Buyaathaillah's Blog

Bayan Syuro Indonesia H. Cecep Firdaus : Cara membereskan masalah

Allah Swt : Robbun Naas. Nabi Saw : Kafatanlinnas. Quran : Hudalinnas. Umat islam : Choirunnaas

–> Allah jadikan islam utk seluruh manusia bukan utk org islam saja

Kalo mau lihat org islam : Sholat Jumat

Kalo mau lihat org beriman : sholat subuh

Mana yg lbh ramai ? Itulah potensi ….

Ciri2 org munafiq berat sholat subuh dan isya. Berapa banyak mesjid sepi isya dan subuh. Kita harus merasa ada sifat munafiq, sahabatpun merasa dirinya munafiq. Apakah kita lbh baik dr iman sahabat ?

 

Kekayaan dunia tdk selalu mendatangkan manfaat : Kisah raja mati ditengah kekayaan

Sahabat ada iman di padang pasir اَللّهُ ciptakan sungai ( اَللّهُ kuasa kun fa yakun) melalui suratnya Umar RA. Andaikata dunia ada manfaat org kafir seteguk air tdk akan اَللّهُ ksh.

Iman kita spt uang receh iman sahabat miliaran. Receh plg cuman bs beli pisang, kalo miliaran bs beli pabrik pisang goreng. Iman receh ngarepin nusrohtullah ke mesjid aja susah. Andaikata harta bs mendatangkan iman mesjid2 org kaya pasti rame.

Kisah org hindu minta doa minta kuda. اَللّهُ ksh tp lewat jendral yg diminta utk angkat kuda. Dia doa lg ini doa salah paham. Hr ini org islam doa minta harta eh yg dtg masalah dng harta.

Harta nanti dihisab. Nabi gelisah gara2 lupa msh ada sekeping emas blom habis disedekahkan. Ini knp nabi takut dihisab krn harta blom dihabiskan. Hari ini harta kita kekep takut habis.

Nabi ditawarin jadi nabi yg raja, tp lbh memilih amal sabar dan syukur.

Kisah org kaya ditemenin tukang kayu ahli kapak kontrak 40 hr didalam kubur. Ini kisah kelakar tp bukan berarti tdk terjadi spt ini. Ada pelajaran dr kisah ini

Iman dtg bukan dr perdagangan tp dr tarbiyah. Sahabat iman naik stlh badar. Nabi ibrahim iman naik stlh dibakar.

Kami belajar iman baru belajar quran maka dngnya iman kami naik. Tdk ada kampus iman, dptin iman cuman dng keluar d jalan اَللّهُ ada tarbiyah dan pengorbanan.

Setan gak suka kita korban. Kisah kakek digendong setan k mesjid jatuh berkali2 krn takut dosa org satu kampung diampuni. Ini kisah kelakar tp bukan gk mungkin bs terjadi.

 

Hari ini org berpikir kalo kita ada harta, maka semua masalah akan beres. Org jg berpikir jika ada kekuasaan maka semua masalah akan beres.

Padahal Allah swt bilang kalo kamu bertaqwa nanti semua masalah akan Allah bereskan. Berapa banyak org yg punya harta dan kekuasaan tp masalahnya gak beres2 krn apa ? Tdk ada taqwa. Beda dengan org taqwa.

Hadits : Barangsiapa yg bertaqwa nanti Allah swt akan bereskan urusan2nya.

Inilah yg seharusnya kita kejar yaitu mempunyai sifat Taqwa. Apa itu sifat Taqwa ? Yaitu menggunakan seluruh panca indera dan harta yg kita miliki hanya untuk memenuhi kehendak Allah swt. Co : ketika wanita lewat apa mau Allah swt atas mata kita ? Kalo kita tdk ada taqwa maka akan kita lihat terus, padahal udah jelas perintahnya. Apa mau Allah swt atas telinga kita, fikir kita, tangan kita, dan harta kita inilah yg terus menerus dilatih sampai dtg sifat taqwa kepada kita.

Jika ini kita kerjakan maka nanti Allah akan menjadi tangan kita yg dengannya kita memukul, menjadi mata kita dengan yg kita melihat, sbgm hadits qudsi. Maksudnya apa ? Pd derajat itu segala yg kita lakukan sdh semata2 mengikuti kehendak Allah swt saja.

Hadits :

Iman ini telanjang, sdgkan bajunya adalah Taqwa.

Maksudnya apa, kedudukan Taqwa ini berada diatas keimanan. Bahkan sangking pentingnya sifat taqwa ini dalam khotbah jumat jika khotib tdk menyebutkan pesan taqwa tdk sah khotbahnya.

Maka dibulan Ramadhan ini jika beramal dng benar maka Allah swt bilang : “La allakum tattaqun”. Semoga kamu menjadi org bertaqwa. Puasa itu ada 3 macam :

1. Puasa org awam : menahan haus dan lapar, tetapi yg haram msh dikerjakan juga spt berbohong, tdk menjaga pandangan, etc. Maka puasa. Seperti ini tdk akan mendapatkan nilai apa2 selain lapar dan haus.

2. Puasa org Khos : Selain menahan haus dan lapar, org ini jg puasa panca indera dari apa yg diharamkan Allah swt.

3. Puasa Muqorobin : Selain Puasa panca indera, dia juga puasa dr fikir selain Allah swt. Selama bulan Ramadhan dia gunakan panca indera dan fikirnya utk tawajjuh hanya kepada perintah Allah swt, utk mendapat nilai tambah dlm, amal, yg dilihat hanya Allah swt. Tdk ada fikir selain Allah swt kyk fikir dunia atau yg lainnya.

Kalo ini bisa kita jalankan Allah swt bilang : La allakum tattaqun : semoga kamu mendapatkan / menjadi org bertawa.

Nah hari ini puasa sudah mau selesai, maka bagaimana kita bisa mendapatkan taqwa. Maka janji Allah swt kalo kamu mau keluar di jalan Allah swt pasti Allah akan berikan sifat taqwa.

Apa Fadhilahnya kalo kita bertaqwa ?

Ayat : Barang siapa yg bertaqwa maka Allah swt akan berikan jalan keluar dr arah tsk yg disangka sangka.

Maksudnya apa ? Kalo pertanian ketika panen petani untung itu sdh biasa. Kalo pedagang dpt untung dr perdagangan di pasar ini biasa. Tapi kalo org bertaqwa tdk perlu dia kerja atau bersusah payahh maka Allah berika dia jalan keluar atau rizki dr arah yg tdk disangka2, ini tingkat kenikmatannya beda dr yg biasa. Semua masalahnya Allah swt bereskan tanpa harus bersusah payahh.

Inilah yg seharusnya menjadi Target kita yaitu Taqwa kpd Allah swt. Krn dikatakan dlm suatu hadits :

“Barangsiapa yg memiliki Allah dia telah memiliki segala2nya. Barangsiapa yg telah kehilangan Allah swt dia telah kehilangan segala2nya.”

Walaupun harta dan kekuasaan dia punya, tp tdk ada taqwa maka hidupnya penuh masalah.

Lihat Firaun, namrut, qorun mrk adalah org yg punya harta dan kekayaan tp hidupnya selalu diliputi masalah yg tdk selesai2 sampai hari kiamat.

Lihat para Sahabat RA walaupun hidupnya secara keduniawian kurang bahkan minim, tapi asbab ada taqwa, Allah dtgkan pertolonganNya utk menyelesaikan drpd masalah yg dihadapi sahabat.

Sahabat krn ada taqwa maka Masalah besar jd kecil krn ada Allah dibelakang mrk. Firaun, Namruts krn tdk ada taqwa masalah kecil jd besar.

Inilah kunci kebaikan dlm hidup yaitu mempunyai sifat taqwa. Sekolah taqwa ini hanya ada di Jalan Allah swt. Kalo kita mau keluar di jalan Allah maka nanti Allah dtgkan sifat Taqwa.

Kalo kita menjadi org taqwa maka nanti Kita akan menjadi perpanjang tangan Allah swt. Menjadi org2 yg Allah swt dekatkan kepadanya. Kalo kita sdh menjadi org mukorobin maka nanti apapun yg kita inginkan akan Allah kasih. Bahkan belum diminta sdh dikasih, punya musuh dihancurkan.

Apa ciri2 org muqorrobin yaitu org yg senantiasa berbicara, melihat, berjalan, menggunakan tangannya hanya utk mengikuti kehendak Allah swt

Apabila Taqwa ini masuk ke dalam hati pemimpin dan masyarakat baru nanti Allah akan datangkan negara yg : Baldatun Toyyibatun Wa Robbun Gofur… Negara yg gemah ripah lohjinawe… Tanahnya subur tdk longsor, hujannya cukup tdk banjir, semua musibah dijauhkan.

Hadits keinginan kita dan Allah. Hari ini lupa keinginan Allah.

Segala keinginan akan terpenuhi dng ikuti keinginan Allah walaupun penghasilan kecil

Org nanya hanya dng sholat bgmn mngkn rizki bs dtg. M. Ilyas beri contoh polisi gerak2an tangan

Jng seperti burung gagak terbang tinggi yg dicari bangkai jg. Dunia gk dpt akherat gk dpt.

Baca Yasin dipenuhi rizki pdhl ini baru sunnah bagaimana yg wajib spt sholat.

Kenapa kita tdk ikuti Allah krn kita tdk yakin pd janji2 Allah. Sahabat Yakin Sempurna pd janji Allah. Kisah rumah abu darda yg tdk terbakar abu darda santai di mesjid krn yakin dng amal yg diberikan oleh Nabi Saw.

Rizki dtg tdk hanya asbab usaha kita saja tp dng amal seperti dng menolong org lain. Jdkan diri kita bermanfaat bg org lain jng sebaliknya menyusahkan bg org lain. Org cina percaya anak idiot bw hoki rela beli utk dirawat. Kita suka merasa susah mertua di rmh kita.

Ahli surga ada ciri2nya hidupnya tenang, tidak susah. Kalo ahli neraka cirinya hidup serba susah serba salah pdhl secra dzohir baik.

Kisah Abu bakar hadiah kue buat Nabi, Nabi ditegor Allah asbab nabi tegor pengemis. Asbabun nuzul adh dhuha : wa ammash shaila wala tanhar.

Kisah anak 3 diwarisi 19 onta : 1/2, 1/4, 1/5 gmn caranya kalo gak dipotong. Dtg org bijak ksh 1 jd selese

Masalah dtg krn gak ada agama. Ada agama jd mudah spt org bijak tadi. Hari ini seolah2 kerja itu lbh wajib dr belajar agama.

 

 

 

 

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.