Buyaathaillah's Blog

Mudzakaroh Syuro H. Cecep firdaus : Ujian Keimanan

 

Hidup di Dunia ini adalah Ujian, yg pertama di uji itu adalah keimanan kita kpd Allah. Hari2 kita di uji keimanan kita co : jika kita haus lalu minum, lalu yakin bahwa air telah menghilangkan haus, maka iman kita cacat. Begitu jg perkara obat, dan lapar. Jadi semua ini adalah manfaat dan mudharat datang dr Allah. Yg paling bahaya dari ujian keimanan ini adalah asbab. Barangsiapa yg yakin dng asbab udh cacat imannya. Asbab sdh jd kebiasaan padahal ini ujian saja. Org dagang merasa dpt rizki dr dagang, ini sdh cacat imannya. Begitu jg pertanian, perkebunan, etc. Begitu jg dng panggilan azan. Lg dagang, Adzan masuk, ini ujian. Allahu Akbar mksdnya wahai pedagang untung kamu kecil yg besar adalah Allah swt.

Berapa byk org yg lulus imannya hari2 ? Krn mrk tdk paham bahwa ini adalah ujian keimanan hari2. Jabatan kecil, Kantor kecil, Atasan km kecil, yg besar Allah swt. Jika ada kebesaran Allah swt dlm hati maka dia akan dahulukan ke mesjid. Raja kecil, Presiden kecil, Semua kecil yg besar hanya Allah swt. Allahu Akbar.

Mmg golongan org beriman ini sedikit. Dalam riwayat org yg msk surga itu sedikit dibanding yg msk neraka. Org yg mengikuti suara terbanyak belum tentu itu yg bener kalo melihat dr sedikit yg msk surga. Kalo mo liat org islam lihat sholat jumat. Kalo org beriman lihat diwaktu subuh. Org munafik sulit sholat subuh. Kalo ngaku beriman lihat sholat subuhnya. Kalo gak cacat imannya.

Ilmu pengetahuan ini ujian keimanan krn mempelajari asbab2nya sehingga menghilangkan kebesaran Allah swt. Kalo org beriman ini meyakini segala sesuatu ini terjadi krn ada perintah Allah swt bukan krn asbab. Mmg Allah swt menyembunyikan kekuasaannya dibalik asbab sbg ujian kpd org beriman. Ilmu pengetahuan menghilangkan kebesaran Allah. Contohnya proses hujan : bukan krn proses kondensasi hujan turun, tapi krn perintah Allah swt. Begitu juga belajar nasib melalui ilmu astronomi.

Maulana Saad katakan bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi ini membuat manusia berpikir bahwa segala sesuatu yg terjadi ini bukan krn Allah, tetapi ada asbabnya. Sehingga banyak hari ini org menTuhankan Asbab bukan Allah.

Begitu jg ketika mati maka pertama yg ditanya adalah keimanan : “Man Robbuka”. Rabb itu adalah artinya pemelihara, penjaga, pencipta, yg menghidupkan kita dan lain2. Ini hrs kita yakini. Org yg meyakini bahwa air menghilangkan haus hari2, maka dia tdk akan bs jawab “Man Robbuka”. Pelihara iman kita, jaga setiap hari, targhib haus, targhib lapar, targhib perdagangan. Rusak Iman krn Asbab2.

Suatu negeri menyembah sapi asbab bergantung pada sapi. Dibahas fadhilah sapi : susu sapi diminum, garap sawah pake sapi, ngerek air pake sapi, sapi berkorban dagingnya utk dimakan dan lain2 sampai akhirnya taashur pada sapi. Sehingga ada pemikiran kalo ibu susunya terbatas, tapi kalo sapi sampai mati jadi sapi lebih mulia dr ibu.

Suatu negeri menyembah matahari, dibahas fadhilah matahari. Apa yg terjadi kalo tdk ada matahari ? Gelap, tdk bs nyawah, makanan dr tanah tdk tumbuh, dll. Akhirnya nyembah matahari.

Begitu jg penyembahan patung awalnya si patung ini org sholeh yg legenda ilmunya. Org sholeh ini tempat bertanya dan banyak kelebihan2 lainnya. Akhirnya pas meninggal lewat bbrp generasi org2 msh membicarakan fadhilah si org sholeh akhirnya krn sdh meninggal mrk ke kuburan org sholeh minta2 krn dianggap keramat. Lalu timbul ide utk mendirikan patung utk mengenangnya. Akhirnya lewat bbrp generasi patung itu akhirnya disembah asbab keutamaan2 dr nenek moyang cerita2 legenda. Patung org sholeh disembah ini krn fadhilah si org sholeh, rusak iman.

Begitu juga ada org membicarakan fadhilah laut, sampe org ketakutan kalo laut ktnya bisa marah. Nelayan gak bs ngambil ikan. Akhirnya kirim korban bian laut tdk marah.

