Buyaathaillah's Blog

Mudzakaroh Syuro H. Cecep Firdaus : TAQWA

 

Hari ini org berpikir kalo kita ada harta, maka semua masalah akan beres. Org jg berpikir jika ada kekuasaan maka semua masalah akan beres.

Padahal Allah swt bilang kalo kamu bertaqwa nanti semua masalah akan Allah bereskan. Berapa banyak org yg punya harta dan kekuasaan tp masalahnya gak beres2 krn apa ? Tdk ada taqwa. Beda dengan org taqwa.

Hadits : Barangsiapa yg bertaqwa nanti Allah swt akan bereskan urusan2nya.

Inilah yg seharusnya kita kejar yaitu mempunyai sifat Taqwa. Apa itu sifat Taqwa ? Yaitu menggunakan seluruh panca indera dan harta yg kita miliki hanya untuk memenuhi kehendak Allah swt. Co : ketika wanita lewat apa mau Allah swt atas mata kita ? Kalo kita tdk ada taqwa maka akan kita lihat terus, padahal udah jelas perintahnya. Apa mau Allah swt atas telinga kita, fikir kita, tangan kita, dan harta kita inilah yg terus menerus dilatih sampai dtg sifat taqwa kepada kita.

Jika ini kita kerjakan maka nanti Allah akan menjadi tangan kita yg dengannya kita memukul, menjadi mata kita dengan yg kita melihat, sbgm hadits qudsi. Maksudnya apa ? Pd derajat itu segala yg kita lakukan sdh semata2 mengikuti kehendak Allah swt saja.

Hadits :
Iman ini telanjang, sdgkan bajunya adalah Taqwa.

Maksudnya apa, kedudukan Taqwa ini berada diatas keimanan. Bahkan sangking pentingnya sifat taqwa ini dalam khotbah jumat jika khotib tdk menyebutkan pesan taqwa tdk sah khotbahnya.

Maka dibulan Ramadhan ini jika beramal dng benar maka Allah swt bilang : “La allakum tattaqun”. Semoga kamu menjadi org bertaqwa. Puasa itu ada 3 macam :

1. Puasa org awam : menahan haus dan lapar, tetapi yg haram msh dikerjakan juga spt berbohong, tdk menjaga pandangan, etc. Maka puasa. Seperti ini tdk akan mendapatkan nilai apa2 selain lapar dan haus.

2. Puasa org Khos : Selain menahan haus dan lapar, org ini jg puasa panca indera dari apa yg diharamkan Allah swt.

3. Puasa Muqorobin : Selain Puasa panca indera, dia juga puasa dr fikir selain Allah swt. Selama bulan Ramadhan dia gunakan panca indera dan fikirnya utk tawajjuh hanya kepada perintah Allah swt, utk mendapat nilai tambah dlm, amal, yg dilihat hanya Allah swt. Tdk ada fikir selain Allah swt kyk fikir dunia atau yg lainnya.

Kalo ini bisa kita jalankan Allah swt bilang : La allakum tattaqun : semoga kamu mendapatkan / menjadi org bertawa.

Nah hari ini puasa sudah mau selesai, maka bagaimana kita bisa mendapatkan taqwa. Maka janji Allah swt kalo kamu mau keluar di jalan Allah swt pasti Allah akan berikan sifat taqwa.

Apa Fadhilahnya kalo kita bertaqwa ?

Ayat : Barang siapa yg bertaqwa maka Allah swt akan berikan jalan keluar dr arah tsk yg disangka sangka.

Maksudnya apa ? Kalo pertanian ketika panen petani untung itu sdh biasa. Kalo pedagang dpt untung dr perdagangan di pasar ini biasa. Tapi kalo org bertaqwa tdk perlu dia kerja atau bersusah payahh maka Allah berika dia jalan keluar atau rizki dr arah yg tdk disangka2, ini tingkat kenikmatannya beda dr yg biasa. Semua masalahnya Allah swt bereskan tanpa harus bersusah payahh.

Inilah yg seharusnya menjadi Target kita yaitu Taqwa kpd Allah swt. Krn dikatakan dlm suatu hadits :

“Barangsiapa yg memiliki Allah dia telah memiliki segala2nya. Barangsiapa yg telah kehilangan Allah swt dia telah kehilangan segala2nya.”

Walaupun harta dan kekuasaan dia punya, tp tdk ada taqwa maka hidupnya penuh masalah.

Lihat Firaun, namrut, qorun mrk adalah org yg punya harta dan kekayaan tp hidupnya selalu diliputi masalah yg tdk selesai2 sampai hari kiamat.

Lihat para Sahabat RA walaupun hidupnya secara keduniawian kurang bahkan minim, tapi asbab ada taqwa, Allah dtgkan pertolonganNya utk menyelesaikan drpd masalah yg dihadapi sahabat.

Sahabat krn ada taqwa maka Masalah besar jd kecil krn ada Allah dibelakang mrk. Firaun, Namruts krn tdk ada taqwa masalah kecil jd besar.

Inilah kunci kebaikan dlm hidup yaitu mempunyai sifat taqwa. Sekolah taqwa ini hanya ada di Jalan Allah swt. Kalo kita mau keluar di jalan Allah maka nanti Allah dtgkan sifat Taqwa.

Kalo kita menjadi org taqwa maka nanti Kita akan menjadi perpanjang tangan Allah swt. Menjadi org2 yg Allah swt dekatkan kepadanya. Kalo kita sdh menjadi org mukorobin maka nanti apapun yg kita inginkan akan Allah kasih. Bahkan belum diminta sdh dikasih, punya musuh dihancurkan.

Apa ciri2 org muqorrobin yaitu org yg senantiasa berbicara, melihat, berjalan, menggunakan tangannya hanya utk mengikuti kehendak Allah swt

Apabila Taqwa ini masuk ke dalam hati pemimpin dan masyarakat baru nanti Allah akan datangkan negara yg : Baldatun Toyyibatun Wa Robbun Gofur… Negara yg gemah ripah lohjinawe… Tanahnya subur tdk longsor, hujannya cukup tdk banjir, semua musibah dijauhkan.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: