Buyaathaillah's Blog

Maret 16, 2015

Bayan 3 Bagian Manusia

Filed under: Tak Berkategori — Buya Athaillah @ 11:08 am

Nasehat luqman hakim manusia terdiri dr 3 bagian :

1. Jasad : jd bangkai
2. Ruh : k surga ayo neraka
3. Amal : jd investasi ato musibah

1. Jasad mesin canggih ketika lapar lsg cari makan, haus cari air. Bahkan jasad sehat punya semangat sblm lapar sudah memikirkan makanan apa. Makanan jasad ini dr tanah sayur nasi kentang dan binatan2. Kalo jasad sakit d ksh makan gk mau makan. Dipaksa makan muntah.

Jasad berobatnya k rumah sakit. Rumah sakit ini hrs ada dokter, perawat, peralatan, dan obat2an br bs dibilang rumah sakit. Kalo tdk ada bukan rumah sakit namanya. Jasad kalo sakit msh berasa ini blom berat, sakit tp gak berasa ini yg berat. Kayak stroke gak berasa sebelah, kayak jantung tiba2 mati.

Jasad sehat perlu utk amal. Jasad sakit susah amal. Jasad ini kendaraan ruhaniat utk buat amal. Jika jasad taat

2. Ruh ini ketika mati dia akan kembali kepada Allah apakah akan dikirim ke surga atau dikirim ke neraka tergantung amal2nya. Ruh ini punya makanan yaitu makanannya perintah Allah swt. Jika ruh ini sehat maka dia akan senantiasa mencari amal2 yg terbaik sbgmn jasad mengidamkan makanan terbaik. Tetapi jika ruh ini sakit maka seperti jasad sakit akan malas makan dipaksakan akan muntah. Begitu jg ruh yg sakit maka akan berat dan malas menjalankan perintah2 Allah. Dipaksakan akan muntah gak kuat.

jika ruh ini sakit maka rumah sakitnya adalah di mesjid. Sbgmn rumah sakit maka di mesjid ini rumah sakit rohani dokternya adalah Nabi Saw, Perawatnya malaikat (suasana malaikat selalu men doakan dan dlm ketaatan), peralatannya tertib dakwah, obatnya amal2 agama.

3. Amal agama ini adalah makanan ruh. Jika amal ini kita buat maka akan menyehatkan ruhaniat kita. Ketika kita beramal maka ini akan ikut terus dng kita sampai akherat. Jika amal baik maka dia akan menjelma menjadi istana, kekuasaan, kekayaan, pakaian, kendaraan dan segala bentuk kenikmatan di kubur, mahsyar, sampai surga. Amal baik akan menjadi teman baik kita di akheray. Amal buruk ini nanti akan menjelma menjadi tampang yg buruk, pakaian dr api, siksaan, makanan menjijikan, dan segala bentuk kesusahan di akherat. Amal buruk akan menjadi musuh atau lawan kita di akherat yg akan menyusahkan kt. Ketika kt mati harta hanya bs mengantarkan sampai pintu rumah lalu meninggalkan kita. Anak istri hanya sampai k pemakaman. Tapi kalo amal ini akan terus menemani kita.

Hari ini kita kurang perhatian sama kebutuhan rohaniat kita. Umumnya yg kita pikirkan memperbaiki jasad dan kebendaan saja. Sehingga hr ini kita secara jasmaniat dan kebendaan kita maju tapi ruhaniat kita mengalami kemunduran yg drastis jk dibandingkan sahabat.

Allah swt kirim para nabi bukan agar jasmaniat kita selamat tp Allah kirim para nabi agar ruhaniat kita ini sehat dan selamat d dunia dan akherat. Sahabat krn ikut latihan dr nabi utk memperbaiki ruhaniat walaupun secara jasad mrk lebih kurang dr kita tp limpahan karunia kebaikan dunia dan akherat Allah berikan pd mrk. Hr ini org berpikir amal agama ini hanya utk akherat saja sehingga ketika berbenturan dng kebutuhan dunia,  amal agama ini kita tinggalkan. Padahal amal agama ini ketetapan Allah agar kita bs bahagia dunia dan akherat. Ini makanya Nabi berdoa rabbana atina fidunya hasanah qafil akhiroti hasanah.

Maka langkah apa yg perlu kita lakukan terlebih dahulu. Ulama katakan di dalam hadits qudsi di dalam jasad ini ada segumpal daging namanya hati. Hati ini adalah tempatnya Ruh. Hati ini seperti panglima atau raja pd badan. Kemana hati ini memerintah kesitulah badan kita akan bergerak. Kalo hati ini rusak maka badan ini akan bergerak ke arah maksiat kepada Allah. Jika hati ini baik maka dia akan bergerak utk taat kpd Allah.

Bagaimana cara memperbaiki hati adalah dng cara mengenal Allah. Hari ini kita susah taat krn kita tdk kenal pd Allah. Maka utk bs hati ini taat maka hrs dilatih agar mengenal Allah dng cara pergi di jalan Allah memakmurkan mesjid2 Allah. Di mesjid ini tempatnya malaikat walaupun secara dzohir apt bangunan biasa tp di tempat itulah rahmat dan hidayah Allah turunkan. sehingga kita mudah utk taat krn tertular suasana malaikat

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: