Buyaathaillah's Blog

Bayan Hawa Nafsu

​# Bayan Hawa Nafsu #
Ketika Allah swt ciptakan surga Allah swt perintahkan jibril utk melihat isi surga. Setelah selesai Allah swt bertanya kpd jibril, “wahai jibril apa yang kamu ketahui tentang Surga ?”
Jibril as menjawab, “ya Allah siapapun yang melihat isi surga pasti tidak akan mau keluar dr dalamnya.”
Maka Allah swt perintahkan agar Surga dikelilingi oleh perkara yg dibenci oleh hawa nafsu manusia.
Lalu Allah swt perintahkan Jibril melihat kembali keadaan surga. Maka setelah kembali Allah swt bertanya kepada jibril mengenai surga. Maka jibril as menjawab, “Ya Allah saya khawatir kini tidak ada satupun yg bisa memasuki surga.”
Ketika Allah swt menciptakan Neraka dengan segala perlengkapannya, setelah selesai Allah swt perintah Jibril as utk masuk melihat kedalamnya. Setelah Jibril selesai melihat isi neraka, Maka Allah swt bertanya ttg Neraka kpd Jibril as. Jibril as jawab, “Ya Allah siapapun yg mengetahui keadaan di dalam neraka ini maka tidak ada satu manusiapun yang mau masuk kedalamnya.”
Maka Allah swt perintahkan agar Neraka dikelilingi oleh perkara yang disenangi oleh hawa nafsu manusia. Setelah itu Allah swt perintahkan kembali Jibril as utk melihat kondisi Neraka. Setelah kembali dr neraka Allah swt kembali bertanya kpd Jibril mengenai Neraka. Maka jibril AS menjawab, “Ya Allah aku khawatir kini tidak ada satu manusiapun yg bs lepas dr neraka.”
Kunci masuk surga ini menahan hawa nafsu dan ikut kehendak Allah.Kunci masuk neraka ini ikut hawa nafsu dan menolak kehendak Allah.
masuk surga itu mudah, mnrt mahfum hadist satu kaki menginjak hawa nafsu, satu kaki sudah melangkah masuk kedalam surga. Tp gk ada iman susah lwn nafsu
Hawa Nafsu ini satu mahluk yg Allah ciptakan sgt kuat. Ketika Allah ciptakan hawa nafsu Allah bertanya kepada hawa nafsu, “Siapa Aku dan siapa kamu ?” Hawa nafsu menjawab, Aku adalah aku dan kamu adalah kamu.” Lalu Alllah swt kirim hawa nafsu ini keneraka yg paling panas. Setelah 1000 thn ditaruh d dalam neraka Allah swt bertanya lagi kepada hawa nafsu, “Siapa aku dan siapa kamu ?” Maka hawa nafsu kembali menjawab, “Aku adalah aku dan kamu adalah kamu.”
Lalu Allah swt kirim hawa nafsu kembali ke Neraka tetapi kali ini ke Neraka yg paling dingin selama 1000 tahun. Setelah itu kembali diangkat dan Allah swt kembali bertanya, “Siapa aku dan siapa kamu ?”. Hawa nafsu kembali menjawab, “Aku adalah aku dan kamu adalah kamu.”

Lalu kali ini Hawa Nafsu Allah kirim ke tempat untuk dikurung agar tidak dikasih makan dan minum selama 1000 tahun. Maka setelah diangkat Allah swt kembali bertanya, “Siapa aku dan siapa kamu ?”. Kali ini hawa nafsu menjawab, “Engkau adalah Rabbku dan aku adalah abdi Mu.” 
Dari kisah ini bs kita ketahui bahwa hawa nafsu ini sgt kuat, sedangkan setan ini lemah krn hanya bs menggoda dan membisikkan perkara2 yg mendorong hawa nafsu utk berbuat dosa. tapi kalau setan sudah menunggangi hawa nafsu kita sbg kendaraannya, maka akan menjadi sgt kuat. Banyak org tergelincir oleh hawa nafsunya buat dosa
Jadi surga ini tempat utk org yang mampu menahan hawa nafsunya dan neraka tempat org yg selalu mengikuti hawa nafsunya.Kenapa didalam hadits byk dikatakan surga itu paling byk diisi oleh org miskin. Ini karena org miskin yg paling tidak punya kemampuan utk menuruti hawa nafsunya krn di dunia miskin gk ada uang jd lbh byk hrs bersabar atas hawa nafsu. Org yg paling lapar di dunia maka dia akan paling kenyang d akherat.
Kenapa org kaya ini paling byk di neraka. Ini krn org kaya adalah org yg paling byk menuruti hawa nafsunya. Di dunia dengan kekayaannya dia selalu menuruti hawa nafsunya. Org yg paling kenyang di dunia maka dia akan paling lapar di akherat mahfum hadist.
Disini byk pelajaran yg bs kita ambil dalam rangka mempersiapkan diri kita untuk menghadapi kehidupan akherat.
Nabi saw katakan org yg pinter itu adalah org yang senantiasa ingat mati dan mempersiapkan dirinya utk mati.
Sedangkan org yang bodoh itu adalah org yg senantiasa mengikuti hawa nafsunya tapi bercita2 mati masuk surga.

waalladzina jahadu fina…. brgsiapa bermujahadah dijalanKu maka akan bukakan utknya pintu2 kebaikan.
Jalan kesurga ini adalah dng bermujahadah melawan hawa nafsu di jalan Allah.
Maka ini perkara yg tdk mungkin masuk surga dng menuruti hawa nafsu. Mau masuk surga harus mujahaddah melawan hawa nafsu dan ikut kehendak Allah swt. Surga dan Neraka ini Allah swt ciptakan berdasarkan kehendak Allah bukan kehendak kita, begitu juga kehidupan dunia ini Allah swt ciptakan berdasarkan kehendak Allah saja bukan kehendak kita.
Namun untuk kita bisa ikut kehendak Allah ini dibutuhkan Iman. Dengan Iman maka kita bs mengatur atau menahan hawa nafsu. Co : dapat gaji  bulanan, maka kalo org gak punya iman dia akan gunakan hartanya maksiat kepada Allah kyk main judi, clubbing, zina. Tapi kalo org ini ada iman maka uang yg dia dapat akan dia gunakan utk ketaatan kpd Allah :
1. Zakat

2. Ibadah : pergi haji

3. Akhlaq : Infak dan Shodaqoh

4. Dakwah Fissabillillah
Lalu untuk keperluan dia dan rumah tangganya dan usahanya disederhanakan. Dia tidak akan rela hartanya habis mubazir karena keperluan dan kebendaan. Tapi senantiasa harta dia di tawajjuhkan utk kepentingan akheratnya.
Namun jika orang ini tidak ada iman maka hawa nafsunya akan mendorong dia menggunakan hartanya habis bukan utk akheratnya. 
Inilah org2 yg akan celaka di akherat ketika nanti Allah akan tanyakan :
1. “Untuk apa umurmu kamu habiskan ?”
2. “Kemana masa mudamu kamu gunakan ?”
3. “Dari mana ilmu kamu dapatkan dan apakah diamalkan ?”
4. “Darimana harta kamu dapatkan dan kemana kamu habiskan ?”
Orang yg semasa hidup senantiasa menghabiskan umurnya utk hawa nafsu ini tdk akan selamat. Namun org yg punya iman yg selalu mengarahkan keinginannya mengikuti kehendak Allah maka dia akan selamat. Inilah kepentingan drpd kita mengusahakan Iman.
Hari ini Iman kita gadaikan utk mendapatkan keuntungan dunia yg sedikit. Demi proyek dia korupsi, menyuap, menipu, dll. Kalo kita ada iman maka kita akan tinggalkan perkara2 spt itu.
Kisah sahabat Hudzafah RA ditawarkan separuh kerajaan jika mau meninggalkan islam. Dia katakan walaupun engkau berikan seluruh kerajaan mu ditambah tanah arab sy tidak akan tinggalkan islam walaupun hanya sekejap mata.
Agar iman ini kuat kita perlu Hidayah dr Allah krn hidayah ini hak prerogatif dr Allah. Bahkan nabipun tdk bs kasih hidayah kpd pamannya. Hidayah ini akan dtg kalau ada :
1. Doa minta hidayah

2. Keinginan yg sungguh2 

3. Pengorbanan
Iman ini seperti angin tidak nampak tapi berasa. Kalo pohon daunnya tidak bergerak maka berarti tdk ada angin. Kalo angin pelan dia akan gerak2. Tapi kalo angin badai maka pohonnya pun ikut goyang. Contoh kalau adzan subuh dia tetep tidur brarti lg gak ada iman krn gak bs menggerakan menuju perintah Allah. Kalo bangun tapi sholat di rumah ada iman tapi sepoi2 kyk angin. Tapi kalo kayak angin badai sebelum adzan subuh sudah di mesjid.
Nabi saw katakan jika kamu lihat seseorang kerja nya mondar mandir ke mesjid saksikanlah bahwa dia ada iman. Ini patokannya iman yg betul ada kecintaan pada mesjid. Kalo gk ada iman jauh dr mesjid.
Jadi pd dasarnya kalo kita berbuat maksiat atau dosa itu semata2 dorongan hawa nafsu tp kalo berbuat amal semata2 pertolongan Allah la haula wala quwwata illa billah. Kebaikan dtg dr Allah sedangkan keburukan dr hawa nafsu kita. Segala yg diharamkan Allah pd umumnya disenangi oleh hawa nafsu kecuali nikah.
Kalo kita gak ada iman maka perbuatan maksiat disukai hawa nafsu shg berbohong terasa nikmat, ghibah terasa nikmat, melihat yg bukan muhrim terasa nikmat, berjudi terasa nikmat. Yg bs menyelamatkan kita dr hawa nafsu hanyalah hidayah dr Allah.

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: