Buyaathaillah's Blog

Bayan Maulana Yusuf bin Saad Al Khandalawi

Bismillah..” PESAN MAULANA YUSUF KEPADA JAMAAH YANG AKAN KELUAR DI JALAN ALLAH ”
Allah SWT ciptakan dunia, langit, bumi yang luas, hutan-hutan, lautan yang luas, gunung-gunung, sawah dan ladang adalah untuk manusia, tapi manusia diciptakan untuk taat kepada Allah dan RasulNya. Manusia saat ini tidak taat kepada Allah karena lemah Iman. Rasul sabdakan bahwa iman ini bisa naik dan turun bahkan keluar masuk, (naudzubillah) apabila ketika iman kita keluar kita mati.
Kenapa hari ini seperti ini karena kita belum paham nilai-nilai usaha nubuwwah, seperti anak kecil yang diberikan antara coklat dan cek 1 trilin maka akan memilih coklat. Diri kita ini seperti itu juga, yang masih suka dengan bungkus coklat dari pada cek 1 triliun. Oleh karena itu kita saat ini susah mengambil takazah.
Karena kita salah meletakkan iman. Mufti Zainal Abidin dari Pakistan katakan misal kita punya senjata dan 50 peluru, kemudian ada kucing lewat, lalu kita lemparkan 5 peluru kea rah kucing maka kucing itu pun tidak akan mati, tapi apabila 1 peluru kita masukkan senjata lalu ditembakkan jangankan kucing gajah pun akan mati. Begitu pula kalo kita salah meletakkan iman, kita tidak akan dapat menaati Allah SWT.”
Iman letaknya tidak di mata, tidak di lidah, ataupun di otak. Tapi di hati, walaupun iman diseminarkan atau diiklankan tetapi belum diletakkan di dalam hati maka belum dapat membuat taat kepada Allah.
Abu Darda r.hu diberitahu di kampungnya ada kebakaran, maka Abu Darda r.hu katakan rumahku tidak akan kebakaran, maka datang lagi orang mengingatkannya bahwa sebentar lagi api ke rumahnya tapi beliau katakan sama bahwa rumahnya tidak akan terbakar, begitu sampai ada 3 x yang memberitahunya tapi jawab beliau sama juga bahwa rumahku tidak akan kebakaran. Lalu ada orang yang kabarkan bahwa api padam ketika akan mendekati rumah Abu Darda r.hu. Abu Darda r.hu katakan kalian hanya melihat dzahirnya saja sedangkan aku melihat bahwa Rasul telah ajarkan do’a yang apabila saya ‘amalkan pagi petang maka semua harta benda akan dijaga oleh Allah SWT.
Manusia dapat mencapai derajat lebih tinggi dari malaikat dan dapat rendah daripada binatang contoh kawin sesama jenis, membunuh anak sendiri.
Penyelesaiannya hanya dengan da’wah Rasulullah SAW.
Masyaikh katakan keadaan umat di jaman Nabi yaitu di Makkah :
1. Kelompok muslim : pakaian muslim , pikir akhirat
2. Kelompok kafir : pakaian kafir , pikir dunia
Ketika di Madinah tambah 1 kelompok
3. Kelompok Munafik : pakaian muslim, pikir dunia.
Cara da’wah kita harus sesuai dengan cara da’wah Rasulullah SAW yaitu dengan cara yang sama kepada siapa saja, hanya membawa kalimat Laa ilaahaillallaah Muhammadurrasulullah seperti turunnya hujan yang airnya warnanya sama, kadarnya sama dan bermanfaat untuk semua tumbuhan, tidak untuk jagung nanti airnya warna kuning, untuk pisang airnya warnanya hijau, begitu juga da’wah kita hanya membawa Laa ilaahaillallaah Muhammadurrasulullah dan manfaatnya untuk semua jenis manusia, kepada tukang becak, petani, pedagang, pejabat, direktur maupun presiden semuanya sama.
Maksud hidup kita bagaimana
1. Iman sempurna
2. Ibadah sempurna
3. Muamalah sempurna
4. Muasyarah sempurna
5. Akhlak sempurna
Apabila 5 ini ada dalam diri kita maka akan masuk surga dengan tersenyum.
(Pesan Maulana Yusuf dalam sebuah surat yang akan dikirim kepada sebuah jamaah yang akan keluar di Jalan Allah sebelum beliau wafat )
“Dalam keluar di jalan Allah hendaknya ada 7 sifat yang harus dibawa yang akan menjadi asbab hidayah untuk seluruh umat :
1. Kita keluar di jalan Allah dengan iman dan yakin
2. Kita keluar di jalan Allah dengan perasaan takut kepada Allah
3. Kita keluar di jalan Allah dengan penuh tawajjuh kepada Allah
4. Kita keluar di jalan Allah dengan perasaan cinta kepada Allah (melaksanakan perintahNya dan menjauhi laranganNya)
5. Kita keluar di jalan Allah dengan perasaan risau ( bagaimana nanti setelah mati, bisa nggak jawab pertanyaan kubur, bagaimana keadaan di alam mahsyar, jembatan shirot dll)
6. Kita keluar di jalan Allah dengan ikut sunnah Rasulullah SAW 24 jam full
7. Kita keluar di jalan Allah semata-mata hanya mengharap ridho Allah SWT.
Da’wah kita jangan hanya dengan da’i / ahbab saja, tetapi kepada setiap umat…
Niat Amal Dan Sampaikan, Bersedia Insya Allah..?

Iklan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: