Buyaathaillah's Blog

Konflik Nizammuddin : Penjelelasan Maulana Shamim dan Utusan Nizammuddin.

Jord Medan 2017

Bayan Maulana Shamin :
Maulana Yusuf katakan penyebab rusak seseorang dalam dakwah :
1. Dia berjalan dalam dakwah tetapi nyari harta dan kekuasaan
2. Dia berjalan dalam Dakwah tapi jadi penyebab perpecahan krn mrasa sbg org besar.

Maulana Ilyas katakan :
Saya tdk khawatir dng kerusakan dr org luar dakwah tp yg saya khawatirkan adalah kerusakan yg dtg dr dalam yaitu org2 kerja dakwah itu sendiri. Sudah merasa kerja padahal belum berbuat apa2.
Maulana Yusuf :
Sudah menjadi ketetapan Allah swt bahwa pusat dakwah berpindah2 dari mekah lalu ke madinah lalu ke tempat2 lain sampai ke Bukhara. Kini Allah swt sdh pilih Nizammuddin sebagai tempat pusat kerja dakwah.
Keutamaan Nizammuddin :
Tempat ini dimulainya kerja dakwah oleh Maulana Ilyas rah.a. Ditempat ini berkumpul ahli korban. Dari tempat ini Maulana Ilyas buat pengorbanan sampai habis hartanya. Begitu juga Maulana Yusuf rah.a. Begitu juga Maulana Inamul Hasan. Tatkala hari ini ada orang yang mau menggiring meninggalkan Nizammudin dng membawa harta mereka. Maka Nizammuddin tidak akan rugi, justru mereka yang keluar dari Nizammuddin yang akan rugi terputus dari keberkahan kerja di Nizammuddin.
Hari ada usaha sekelompok orang yang telah keluar dari Nizammudin utk mengecilkan peran Maulana Saad dalam dakwah. Padahal Siapa itu Maulana Saad ? Beliau adalah keturunan dari Abu Bakar ra dan Ali ra secara sanad. Dan Beliau juga keturunan dari Maulana Ilyas yang asbab pengorbanan beliau dzuriat dari keluarga beliau sudah Allah swt jaga. Maulana Yusuf adalah kakek beliau yang merawat beliau langsung, membesarkan dan mengajarkan beliau tatkala beliau sudah kehilangan figur orang tuanya dimasa kecil. Beliau tumbuh melalui didikan para masyeikh besar dalam dakwah dan beliau telah melalui berbagai macam penderitaan dalam dakwah ini.  Jangan kita biarkan sanad dalam dakwah ini terputus.
Kecintaan Nabi saw kepada usamah bin zaid. ketika dalam suatu perjalanan Nabi saw melihat ada Usamah bin Zaid tertinggal dibelakang. Maka Nabi saw memberhentikan rombongan agar rombongan usamah bisa menyusul. Maka dipanggillah usamah oleh Nabi saw utk mendekat kepada Nabi saw. sekelompok orang dr yaman yg merasa besar berkata, “Apakah karena orang hitam ini Nabi saw menghentikan perjalanan rombongan ini, hanya untuk menunggu org hitam ini.” Asbab penyakit dalam hati ini maka mereka telah menjadi murtad setelah nabi wafat.
2 perkara dunia yg merusak diri kita dalam dakwah :
1. Kekayaan : Obatnya Zuhud

2. Kekuasaan : Obatnya Ikhlas
Tidak mungkin Taqwa datang tanpa kezuhudan. Kaya boleh tapi yg bahaya kecintaan pada harta. Apalagi kita dalam kerja utk mencari harta padahal sahabat semua korbankan harta utk agama. Sahabat dlm diri mrk tdk ada kecintaan sedikitpun pada harta .
Sedangkan Jika Ikhlas sudah keluar dari hati dalam membuat amal ini maka yang muncul adalah Riya. Riya apa ? saya adalah jumidar…. merasa berkuasa dalam dakwah.
___________________________________________

Bayan Jumidar Nizammudin Bhai Syafiq

Sekarang ada usaha sekelompok orang yang merasa dirinya orang besar dalam dakwah untuk menafikan peran Maulana Saad dalam dakwah. Mereka merasa besar dalam dakwah sehingga tidak mau terima fikir dan peran dari orang yg mereka anggap sbg org kecil. fikir2 semacam ini terjadi dengan Firaun dan Abu Jahal. Firaun menolak nabi musa bukan krn tidak percaya bahwa ajaran Musa AS benar melainkan krn Musa hanya org kecil dan Firaun merasa dirinya orang besar. Begitu juga Abu Jahal ketika ditanya kenapa menolak Agama yg di bawa Nabi SAW. Abu Jahal katakan bahwa aku memiliki harta dan jabatan sementara muhammad hanya anak kemarin sore kenapa aku harus ikut dia.
Jika seseorang sudah merasa ada kebesaran diri dalam hatinya maka dia akan tertolak dari dakwah. Sebagaimana tertolaknya kebenaran dari Firaun dan Abu Jahal.
Mari kita belajar dari Iktilaf antara Abu Bakar ra dan Umar ra tatkala Umar ra meminta agar pasukan Usamah ditunda keberangkatannya untuk melindungi madinah. Orang-orang waktu buat musyawarah kecil2an agar bicara kpd khalifah abu bakar ra. Maka Abu bakar ra tegur umar ra sehingga umar menangis asbab teguran tsb. Ada usaha utk tdk taat kepada amir maka utk sekelas umar walaupun berbeda dia tetap taat pada keputusan khalifah / amir. Inilah keikhlasan. Namun yang merusak dakwah ini adalah mereka yang tidak siap taat kpd amir lalu buat musyawarah kecil2an utk menolak amir bahkan menjelek2an amir. Ini bukanlah cara dakwah.
Dalam kerja dakwah ini dibutuhkan keikhlasan untuk menghadapi tarbiyah dan ujian dalam dakwah.
Tatkala Khalid bin walid yang terkenal dengan gelar saifullah yaitu pedang Allah berikhtilaf dengan umar ra. Beliau seorang panglima perang dalam perjalan perang namun ditengah jalan diganti oleh Umar ra amirul mukminin. Maka beliau khalid tetap mengikuti perjalanan tersebut sebagai prajurit biasa bayangkan saifullah berjalan sbg prajurit pdhl sblmnya beliau seorang panglima tentara tsb. siapa khalid ? beliau adalah syaifullah bukan orang besar sembarangan. Namun apa kata khalid : “Aku pergi dalam perjalanan ini bukan untuk mencari kekuasaan melainkan untuk mecari Ridho Allah swt.” inilah keikhlasan.
Kaab bin Malik suatu ketika tidak mengikuti peperangan maka turun ayat menegur perbuatan sahabat ra. sehingga kaab bin malik di isolasi oleh para sahabat ra bahkan oleh istrinya sendiri. Namun kaab bin malik tdk protes krn dia tau ini adalah perintah dr Allah swt. tidak ada kaab bin malik demo ataupun menjelekkan nabi krn telah menghukum dia ataupun protes krn nabi tdk memperhitungkan kebaikan2 yg telah dia buat. Kaab ra paham bahwa ini adalah teguran dr Allah swt sehingga dia tetap menebar salam walaupun org2 tidak menjawab salamnya. Inilah keikhlasan
kisah maulana ilyas mengusir org mewat langgar janji. Suatu ketika ada org mewat minta cuti keluar markaz 3 hari ternyata baru balik 5 hr kemudian. Maka Maulana Ilyas ketemu maka dia marah kepada org mewat tsb, “Kamu sudah iktilaf dengan janji kamu, saya tidak suka perkara tersebut ada di mesjid ini.” maka maulana ilyas panggil 2 orang utk mengeluarkan org mewat tersebut keluar mesjid. Maka setelah diusir dan dikeluarkan dr mesjid maka org mewat ini kembali lagi kedalam mesjid. Lalu besoknya Maulana Ilyas nampak orang mewat ini dan berkata, “Kenapa kamu kembali lagi ? saya tidak suka ada ikhtilaf dan keingkaran bagi orang2 yg sudah berjanji ada didalam mesjid ini.” Maka maulana panggil 2 org utk mengusir org mewat tadi. Maka hari ketiga Maulana Ilyas berjumpa dng org mewat tadi dan bertanya kembali, Kenapa kamu msh kembali kesini padahal engkau sudah ingkar dengan janjimu sendiri ?” maka orang mewat itu menangis tersedu2 dan berkata kepada Maulaan Ilyas,” Wahai kemana lagi aku akan pergi mencari kebaikan, dulu aku orang jahil asbab kerja ini Aku jadi mengenal agama, sekarang semuanya sudah aku korbankan harta dan keluarga utk kerja ini. Dimana lagi aku bs menemukan kebaikan selain kerja ini, mau bs kemana lagi aku selain kembali ke mesjid ini utk mencari kebaikan.” Maka Maulana Ilyas langsung pelung org mewat tadi dan berkata,”Orang seperti kamulah yang aku cari dalam kerja ini, walaupun telah diusir berkali2 tapi tetap kembali kemari krn Yakin bahwa hanya krn asbab amal dakwah saja kita bisa mengenal kebaikan.”

Dalam dakwah ini jangan kita pakai akal sendiri dan turut nafsu. Tapi ikutilah Allah dan rasulnya dan para sahabat ra. letakkan diri kita dalam musyawarah. Jangan lari dari kerja yang mulia ini.
Ketika Usamah bin Zaid dipilih menjadi amir rombongan ada kelompok kabilah yg protes,”kenapa nabi memilih orang hitam ini menjadi amir, mukanya saja jelek penuh koreng. Apakah tdk ada org lain lagi?” ketika nabi saw wafat kabilah ini termasuk kelompok yang murtad.
Taat kepada Amir
tatkala Nabi saw mentakazakan pedang utk jihad maka Nabi saw serahkan pedang tsb kepada abu durjanah ra. Maka sahabat tdk ada yg protes semua taat kepada Nabi saw. krn meraka paham bahwa segala sesuatu itu ada rencana Allah.
4 penyakit dihindari dalam dakwah :

 
1. Hasad / Dengki : kisah saudara yusuf mengirim yusuf k sumur asbab hasad. Padahal saudara2 yusuf punya dara Nabi dalam diri mrk tapi asbab hasad mrk pun Allah swt hinakan. Apalagi kita. padahal saudara2 yusuf besar dari pangkuan seorang Nabi. tapi allah tdk pandang jika ada Hasad. kalo kita pakai kaca mata kuning maka semua akan terlihat kuning, begitu juga jika kaca merah dan biru. maka kita hindari dari kacamata hasad. Setelah Nabi saw Madinah sempat sepi asbab suasana hasad yg disebar shg org keluar dr madinah bahwa madinah telah beda setelah nabi saw wafat udaranya jadi berbeda. Ini karena apa ? Hasad yg tersebar.

 
2. Prasangka Buruk

Syaidina Utsman mengirim surat k kuffah dalam surat Amirul mukminin menulis dalam surat untuk mengikrom jemaah2 yang datang. Namun krn hasad isi surat dirubah agar jemaah yg dtg dibunuh. Maka muncul prasangka buruk kepada utsman ra ketika itu. Padahal tsk mungkin seorang utsman ra melakukan itu. Asbab prasangka buruk tsb Utsman RA meninggal membawa prasangka buruk org2.
Nizamuddin seperti langit dan kita seperti bintang. tatkala bintang terpisah dr langit maka bintang akan kehilangan nur tapi langit akan tetap menjadi langit. Nizamuddin ini seperti Tempat Radar pesawat, walaupun org sdh tua pilotnya tapi ada dalam radar maka akan selamat namun tatkala pesawat keluar dr radar maka akan hancur.
Fitnah juga terjadi kepada sahabiyah sekelas Aisyah r.ha. Sehingga 3 seorang sahabat ahlul badr telah terjatuh dlm fitnah tersebut. Sahabat saja terjatuh asbab prasangka buruk apalagi kita.

 
3. Sombong

Nasab maulana saad adalah Nasabnya para ahli korban dlm dakwah ini. Maka kita hati2 dlm membicarakan mrk. Mereka yang melupakan pengorbanan orang tua nizamuddin maka Allah swt tdk butuh kepada mereka dan mereka akan tercampakkan dari kerja ini. karena apa ? kesombongan yg ada dalam diri mereka. Siapa Maulana Ilyas rah.a beliau adalah perintis kerja ini beliau pernah tidak makan berhari2 dan kehabisan makanan dibulan puasa asbab seluruh hartanya dipakai utk berkhidmat tamu2 Allah swt. Siapa Maulana Yusuf rah.a beliau pernah berbicara dng istrinya asbab istrinya mengikuti beliau kini engkau telah susah karena asbab ikut dalam perjuangan maulana yusuf. padahal engkau kt maulana yusuf  sang istri merupakan keturunan dari keluarga yang baik dan berada kini harus susah hidup bersama beliau krn seluruh harta beliau telah dihabiskan utk dakwah. maka sang istri pergi kedalam kamar dan menyerahkan seluruh perhiasan miliknya kepada yusuf utk dipakai dlm perjuangan dakwah. Inilah kehidupan keluarga ahli korban. Allah swt pilih keluarga mrk untuk kerja dakwah. Pernah suatu ketika maulana yusuf selama 6 bulan tdk balik k rumahnya padahal rumahnya hanya dibalik hijab di markaz saja. Sehingga ketika istrinya jatuh sakit menjelang wafat bbrp orang mendatangi maulana yusuf rah.a. Apa kata maulana yusuf, “Jika istriku menginginkanku pulang maka aku akan pulang mengobatinya tanyakan kepada istriku apa yg d mau istriku ?” maka istri maulana yusuf jawab : “Mungkin saat ini aku tidak bisa bertemu dengan suamiku sekarang, tapi aku berharap sisa waktu ku ini aku berikan kepada suamiku utk kerja dakwah dng harapan nanti Allah swt pertemukan kami lagi di surganya Allah swt. Begitu juga pengorbanan maulana saad kini bagiamana beliau begitu memikirkan keadaan umat. suatu ketika bangunan baru dibangun d nizammuddin belum selesai sehingga membuat para tamu kedinginan krn hujan di musim dingin. maka ahli khidmat markaz bilang maulana disini bukan tempat kamu kembalilah ketempat kamu sehingga tdk perlu kedinginan berada bersama para tamu. maka maulana saad katakan diam … sampai 3 x ditanya dijawab sama oleh maulana saad. Beliau berkata bagaimana mungkin saya berada dalam kamar saya penuh kehangatan sementara tamu2 Allah swt berada disini kedinginan.
jadi tatkala kita membicarakan maulana saad dan nasabnya kita harus berhati2 jangan sampai kita tdk menghormati mrk.

 
4. Kejahilan atau Kebodohan

Asbab nya kita tidak memahami permasalahan akhirnya kita menjadi asbab perpecahan. Asbabnya apa ? kejahilan /kebodohan.

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.