan harta tp menyiapkan bekal akherat. Bukan utk cari uang tapi cari amal. Dunia itu tempat beramal bukan ngumpulin harta. Harta nanti akan Allah beri di akherat. Harta dunia dibanding akherat maka harta dunia ini tdk ada apa2.

Nasehat 66 :
Orang mukhlisin ini harta dan dirinya hanya utk Allah swt. Maka buat dakwah dng Mukhlis. Dakwah dengan ikhlas akan menghasilkan nur hidayah. Orang mukhlis dalam berdakwah tidak mengharapkan dunia hanya mencari keridhoan Allah swt saja. Dengan ikhlas amalan yg sedikit akan jd besar disisi Allah swt ini kt Nabi saw. Amal sedikit tp ikhlas akan menjadi besar dlm pandangan Allah swt, balasannya akan besar dr Allah swt. Keridhoan Allah swt ini merupakan balasan yg sgt besar dr Allah swt walaupun utk amal yg sedikit. Kesan dalam dakwah akan kita dapatkan asbab keikhlasan kita.

Nasehat 67 :
Allah swt berikan harta kpd Qorun. Lalu Allah swt perintahkan utk mempersiapkan hari akherat dng hartamu ini. Namun Qorun tdk ikhlas tdk rela harta diambil utk perintah Allah swt. Maka dibenamkan qorun bersama hartanga.
Keinginan akan harta dan dunia ini adalah pangkal rusaknga dakwah. Ketika dalam hati ini wujud banyak keinginan maka kita korbankan semua keinginan itu utk kampung akherat.

Nasehat 68 :
Asbab ikhlas dalam dakwah :
1. Nur hidayah tersebar

2. Fitnah dunia akan terhindar

Org yg mencari keduniaan dr dakwah akan menjadi penghalang hidayah dan akan mendapatkam fitnah besar. Asbab niat yg betul buat kerja dakwa dng keikhlasan mala akan terhindar dr fitnah dunia.

Nasehat 69 :
Abi hurairah diberitahu bahwa da manusia tdk pernah sholat masuk surga ? Dia heran bagaimana mungkin ? Khusyairi dr banu asad pagi2 dia beriman pergi k uhud ablm dzuhur dia syahid d jalan Allah swt. Waktu sakratul maut ditanya untuk apa kau datang ? Dia bolang utk bela agama Allah swt. Dia ikhlas dlm keimanannya maka amal yg kecilpun akan dpt menyelamatkannya dr neraka.

Nasehat 70 :
Siapa saja yg buat dakwah sewaktu sepagi atau sepetang Allah swt akan balas dia. Sebagaimana pekerja maka akan mendapatkan upah dr apa yg dia kerjakan. Jika kita sungguh2 dalam kerja dakwah dan ikhlas pasti Allah swt akan tolong dia. Orang2 akan mendapat hidayah asbab mrk. Krn apa ? Sungguh2 dan ikhlas.

Nasehat 71 :
Asbab dakwah maka akan wujud agama di pertanian, perdagangan, pernikahan, dalam seluruh aspek kehidupan kita. Siapa saja yg bicara benar dalam perniagaannya maka nanti akan dibangkitkan bersama para Nabi.

Nasehat 72 :
Kebaikan dan pengorbanan dalam dakwah semuanya akan Allah swt balas. Abu Bakar ra sebelum islam dia pedagang terkenal, ketika beriman dia buat dakwah maka sahabat2 yg besar2 byk yg tertaskyl. Dng dakwah maka agama wujud dlm perdagangan maka dia beruntung dunia dan akherat.

Nasehat 73 :
Dakwah ini adalah tugas umat. Kita siapkan diri kita dan kita siapkan orang lain. Inilah tanggung jawab kita. Jika kita buat dakwah maka kebaikan akan wujud di dunia ini dan keburukan akan sirna. Sebagaimana gelap akan sirna tatkala ada cahaya

Insya Allah kita siapkan diri kita ambil takaza agama.

Iklan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: