Buyaathaillah's Blog

Bayan Hayatus Sahabah Hadratji Maulana Saad Al Khandalawi : Bab Taat

18/01/18 Nizamuddin

Hayatus Sahabah : Bab Itaat dan imamah

Suatu hari ras.saw sedang berwudhu maka sahabat berebut mengambil berkah dari sisa air wudhu ras saw. Maka abu sufyan melihat hal tersebut dan berkata kepada Abbas ra alangkah hebatnya kerajaan keponakan kamu, Muhammad saw, sampai2 rakyatnya berebut mengambil air sisa wudhu ras saw. Maka Abbas ra menjawab ini bukan kerajaan tp kenabian, jangankan berebut sisa air kalau disuruh tdk makan dan minum saja mereka akan taat.

Kerajaan atau Usaha Hukumat memerintah atas jasad rakyatnya, suka tdk suka harus taat kalau tidak akan d hukum. Disuruh bayar pajak harus taat walaupun tdk suka. Disuruh perang harus ikut walaupun menolak.

Namun Nubuwah atau Usaha kenabian adalah memerintah atas hati umatnya, dan hatinya yg memerintah jasadnya utk taat walaupun tdk ada hukuman atas perintah tsb. Sehingga lebih baik mati dari pada ras saw sakit tertusuk duri.

Jadi usaha dakwah adalah usaha kenabian bukan usaha kerajaan. Sehingga kita buat usaha atas hati umat bukan jasad umat.

Syarah :

Banyak orang SA salah faham d sangkanya tabligh itu kekalifahan (kerajaan) sehingga amir adalah seseorang yg luar biasa kekuasaannya.

Padahal tabligh adalah tareqot kenabian / cara untuk sampai kpd Allah. Pimpinannya tdk lebih dr pada mursyid kaya mursyid dzikir atau imam sholat, diikuti dapat keberkahan dan hidayah. Jika tidak di ikuti tidak akan dihukum.

Kita jika tidak pergi 40 hari ada hukuman ga? Kan ga ada. Ga mau jaula ada hukuman ga ? Ga mau baca munthakob hadits, ga mau dti, ga mau buat halaqah quran d taklim rumah ya ga ada hukuman. Paling2 iman jd lemah dan hidayah menurun.

Makanya Maulana Ilyas rah.a tidak di sebut amir tapi hadratji yang artinya tuan guru yg mulia / pimpinan para guru. Untuk sebagian orang2 yg haus kekuasaan dan posisi maka ini jadi keputusan aqidah, bathil n haq dan macem2.

Hadratji ini seperti imam sholat aja. Jika kita ikut dapat pahala berjamaah, tapi jika tidak ikut gerakan imam, sholat tidak batal.

Terakhir mengenai cara pilih amir harus ikut kilafah rasyidin yg mana klo tidak maka sesat masuk neraka? Berarti Muawiyah ra. jd khalifah ga ikut 4 cara kilafah rasyidin sesat and masuk neraka? Bagaimana dengan yazid bin muawiyah d pilih langsung oleh muawiyah ra apakah Muawiyah ra sesat dan masuk neraka…. klo berani bilang muawiyah ra sesat maka kata ras.saw ashabi kan nujum. Sahabat2 ku bagaikan bintang d langit, yg ikut mereka niscaya tdk tersesat. Apakah ras saw salah ? Tidak mungkin ras saw salah.

Wallahu alam bissawab.

Iklan

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: