Buyaathaillah's Blog

Targhib DTI

Dakwah Taklim Istiqbal
(Bukan tertib Maulana Saad DB tetapi tertib Nabi saw dan sahabat r.hum)

Dalam suatu mudzakarah Maulana Sa’ad Damat Barakatuhu pernah ditanya: Apa hubungannya antara iman dan masjid ?

Jawab:
Beliau mengatakan: hubungannya sangat sangat erat, bahkan dalam Al Qur’an dikatakan hanyalah orang yang memakmurkannya masjid-masjid lah yang benar-benar beriman. (QS. at-Taubah:18)

Nabi SAW bersabda: Apabila engkau melihat seorang lelaki bolak-balik ke masjid, saksikanlah bahwa dia adalah orang beriman. (HR. Ahmad, At-Tirmidzi)

Saat ini hampir seluruh aktivitas ummat dilakukan diluar suasana masjid, sehingga keyakinan lebih condong kepada asbab dan perlahan lahan keyakinan kepada Allah keluar dari dalam dirinya.

Usaha dakwah diawali dengan memakmurkan masjid sehingga amal agama tersebar melalui masjid. Sedangkan kebatilan tersebar melalui usaha memakmurkan pasar-pasar,pabrik-pabrik, jalan-jalan, dan berbagai sarana hiburan.

Ajak orang lain dari suasana lalai menuju masjid, buat da’wah secukupnya jangan habiskan waktu berlama-lama da’wah di suasana lalai hingga ia sendiri menjadi ikut lalai. Di masjid akan datang sakinah dan suasana malaikat.

Abdulloh bin Rowahah, Muadz bin Jabal, Umar bin khottob, Ubay bin Ka’ab rodiallohu ajmain banyak riwayat tentang mereka. Mereka keluar dari masjid, bahkan pegang tangan satu-dua orang, ayo ikut saya ke masjid. kita beriman kepada Alloh sebentar. Sehingga Abdulloh bin Rowahah tatkala berkata itu kepada orang, maka dia marah, apa saya belum beriman? iman apa maksud kamu……?

Maka dia sampaikan pada rosululloh, Ya Rosululloh Abdulloh bin Wahab mengajak saya beriman padahal saya telah beriman. Semoga Alloh rohmati Abdulloh binRowahah. Dia ingin membuat majelis iman dan Alloh taala banggakan di depan malaikat.

Usaha dakwah ini menghendaki setiap masjid/mahala menjadi percontohan sebagaimana masjid Nabawi,walaupun masjid Nabawi sangat sederhana dibangun dari batang dan pelepah kurma. Namun amal maqomi telah diwujudkan oleh Nabi SAW dan para sahabat ra selama 24 jam hingga hidayah tersebar keseluruh alam.

Bersedia semua hidupkan amalan masjd. Insya Allah…..

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.