Dulu ujian iman melalui asbab alam, tp kalo hari ini lebih modern spt merasa rezki dtg dr kantor, dr perdagangan, dll. Sholat ditinggal asbab kerja. Kerja menurut mrk adalah ibadah jg, sehingga ada pemikiran bahwa kerja lebih penting dr sholat. Sehingga pemikiran manusia : tinggkatkan industri, ekonomi, perdagangan dll. Padahal kalo tdk sholat ini gagal namanya tdk sukses. Paling bahaya ini mati dalam keadaan tdk beriman. Mati utk disiksa selama2nya. Ini target setan, kerja setan merusak keimanan manusia. Dlm amal setan mengalihkan manusia dr amal besar ke amal kecil, manusia disesatkan.

Dulu mesjid di jaman sahabat adalah tempat usaha memperbaiki iman. Shabat mengajak memperbaiki iman dng dakwah iman di dalam mesjid dng sahabat lainnya. Ini krn mesjid ini RS org beriman. Kisah bay wahab diputus setiap hari bayan subuh asbab dia ahli iman org denger bayan beliau naik iman.

Kita harus khawatir mati dlm keadaan tdk beriman. Krn iman ini naik turun, bahkan keluar masuk. Kemungkinan mati kufur besar krn yakin pd asbab2. Didalam mesjid iman terjaga, tapi diluar mesjid keadaan2 byk merusak iman kita. Pandangan, pembicaraan, fikir, pendengaran, kita terjaga kalo dlm mesjid krn dipakai utk amal, tp kalo diluar mesjid jd rusak krn asbab2.

Allah letakkan kejayaan dan kebahagiaan manusia ada dalam Amal Agama ini kelihatannya hanya spt kata2 padahal ini ilmu. Org yang tinggalkan sunnah Nabi ini kejahilan yaitu tanda2 kebodohan, org rugi. Org iman pasti ikut sunnah Nabi. Inilah pentingnya Taklim.

Bahkan hari ini karkun 4 bln susah berangkat asbab msh yakin pd asbab. Asbab yg memberikan kejayaan dan kebahagiaan ini keyakinannya. Ditaskyl gak berangkat2. Padahal kebahagiaan ini tdk ada hubungannya dng kebendaan tp dng amal.

Maulana Yusuf katakan org yg yakin pd doa2 masnunah nabi, hari2 dia baca, maka jika dibaca utk menyelesaikan masalah2m akan mendatangkan karomah. Beliau meniup doa wkt isrok utk menyembuhkan org, org sembuh. Bay Wahab suka bicara fadhilah bismillah. Segala sesuatu dimulai dng bismillah.

Org bilang hidup ini kan bukan perkara akherat saja kita hidup didunia jg diperintah minta kebaikan. Dalilnya doa sapu jagat, robbana atina. Jd mrk fikir cari dunia dan akherat. Nabi katakan Dunia ini bayangan akherat. Mksdnya proyeksi kehidupan d akherat di tentukan di dunia. Org yg mau memperbaiki dunia dng meninggalkan akherat ini jahil. Sibuk hari2 memperbaiki kebendaan : pakaian, makanan, kendaraan, rumah, tinggalkan akherat ini jahil namanya. Org yg meninggalkan akherat dng kehidupan dunia maka hawa akherat, neraka, sdh Allah rasakan di dunia. Perbaiki akherat maka dunia akan terperbaiki. Org yg akheratnya baik pasti Allah akan perbaiki dunianya. Nabi ajarkan utk perbaiki dunia maka perbaiki akherat maka dunia akan terperbaiki. Org yg hanya perbaiki dunia saja tp akherat ditinggalkan yg timbul korupsi, culas, dzolim, dll. Org yg konsentrasi dng kehidupan akherat maka amal2nya akan ikhlas.

Dulu org merampok dng pedang, tp hari ini dng proposal, penuh kebohongan. Org tawajjuh pd akherat pasti dunia akan baik. Inilah maksud keluar di jalan Allah utk islah iman biar kita selamat dunia dan akherat. Jangan ikuti org jahil yg menyatakan bahwa kejayaan dr ilmu pengetahuan, perdagangan, dll. Dakwah ini sekolah tertinggi utk menghilangkan kejahilan bukan universitas. Nanti diakherat org2 akan terbelalak matanya krn tertipu di dunia asbab ilmu2 dunia. Org jahil mengatakan agama akan baik dng kebendaan, bukan agama baik justru dng pengorbanan. Kalo membangun mesjid mewah bs mendatangkan org pasti sdh nabi bangun, mesjid nabi sgt super sederhana saja. Hari ini mesjid mewah byk yg sepi dr jemaah.

Dlm keadaan tdk beriman dtgnya harta jd banyak masalah. More money more problem.
Pergi dijalan Allah utk perbaiki iman, korbankan harta kita, nanti Allah perbaiki keadaan kita.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: